Jumat, 15 Desember 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
NEW VIERO MIDI, BUS MEDIUM BESAR DARI RAHAYU SANTOSA
 
09 Mei 2017


(Jakarta – haltebus.com) Karoseri Rahayu Santosa memperkenalkan bus model terbaru untuk chassis bus medium berukuran besar dari Mercedes-Benz Indonesia, OF-917. Model yang dinamakan New Viero Midi bus ini diluncurkan di ajang Mercedes-Benz Indonesia Commercial Vehicle Expo, Sabtu (6/5/17). “Kalau tahun lalu kami memperkenalkan beberapa varian Jetliner menjelang musim liburan Idul Fitri dan akhir tahun ditutup dengan model Jetliner Double Decker, tahun 2017 kami perkenalkan New Viero Midi bus,” kata Marketing Manager PT. Rahayu Santosa, Chrystianto Sutardy di sela-sela pameran yang diadakan di International Convention Exhibition Serpong, Tangerang Selatan itu.

Bus model New Viero Midi ini dikembangkan dari model bus medium Karoseri Rahayu Santosa, yakni Viero. New Viero Midi lahir bersamaan dengan munculnya chassis bus medium berukuran besar yang bisa mengangkut penumpang lebih dari 35 orang. Di kelas medium besar sudah ada Hino FC190. Selama ini, bus medium hanya bisa mengangkut 25 – 30 penumpang saja, karena itu Karoseri Rahayu Santosa perlu membuat rancang bangun baru untuk bus medium berukuran besar.

Pada Mercedes-Benz Indonesia Commercial Vehicle Expo 2017, Karoseri Rahayu Santosa membangun New Viero Midi di atas chassis Mercedes-Benz OF-917. New Viero Midi bisa diaplikasikan pada chassis yang memiliki dua ukuran wheel base (jarak sumbu roda) itu.



Mercedes-Benz OF-917 dilepas ke pasar dengan dua varian yakni dengan wheel base 5,3 meter dan 4,2 meter. Dimensi kendaraan dengan panjang keseluruhan 9 – 10 meter, lebar 2,3 meter dan tinggi 3,5 meter. “Kapasitas bus New Viero Midi dengan wheel base 5,3 meter yang dipamerkan ini sebenarnya bisa mencapai 39 + 1, 39 penumpang dan satu pengemudi. Kami hanya membuatnya 37 + 1,” ujar Chrystianto.

Dari sisi eksterior tampilan bus terlihat menarik perhatian. Lampu depan dipilih lampu yang banyak ditemukan di pasaran, sehingga memudahkan pemilik kendaraan dalam perawatan. Meski lampu utama banyak di pasaran, bukan berarti tampilan wajah New Viero Midi juga pasaran. Kaca yang tinggi, dashboard minimalis dan grill dengan aksen krom menjadikan wajah pendatang baru itu terlihat manis.

Di bagian belakang, sebenarnya terlihat jelas secara garis besar bodi model Ecoline. Apalagi lampu belakang juga mengaplikasikan lampu yang sama dengan Ecoline. Namun, cowl belakang New Viero memiliki garis yang lebih sederhana yang dihiasi lampu di bumper kiri dan kanan. Pemilihan warna coklat lebih menonjolkan lekuk bodi ciri khas Rahayu Santosa.

 

Ada dua yang titik lampu yang menarik di bagian belakang. Satu lampu di sisi samping belakang yang menempel di bumper yang berwarna kuning. Dan satu lampu yang bersinar merah tersembunyi di garis aksen krom. “Lampu kuning di sisi samping bumper sebagai faktor pendukung keselamatan. Pengemudi bisa mengidentifikasi dimensi dan bagian belakang kendarannya,” kata Chrystianto.

Semangat untuk menghadirkan kendaraan yang mengedepankan faktor keselamatan juga tergambar di bagian kursi penumpang. Sabuk pengaman tiga titik, menempel di kursi Fainsa yang dipasok pabrikan kursi PT. Restindo. Jarak antar kursi lumayan lega untuk duduk orang dewasa. Hanya satu kekurangannya, bantalan busa tempat duduk sedikit kurang lebar sehingga hanya menopang separuh paha orang dewasa.



Deputy Director of Sales of Commercial Vehicle Bus Operation Mercedes-Benz Indonesia adri Budiman mengungkapkan apresiasinya dengan model baru dari Karoseri Rahayu Santosa ini. Dia beberapa kali mengunjungi stand Karoseri Rahayu Santosa dan membahas beberapa titik terkait rancang bangun bus itu. “Busnya rapi, kursinya sudah pas ada seatbeltnya dan soal keselamatan menjadi perhatian kami,” kata Adri.

Chrystianto menambahkan, khusus tahun ini Karoseri Rahayu Santosa akan meningkatkan kualitas produknya. Pihaknya siap menerima masukan seiring dengan diluncurkan bus New Viero Midi untuk kepuasan pelanggan. PO. Nuansa Ilham tertarik dan akhirnya membeli New Viero Midi pertama yang diproduksi Karoseri Rahayu Santosa dengan standar baru pertama.

Selain New Viero Midi, ada produk andalan lain untuk bus besar dengan berbagai varian. Untuk sasis bus dengan Gross Vehicle Weight (GVW) kelas 15 – 16 ton ada Jetliner Semi High Deck dan Ecoline untuk bus pariwisata dan jarak jauh. Di kelas ini juga ada model yang dikhususkan untuk bus kota, yakni Cityliner. Di kelas GVW 18 ton ke atas ada Jetliner High Deck dengan pilihan dua model kaca.



Pelanggan bisa memilih Jetliner, model bus bus kaca ganda yang menjadi pionir di Indonesia, dengan yang tegak atau setengah merebah untuk kaca atasnya. Sementara di kelas GVW 21 ton ke atas, ada Jetliner Double Decker, bus tingkat yang bisa diaplikasikan untuk bus kota maupun antar kota.

Menurut Chrystianto, selama tahun 2016 Jetliner Semi High Deck dan High Deck menjadi model terlaris yang banyak dipilih. Selain bus berkaca ganda sedang menjadi tren saat ini, tampilan eksterior dan interiornya banyak diminati pengusaha bus dan juga para penumpang bus. Lebih dari 100 unit bus Jetliner dengan kedua varian itu dibeli sedikitnya oleh 20 perusahaan bus selama 2016. “Kami berharap musim liburan ini, kami memulainya dengan New Viero Midi untuk mengikuti jejak Jetliner yang sukses di tahun lalu,” ujar Chrystianto menutup pembicaraan. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013