Rabu, 18 Oktober 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
VOLVO BUS LUNCURKAN DUA CHASSIS UNTUK PASAR GLOBAL
 
06 April 2017


(Jakarta – haltebus.com) Volvo Bus merilis chassis bus baru untuk pasar Global. Mereka menghadirkan chassis bus pengganti chassis bus Volvo paling populer di dunia, Volvo seri B7R. “Dengan diperkenalkannya Volvo B8R/RLE kami memulai penawaran baru untuk pasar global,” kata President Volvo Bus, Håkan Agnevall, dalam rilis yang diterima haltebus.com, Senin (3/4/17).

Chassis bus Volvo seri B7R yang diproduksi pabrikan asal Swedia itu, terdiri dari B7R dan B7RLE. Volvo Bus mengklaim produksi dan penjualan kedua tipe chassis ini telah mencapai angka 40 unit. Sedikitnya 65 negara menjadi target pemasaran chassis bus Volvo tipe B7R dan B7RLE. Di Indonesia sendiri, dalam catatan tak resmi yang diperoleh haltebus.com chassis Volvo B7R yang masuk ke Indonesia selama 2003 – 2005 mencapai 78 – 110 unit. Bus Volvo B7R dikenal sebagai chassis premium yang mencatat angka penjualan yang tergolong tinggi selama 2000 – 2005 di Indonesia.

Kembali ke Volvo B8R dengan konfigurasi penggerak sumbu 4x2 dan B8RLE berkonfigurasi penggerak sumbu 6x2. Sejatinya, kedua tipe ini sudah dirilis di sejumlah negara pada tahun 2013, namun Volvo mengumumkan bahwa di tahun 2017 pasar yang ditargetkan kini diperluas ke seluruh dunia.

Volvo Bus menanamkan motor penggerak mesin diesel common rail Volvo D8, berkapasitas 8.000 cc, enam silinder segaris yang menghasilkan tenaga 330 HP. Torsi maksimum dicapai pada 1200 Nm. Meski mesin telah dinaikkan tenaganya hingga 40 HP dari pendahulunya di Volvo B7R, tetapi efisiensi bahan bakar yang dihasilkan masih lebih tinggi dibandingkan dengan sebelumnya.

Keunggulan yang menarik dari mesin D8 ini adalah tawaran yang disampaikan Volvo Bus terkait jarak pergantian oli. Jika pada mesin Volvo D7 pergantian oli ada di angka 30 ribu Km menjadi 40 ribu Km pada layanan lalu-lintas kota untuk mesin Volvo D8. Sedangkan untuk operasional jarak jauh peningkatannya cukup signifikan dari 50 ribu Km menjadi 80 ribu Km.

Ada dua versi mesin yang disiapkan Volvo Bus yakni mesin beremisi gas buang Euro 5 dan Euro 3. “Dengan produk yang modern dan fleksibel kami memberikan ruang gerak untuk pelanggan untuk memperbesar life cycle efisiensi biaya operasional,” ujar Agnevall lagi.

Khusus wilayah Asia, Volvo B8R dan B8RLE akan siap dipasarkan di pertengahan tahun. India menjadi pusat produksi chassis ini. Volvo Bus menyatakan, produksi chassis di India sudah dimulai. Sedangkan target pasarnya mencakup Malaysia, Thailand, Australia, Timur Tengah dan Amerika Utara.

Volvo Bus sengaja merilis dua tipe sekaligus. Ada dua pilihan yang bisa dipilih operator bus di seluruh penjuru dunia. Volvo B8R dan Volvo B8RLE bisa diaplikasikan untuk bus antar kota, bus kota dan bus pariwisata serta bus sekolah. Struktur chassis yang dirancang tim engineering Volvo Bus telah diujicoba dan dites kemampuan struktur serta komponennya dengan standard yang tinggi. Chassis juga disesuaikan dengan kinerja motor penggerak.

  
Masih ada lagi keunggulan fleksibilitas yang ditawarkan Agnevall dan tim nya. Seluruh sistem yang tertanam di kedua chassis itu juga memungkinkan upgrade sistem di kemudian hari. Artinya, ketika ada teknologi terbaru dari Volvo Bus, pemilik Volvo B8R dan B8RLE tidak akan kesulitan mengaplikasikannya.

Tawaran dari sisi keamanan juga tak kalah menariknya. Volvo B8R dan Volvo B8RLE dirancang untuk beragam kebutuhan berkendara yang aman dan nyaman. Dari sisi keamanan standar keamanan pengereman mengandalkan perangkat Kontrol Elektronik pada rem cakram yang juga dilengkapi ESP (Electronic Stability Program) yang menjaga kestabilan bus di saat pengereman.

Sistem elektronik Volvo B8R secara spesifik disebut I-Coaching, sebuah sistem yang membantu pengemudi mengendarai bus dengan aman dan efesien dalam konsumsi bahan bakar. Ada sistem yang memberikan data dan informasi terkait perilaku pengemudi selama mengendarai bus.

Untuk pasar Eropa dan Amerika Latin, Volvo Bus masih mengandalkan pusat produksi chassis di Borås, Swedia. Sementara untuk Amerika Latin, fasilitas produksi di Curitiba, Brazil akan menjadi pusat perakitan dan karoseri local di sana. (naskah : mai/foto : www.volvobuses.com)




Spesification of Volvo B8R and Volvo B8RLE

Volvo B8R:
Length : 10.1–13.1 m
Width : 2.4 m
Wheelbase : 4.5–7.4 m
Gross Vehicle Weight (GVW) : up to 19 tonnes

Data Volvo B8RLE
Length : 10.2–12.5 m.
Width : 2.5 m.
Wheelbase : 4.5–6.8 m.
Gross Vehicle Weight (GVW) : up to 19 tonnes.

Driveline :
Volvo D8, in-line six-cylinder diesel engine producing 330 hp/1200 Nm in Euro 5 or Euro 3 configuration. Choice of several transmissions.

Brakes and stability enhancement systems:
Volvo EBS, ABS, Brake Blending, Hill Start Aid, Brake Assist, Volvo Electronic Stability Program (ESP), integrated hydraulic retarder.

Driver’s station:
Volvo’s ergonomically designed driver’s station, easy to view instruments and individual steering wheel adjustment.
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013