Sabtu, 16 Desember 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
INILAH BUS LISTRIK VOLVO KEMUDI DI KANAN PERTAMA
 
28 Juli 2017


(Jakarta – haltebus.com) Bus listrik pertama dengan posisi kemudi di sisi kanan diperkenalkan untuk pasar di Inggris dan Irlandia. Bus Volvo seri 7900e single deck itu dipamerkan ke publik untuk pertama kalinya dalam acara khusus yang diadakan Volvo Bus di Donington Park, Derbyshire, Inggris. Dalam acara bertajuk Electric Avenue itu, juga ada kesempatan untuk mencoba naik dan mengemudikan busnya bagi undangan.

“Volvo 7900e kami dengan teknologi yang diusungnya telah menyatukan momentum yang signifikan di Eropa, meraih sukses di Swedia, Jerman dan Luksemburg. Kini kami bisa membawa bus listrik dan bebas emisi untuk kota-kota di Inggris dan Irlandia,” kata Managing Volvo Bus untuk Inggris dan Irlandia, Nick Page, dalam rilis yang diumumkan, Kamis (6/7/17) lalu.

Volvo Bus mulai memperkenalkan bus listrik untuk pasar di Inggris dan Irlandia. Sejak diperkenalkan di Eropa pada tahun 2015, bus listrik untuk kebutuhan transportasi kota itu sudah dipasarkan di beberapa Negara di Eropa daratan. Volvo Bus memang sedang mengintensifkan pengembangan dan pemasaran bus listrik untuk kawasan Eropa. The Electromobility Vehicles menjadi bagian strategi global Volvo untuk mendukung terciptanya transportasi publik di kota-kota dunia yang bersih, tidak bising dan lebih hemat energi.

Bus pertama untuk pengemudi di sisi kanan ini direncanakan beroperasi awal 2018 bersama Transdev Blazafield di Harrogate. Transdev Blazafield yakin, mereka bisa menyediakan kebutuhan untuk bus listrik sebagai solusi lingkungan perkotaan saat ini dan di masa depan. Volvo 7900e juga melengkapi keberadaan bus hemat energy dari Volvo di Inggris dan Irlandia. Sejak tahun 2009 sudah diperkenalkan Volvo B5LH Hyibrid, yang kini diklaim Volvo menjadi market leader di Inggris dan sekitarnya. Keberadaan dua tipe yang memiliki basis motor listrik itu, batere penggeraknya sama-sama bisa diisi dengan OppCharge, sistem pengisian listrik dari Volvo.

“Visi kami untuk kota-kota adalah bagaimana mereka memiliki pilihan untuk menggunakan kendaraan hybrid, electric hybrid atau bus listrik sepenuhnya, secara bersamaan untuk menciptakan lingkungan masa depan yang lebih baik. Sistem yang menghubungkan bus-bus ini saling melengkapi dan menghadirkan solusi, untuk pelanggan (operator) di satu sisi, sekaligus menciptakan pendekatan baru untuk penumpang di sisi lain,” kata Page lagi.

Sistem OppCharge yang dibangun Volvo untuk mendukung produk-produk bus yang pengisian batere cukup menarik. Stasiun pengisian batere yang dibangun bisa beroperasi 24 jam penuh. Waktu pengisian hanya tiga sampai enam menit untuk kebutuhan satu unit bus di dalam rute saat berjalan atau di pool bus milik operator. Sejak diluncurkan dan diujicoba dalam kondisi operasional sehari-hari, bus-bus listrik Volvo diklaim menghemat energi hingga 80 persen dibandingkan dengan bus bermesin diesel. Sementara untuk bus Hybrid, konsumsi bahan bakarnya bisa lebih hemat 39 persen. Setidaknya klaim itulah yang dirasakan dari sisi operator. (naskah : mai/foto volvobus.co.uk)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013