Kamis, 19 Oktober 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
USUNG TEKNOLOGI TERBARU, SETRA DOUBLE-DECKER SERI 500 DILUNCURKAN
 
06 Juli 2017


(Jakarta – haltebus.com) Pabrikan bus Setra, anak perusahaan bus Mercedes-Benz (EvoBus) di bawah naungan Daimler Group meluncurkan seri terbaru bus tingkat. Setelah meluncurkan seri 500 untuk tipe bus berlantai satu (single decker), Rabu (5/7/17) Daimler meresmikan peluncuran perdana Setra S 531 DT di Fernsehturm Stuttgart (Stuttgart TV tower), Stuttgart. “Setra double-decker, adalah bus jarak jauh terbesar dan paling nyaman dari Daimler Buses dan jelas akan menjadi market leader di segemen-nya,” kata Hartmut Schick, Head of Daimler Buses dalam upacara peluncuran.

Schick yakin, Setra S 531 DT akan mengikuti jejak pendahulunya S 431 DT yang mencatat penjualan lebih dari 2300 unit sejak diluncurkan tahun 2003. Peluncuran ini juga menandai perubahan tampilan maupun fitur yang diusung. Dalam keterangan tertulisnya, Setra menyebutkan perubahan ini mereka lakukan setelah sebelumnya melakukan survei ke pelanggan bus double decker yang mereka produksi.

Apa saja yang menjadi titik perhatian pengembangan tim desianer Setra? Perubahan body shape menambah kemampuan aerodinamis. Bus S 531 DT ini diklaim Daimler hemat bahan bakar hingga 10 persen dari pendahulunya S 431 DT. Jika dihitung setahun, bisa mencapai ribuan liter bahan bakar setahunnya, tergantung penggunaan selama setahun.

Setra S 531 DT mengusung mesin seri OM 471 Euro VI enam silinder, 12,8 liter yang menghasilkan tenaga 375 kW (510 hp). Torsi maksimum dicapai pada 2500 Nm (1100 rpm) dan kinerja mesin ditopang transmisi otomatis GO 250-8 (PowerShift) 8 percepatan. Kapasitas bahan bakar hingga 540 liter melengkapi performanya sebagai bus tingkat jarak jauh.

Sementara untuk keselamatan dan kenyamanan, beragam fitur terbaru sudah terpasang di S 531 DT ini. Ada Electronic Stability Program (ESP) termasuk di dalamnya Acceleration Skid Control (ASR), Brake Assist (BAS), Lane Assistant (SPA), Adaptive Cruise Control (ART) dilengkapi fitur Stop & Go. Untuk memaksimalkan pengereman mendadak fitur Active Brake Assist 4 (ABA generasi ke-4) sudah terpasang. Ada juga Predictive Powertrain Control (PPC), Attention Assist (AtAs), Start-off Assist, Frequent-Stop Brake with Starting-Off Lock, Stabillizer Bar on Front and Rear Axle, Electronic Level Control (ENR) untuk Air-Suspension.

Model bus double-decker terbaru Setra ini mengawali standar baru untuk bus double decker jarak jauh. Daimler mengklaim Setra S 531 DT sebagai bus pertama di dunia yang menggunakan fitur sistem pengereman darurat yang bisa mendeteksi obyek maupun pejalan kaki. Selain itu ada pula Sideguard Assist untuk menjangkau blind spot untuk kenyamanan dan keamanan pengemudi saat mengendarai bus. Standar yang tak kalah pentingnya adalah media router dengan performa tinggi yang terpasang di dalam bus untuk kecepatan akses WiFi dan kebutuhan media internet lainnya.

“Tidak ada bus jarak jauh yang memiliki efesiensi bahan bakar, fleksibel dan aman seperti bus dua lantai premium terbaru dari EvoBus Plant di Neu-Ulm, milik kami. Bus ini sekali lagi menunjukkan keahlian dan kecerdikan yang membuat Daimler Buses sukses di pasa bus dunia. Saya pribadi yakin, bus double decker terbaru kami akan mengulang kesuksesan pendahulunya,” kata Shick optimistis.

Dalam keluarga Setra S 531 DT ini menjadi salah satu anggota baru Seri TopClass500, starta tertinggi dari bus premium yang diproduksi Setra. S 531 DT memiliki lebar 2,55 meter, panjang 14 meter dan tinggi 4 meter. Sementara di dalam kabin bawah tinggi kabin mencapai 180 cm dan di kabin atas 168 cm. Setra juga membuka peluang bus dipesan sesuai kebutuhan pelanggannya. Ada fleksibilitas produksi untuk kebutuan pelanggan baik untuk bus jarak-jauh, regular-service bus maupun bus antar kota jarak dekat atau bus wisata. Semua kebutuhan pelanggan bisa didesain sesuai dengan standar kenyamanan yang tinggi, khas Setra. (naskah : mai/foto : daimler.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013