Jumat, 15 Desember 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
KAROSERI TRI SAKTI AWALI TREN BARU BERSAMA NEW INFINITY HD DELUXE?
 
15 Mei 2017


(Jakarta – haltebus.com) Kaca ganda pada bus, sebagai sebuah tren mau tak mau harus diikuti oleh Karoseri di Indonesia jika ingin dilirik pembeli. Namun, kaca ganda sepertiapa yang bisa menarik perhatian pembeli yang umumnya pengusaha bus itu? Adalah Karoseri Tri Sakti yang membuat sebuah terobosan kaca ganda yang diposisikan sebagai asesories tanpa mengurangi fungsi bagi pengemudi bus maupun penumpangnya.

“Setelah ada beberapa masukan dari customer masalah bus dari karoseri lain yang dikeluhkan adalah pandangan penumpang yang terhalang oleh variasi depan di antara kaca,” kata pimpinan Karoseri Tri Sakti, Andi K. Widodo menjelaskan produk barunya kepada haltebus.com, Selasa (9/5/17).

Varian baru model Infinity dari Karoseri Tri Sakti itu diberi nama New Infinity HD Deluxe. Varian baru ini cukup menarik perhatian pengunjung Mercedes-Benz Indonesia Commercial Vehicle Expo 2017 di International Convention Exhibition (ICE), Serpong, Banten, Sabtu (6/5/17) lalu.

Menurut Andi, tim desainer Karoseri Tri Sakti tetap mempertahankan bentuk dan ukuran kaca depan, terutama dari sisi fungsi. Pandangan untuk pengemudi dan penumpang dipertahankan seperti pada bus berkaca satu yang leluasa. Kaca kedua sengaja dibuat agak kecil dengan posisi di atas layaknya asesoris.

 

Sekilas terlihat tak lazim jika kita membandingkannya dengan bus-bus berkaca ganda pada umumnya. Namun, ternyata dibalik itu posisinya sangat fungsional. “Variasi topi (fender) di atas, kami tambahkan untuk membantu melindungi wiper atas supaya tidak rusak terkena ranting pohon dan membantu supaya pengemudi tidak terkena matahari langsung dari atas, meskipun kaca film di bagian atas itu sudah 60 persen,” kata Andi lagi.

Luasnya kaca depan yang lebih besar ternyata memiliki arti tersendiri untuk Andi. Jika dibandingkan bus berkaca ganda lainnya, pemilik New Infinity HD Deluxe tak perlu repot memikirkan sukucadang saat wiper atau kaca mengalami kerusakan. Ukuran wiper bus New Infinity HD Deluxe ini samadengan bus-bus lain yang masih lebih banyak beredar dibandingkan bus berkaca ganda. “Ukuran panjang blade wiper 100 cm, sama dengan bus kebanyakan. Kalo yang model kaca ganda lain hanya 80 cm,” kata Andi menjelaskan.



Sementara itu, salah satu pengunjung Pameran Mercedes-Benz Indonesia Commercial Expo 2017, Atma Edi Susanto dari PT. Atmajaya Sentosa Trans menilai konsep New Infinity HD Deluxe cukup menarik. Menurut dia, sebagian besar penumpang pelanggan bus yang disewakannya cenderung memilih pandangan yang tak terhalang di kaca depan. “Pandangannya (ke depan) bagus, menarik dan aerodinamis. Kalau untuk bus pariwisata memang banyak yang condong (memilih) pandangan yang luas, mas,” ujar pria yang akrab disapa Alex ini.

Alex mengatakan, bus New Infinity HD Deluxe sangat pas diaplikasikan untuk bus besar. Sedangkan untuk bus sedang, dia masih meragukannya. Dia menilai asesoris yang bagian kaca atas tentu bisa menutup pandangan yang luas ke depan. Pendapat Alex cukup beralasan karena sebagian besar karoseri di Indonesia tak jarang mengaplikasikan desain bus besar untuk versi model bus sedang mereka.



Terkait desain, Andi Widodo mengungkapkan, tim desainer Karoseri Tri Sakti lebih mengedepankan fungsi dalam merancang model busnya disamping estetika. Desain Infinity versi pertama menjadi penanda Karoseri Tri Sakti untuk desain bus yang tampil dengan konsep baru. Bagian depan dan belakang sama-sama mengesankan bus model Infinity ini sebagai bus yang besar. Berkat lampu yang besar di lampu utama, demikian juga dengan lampu belakangnya serta kaca samping yang lebar.

Tinggi keseluruhan New Infinity HD Deluxe tak jauh berbeda dengan pendahulu, Infinity antara 3,6 hingga 3,7 meter. Andi menjelaskan, dia banyak menerima masukan jika ketinggian di atas 3,7 meter bus akan terasa limbung.

Berdasarkan catatan haltebus.com, selama ini Karoseri Tri Sakti banyak menerima pesanan pembuatan bodi bus untuk chassis dengan Gross Vehicle Weight (GVW) 15 – 16 ton. Strategi menghadirkan kaca ganda versi baru merupakan jawaban Karoseri Tri Sakti untuk pemilik bus yang menjadi pelanggan setianya.

Sampai Selasa (9/5/17) pun, bus berwarna merah marun itu belum kembali ke Magelang. “Sejak keluar dari Hall Pameran, hari minggu, bus sudah jalan berkeliling mas. Ada beberapa customer yang gak sempat datang ke Expo minta bus nya dibawa ke pool mereka,” ujar Andi.

Menurut Andi, peminat bus New Infinity HD Deluxe ini cukup lumayan. Meski hanya dipamerkan sehari ada beberapa pesanan dari operator asal Jawa Barat, salah satunya dari Bandung serta dari luar Jawa. Dia mengaku belum bisa memastikan jumlah pemesanan produksi perdana New Infinity HD Deluxe karena sampai saat ini bus masih berkeliling ke beberapa pelanggan Karoseri Tri Sakti. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013