Kamis, 19 Oktober 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
EVOLANDER YANG SEMAKIN KEKAR
 
05 Mei 2017


(Jakarta – haltebus.com) Hampir setiap tahun Karoseri New Armada memperkenalkan model terbarunya di bulan Maret. Dalam dua tahun terakhir, model-model terbaru karoseri yang bermarkas di Magelang itu tak kalah menariknya dibandingkan model-model karoseri lain di Indonesia. Setelah setahun meluncurkan Evolander, pada Indonesia International Bus and Truck 2016, tahun ini Karoseri New Armada memperkenalkan Evolander SHD. “Modelnya lebih aerodinamis, front panel dapat dilihat dari samping,” kata Manager Produksi Khusus PT. Mekar Armada Jaya (Karoseri New Armada), Indra Gunawan kepada haltebus.com, Selasa (18/4/17).

Menurut Indra, model yang terbaru dari seri Evolander ini menjadi pelengkap model Evolander sebelumnya. Tahun lalu, kata dia, model Evolander mengisi kelas High Deck sedangkan tahun ini Evolander mencoba peruntungan bertarung dengan bus-bus Super High Deck (SHD) yang sedang menjadi tren. Tinggi Evolander SHD total 3,85 meter. Model yang terlihat jangkung dan kekar itu dikhususkan untuk chassis premium. Sebagai contoh, dalam pameran IIBT, akhir Maret hingga awal April lalu dibangun di atas chassis Mercedes-Benz O 500 R-1836.

Indra menekankan pembaharuan di sektor rangka yang menjadi penopang bodi secara keseluruhan. Perubahan yang paling terlihat pada bagasi bawah. Untuk chassis space frame yang dipamerkan, tiang-tiangnya begitu tertata. Ruang besar yang tersedia juga bisa memuat sepeda motor dalam posisi berdiri dengan standarnya. Bagian tulang-tulang besi menyatu dan segaris dari mulai bagasi hingga ke atas. “Konstruksi kali ini lebih solid dan integrated,” ujar Indra menjelaskan rancang bangunnya.



Dinding bagian samping juga terlihat lebih lebar dari seri-seri model pendahulunya, baik Evonext maupun Evobus. Sebagai konsekuensi, kaca samping relatif lebih sempit dibandingkan kedua model itu. Namun, uniknya, kesan besar dan bongsor dari Evolander SHD ini tidak terkurangi. Garis aksen di sisi samping bagian atas bodi membantu menciptakan kesan gagah.

Salah seorang pengunjung, Michael, terkesan dengan model Evolander SHD yang dipamerkan Karoseri New Armada. Dia melihat perubahan penampilan yang signifikan dibandingkan mode-model yang dilahirkan karoseri yang bermarkas di Magelang itu. “Bodinya kelihatan guede, gagah….bagus sih menurut saya,” katanya dengan gaya Jawa Timuran yang kental.

Pemilihan lampu depan model baru, juga ikut berpengaruh besar terhadap tampilan. Dengan lengkung bagian atas yang halus, dihiasi kaca depan ganda, memberi kesan yang tinggi untuk tampilan bus secara keseluruhan. Tren kaca depan ganda mau tak mau harus diikuti oleh salah satu Karoseri terbesar dan berpengalaman di Indonesia ini. “Untuk Evolander HD kami masih tetap produksi juga, meski ada Evolander SHD. Saling melengkapilah,” ujar Indra Gunawan.



Bagian depan bus mengingatkan haltebus.com pada beberapa model bus di Eropa yang kental dengan aksen lengkung di bagian depan atas bodinya. Ada Sunsundegui dari Spanyol dan Plaxton Elite dari Inggris yang juga mengedepankan garis lengkung di bagian depan desain bus mereka. Sunsundegui SC7 misalnya didominasi garis lengkung dan gembung di sekujur bodinya. Sedangkan Plaxton Elite menyembunyikan kaca ganda dalam lengkungan di bagian depan atas hingga ke setengah atap bus.

Perubahan besar juga terjadi di bagian belakang Evolander SHD jika dibandingkan dengan Evolander HD. Kisi-kisi udara Evolander SHD menggunakan model baru yang lebih besar dan terdiri dari lima lubang yang tergolong besar. Tetapi jangan gampang tertipu ya, lapisan krom dengan lubang-lubang lebih kecil terpasang rapi pada kisi-kisi yang menimbulkan kesan lebar akibat pantulan bayangan benda disekitarnya.



Bagaimana interiornya? Untuk yang satu ini, Karoseri New Armada memang miliki kepiawaian tersendiri. Tata lampu yang dihasilkan cukup membuat penumpang merasa nyaman. Cahaya biru yang merata menyelimuti seluruh ruang memberikan kesan temaram yang memudahkan penumpang memejamkan mata. Setidaknya itulah yang dirasakan saat haltebus.com berkesempatan masuk ke dalam kabin penumpang.

Dari dalam bus, penumpang bisa melempar pandangan keluar dengan leluasa. Ciri khas bus-bus buatan Karoseri New Armada yang mengedepankan pandangan luas untuk penumpangnya. Mereka juga ingin menampilkan kesan mewah dalam setiap model busnya.

Ciri khas lain untuk bus berkaca depan ganda ditorehkan tim Design & Engineering Karoseri New Armada. Dari sisi dalam, bentuk rangka penopang kaca depan terlihat lebih kokod dibandingkan produk karoseri lain yang juga berkaca ganda. Kelemahan lengkungan bagian depan karena aplikasi kaca ganda diantisipasi dengan rangka yang terlihat kokoh itu.

“Harus diakui untuk rangka bodi Evolander sudah cukup bagus, tampilan luar dan dalam juga bagus. Permasalahannya adalah konsistensi tim produksi Karoseri New Armada bisa gak dipertahankan gak hanya sebatas pameran saja,” ujar Kurnia Lesani Adnan, seorang pengusaha bus yang kerap mempelajari detil bangun bodi bus ini.



Kehadiran Evolander SHD menggenapi tren kaca depan ganda. Karoseri New Armada menjadi salah satu dari karoseri-karoseri besar yang memiliki model dengan kaca depan ganda. Meski tergolong belakangan, tetapi model yang dihasilkan dipercaya pengunjung pameran bus dan truk Indonesia Maret lalu, bisa memberi warna di antara tren kaca ganda. Operator bus kini memiliki pilihan model baru kaca ganda di antara lima karoseri bus terbesar di Indonesia. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013