Jumat, 18 Agustus 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
MAU SEMBAKO MURAH? DI HALTE TRANSJAKARTA JUGA ADA
 
10 Juni 2017


(Jakarta – haltebus.com) Program kerja sama empat Badan Usaha Milik Daerah untuk menyediakan sembilan bahan pangan pokok (sembako) mulai menunjukkan hasil positif. Sepuluh hari program ini berjalan, lebih dari 4.500 kemasan sembako yang telah terjual. Penyediaan dan penjualan sembako itu melibatkan PD Pasar Djaja, Food Station, Bank DKI dan Dharma Djaja, selain PT. Transjakarta.

Program bersama itu diberi nama Sembako on Shelter (SOS). Menurut Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono, penjualan berlangsung sejak 26 Mei 2017 lalu hingga 4 Juni 2017 telah mencapai 4.527 unit kemasan. Keempat produk yang dijual adalah: beras, minyak goreng, gula, dan tepung terigu. “Beras terjual sebanyak 692 kemasan, minyak goreng 1.302 kemasan, gula 1.529 kemasan, dan tepung terigu 1.004 kemasan,” ujarnya di Jakarta, Senin (5/6).

Penjualan bahan pangan pokok di halte Transjakarta selama bulan Ramadhan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk warga Jakarta. Melalui sinergi BUMD, Pemprov DKI Jakarta mendukung ketahanan pangan dan stabilisasi harga. Harga bahan pangan pokok yang dipasarkan di halte Transjakarta, dipatok berdasarkan Harga Eceran Tertinggi. Beras misalnya, dijual dengan harga Rp45.000 untuk 5 kg, minyak goreng Rp11.000 per liter, terigu Rp8.500 per kg, dan gula Rp12.500 per kg.

Budi mengatakan penjualan bahan pangan pokok di halte Transjakarta dilaksanakan serentak di 50 halte Transjakarta. Program ini berlaku mulai pukul 16.00 WIB-19.00 WIB. Penjualan bahan pangan pokok di halte Transjakarta menggunakan transaksi non tunai. Bisa menggunakan ATM atau Kartu yang diterbitkan Pemprov DKI Jakarta bersama Bank DKI. Cara transaksi ini dipilih dalam rangka mendukung program pemerintah yang mendorong kegiatan transaksi non tunai.

Keberadaan program penjualan sembako ini menambah satu fungsi untuk halte Transjakarta. Budi juga optimistis, penjualan bahan pangan pokok di halte Transjakarta (Sembako on Shelter) akan semakin meningkat. “Stok bahan pangan pokok yang dijual di halte Transjakarta bisa memenuhi permintaan masyarakat,” tambahnya.

Salah seorang pelanggan PT. Transjakarta, Lita mengaku tertarik membeli sembako di halte Transjakarta. Harganya relatif murah dibandingkan di pasar-pasar. Dia pun mengaku dimudahkan karena bisa membeli sembako sambil naik bus Transjakarta menuju rumahnya di kawasan Rawamangun. “Terigunya murah, gak apa-apa berat sedikit bawa ke rumahnya,” katanya diiringi senyum.

Sayangnya tak banyak pelanggan bus Transjakarta yang mengetahui program ini, meski penjaga stand sembako sudah menawarkan dengan suara setengah berteriak. Masyarakat pengguna Transjakarta lebih banyak yang lalu-lalang di depan rak penjualan sembako. Entah sedang terburu-buru atau tak paham dengan program yang baru pertama kali digelar itu. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013