Kamis, 19 Oktober 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
EKSOTISME CARAVAN, BERBASIS BUS KLASIK
 
09 Juli 2017


(Jakarta – haltebus.com) Bus klasik nan eksotis selalu menjadi perhatian dan menarik untuk dinikmati. Apalagi jika bus klasik itu bisa diubah menjadi sebuah caravan seperti yang dilakukan oleh Günter Erhart. Pria asal Jerman ini mengubah NEOPLAN Skyliner berumur 46 tahun menjadi sebuah caravan yang eksotis.

“Saat anda dalam sebuah event, entah itu roadshow atau acara perusahaan/keluarga, dengan cepat bus ini menjadi topik pembicaraan. Beberapa orang pasti akan mengira bus ini dari Amerika, dan saya pun berbangga : Oh tidak, Saya membuatnya sendiri!” kata Erhart menggambarkan besarnya perhatian orang terhadap bus yang diberi label Roadyacht itu.

Roadyacht ini memang layak diperhatikan secara detil. Dari sisi basis bus Neoplan Skyliner yang buatan tahun 1971,tentu mengundang keheranan orang banyak. Apalagi bentuk caravan-nya didominasi deretan kaca seperti mozaik yang lebar di bagian depan, di atas kabin pengemudi. Tinggi bus 4 meter ini membuat ruang di dalam bus bisa dibuat dengan dua lantai.



Jangan dibayangkan bus ini seperti bus double decker pada umumnya. Seperti namanya, roadyacht yang sebenarnya berasal dari kata road (jalan) dan yacht (kapal pesiar). Roadyacht ini menjadi bus pesiar yang unik. Konsep yacht yang sederhana dan dan mewah terlihat pada interior bus.

Panel kayu mendominasi dinding bus baik di lantai atau maupun lantai bawah. Penempatan perabot ala rumah juga tak jauh berbeda dengan konsep pada yacht, mengisi ruang yang terbatas secara fungsional. Di lantai bawah ada ruang berkumpul dilengkapi sofa model U. Ada pantry, toilet serta tangga menuju lantai atas berlapis kayu.



Di lantai dua ada beberapa fungsi di dalam kabin yang bisa dihadirkan, desain kabin bisa diubah sesuai keinginan penyewa. Ada yang bisa disiapkan untuk dua tempat tidur lebar, bisa juga satu tempat tidur dengan satu ruang santai baik itu di bagian depan ataupun belakang bus.

Keunikan dari bus ini ada di lantai dua. Atap bus ini terdiri dari tiga bagian yang bisa bergerak. Bagian depan bergerak/bergeser ke depan, bisa dimajukan sekitar satu meter, untuk menambah ruang agar leluasa. Di bagian tengah jika atap digeser menciptakan ruang terbuka di bagian tengah yang cocok untuk berbagai keperluan.

Sementara di bagian belakang
atap bus bisa dibuka secara hidrolik ke atas, menghadirkan suasana ala teras rumah dan bisa menjadi ruang santai yang serba guna. Pada bagian belakang bus klasik ini juga bisa difungsikan sebagai ruang untuk meja DJ jika Roadyacht dimanfaatkan untuk berpesta. Namun harus dicatat, semua perubahan atap itu bisa dilakukan dalam keadaan bus sedang diparkir.



Untuk tahun 2017 ini, mulai Maret – Oktober, Roadyacht bisa disewa di seputar Italia tepatnya bisa disewa di lokasi Wisata Danau Maggiore. Pemilik Roadyacht, Günter Erhart menyediakan layanan perjalanan wisata, promosi perusahaan dan acara-acara khusus dengan bus spesialnya itu. Untuk perjalanan wisata yang panjang, bus sudah dilengkapi dengan kamar mandi yang memiliki bath tub serta tangki air yang bisa diisi ulang.

Keunikan Roadyacht tak hanya membanggakan Günter Erhart, pihak Neoplan sendiri tak kalah berbangganya. Memperingati 50 tahun model Skyliner yang mereka produksi, laman resmi NEOPLAN dan MAN, induk perusahaan NEOPLAN, cerita tentang Roadyacht juga ditampilkan. NEOPLAN menyebut, Roadyacht sebagai perpaduan teknologi masa lalu dengan teknologi masa kini. Günter Erhart mendapat busnya di tahun 1986, setelah 11 tahun beroperasi dengan kondisi rusak parah, seharga 3.000 Mark.



Dibutuhkan waktu beberapa tahun bagi Erhart untuk membangun bus yang sudah tak beroperasi lagi itu. Dia memotong dan membangun sendiri struktur atap di bagian atas bus. Dia mengganti mesin lama yang sudah usang dengan mesin Henschel. Saat model Skyliner kembali dirilis di tahun 1980-an, Erhart bisa mendapatkan suku cadang yang dia perlukan dari NEOPLAN. “Ahli dari pabrikan siap memberikan saran dan membantunya (Erhart), sekaligus penasaran dengan apa yang dikerjakannya,” begitu pernyataan tertulis NEOPLAN.



NEOPLAN boleh berbangga, salah satu model yang mereka produksi menginspirasi orang untuk membuat sebuah bus yang tak kalah menariknya dengan apa yang dibuat pabrikan. Dalam perjalanan membangun Roadyacht, Erhart berhasil mengantongi TÜV inspection, inspeksi di Jerman untuk menjamin keamanan dan keselamatan produk. Chassis sudah di overhaul dan diproteksi dari korosi akibat garam serta bisa bertahan hingga 30 tahun.

“Roadyacht adalah segalanya, Bus mewah eksklusif, contoh dari wadah bertemu dan berkumpulnya kemampuan teknik Jerman yang luar biasa. Bagi Günter Erhart sendiri, ini adalah pencapaian mimpinya,” begitu NEOPLAN menutup rilisnya. (naskah : mai/foto : NEOPLAN/roadyachting.com/myntransportblog.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013