Jumat, 15 Desember 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
DUA PENGEMUDI INDONESIA IKUTI KOMPETISI ANTAR PENGEMUDI SE-ASEAN
 
03 Agustus 2017


(Putra Jaya – haltebus.com) Dua pengemudi asal Indonesia Kamis, (3/8/17) berlaga di ajang Scania South East Asia Driver Competition, di Putra Jaya, Malaysia. Keduanya optimis bisa meraih hasil maksimal setelah mengikuti sesi briefing dan ujicoba Rabu, (2/8/17) sebelum lomba. PT. United Tractors, Tbk, Agen Pemegang Merek Scania bersama kantor perwakilan Scania Indonesia mengirimkan dua pengemudi pemenang Scania Driver Competition Indonesia yang digelar April lalu.

“Lomba ini baru pertama kali digelar di Indonesia, dan kedua peserta yang dikirim juga baru pertama kali kami ikutkan di ajang lomba se-ASEAN,” kata General Manager Marketing PT. United Tractors, Tbk, Harijadi Mawardi.

Kedua pengemudi yang berlaga adalah Feriyanto Gini Lomi pengemudi bus dari Rosalia Indah dan Kukuh Hendrawan dari PT. United Tractors Semen Gresik. Harijadi mengungkapkan, ajang kompetisi pengemudi ini memberikan pengalaman baru bagi mereka, operator bus dan juga pengemudi. Dalam babak final yang diselenggarakan April lalu, Feriyanto menyisihkan sembilan peserta lain di kategori bus, sementara Kukuh menyisihkan Sembilan peserta di kategori truk.

Selama ini belum ada kompetisi yang melibatkan pengemudi di tingkat nasional maupun regional yang diikuti oleh pengemudi kendaraan komersial di Indonesia. Harijadi berharap kompetisi antar pengemudi yang mereka gelar bisa menjadi tolok ukur baru untuk mengasah kecakapan dan ketrampilan pengemudi.

Sementara itu, meski baru pertama kali mengikuti ajang internasional ini, dalam sesi briefing sebelum lomba peserta asal Indonesia sangat percaya diri. Keduanya melakukan persiapan masing-masing yang dibutuhkan. Kukuh misalnya, dipersiapkan untuk menghadapi kompetisi antar negara.

“Dia berlatih bahasa Inggris untuk menghadapi instruksi yang akan disampaikan pantia penyelenggara. Selain itu yang kebetulan pak Kukuh biasanya tidak mengoperasikan truk trailer juga berlatih beberapa pecan sebelum lomba,” kata Marketing Communication Manager, PT. United Tractors, Tbk, Novie Sianipar.

Feriyanto Gini Lomi, juga tak kalah bersemangatnya. Dalam sesi ujicoba pengendalian bus, dalam empat kali mencoba bus, dia tercatat hanya terkena pengurangan nilai satu angka. “Semua peserta sangat yakin bisa mengikuti lomba dengan target yang terbaik. Pak Feri diberi kesempatan sampai empat kali karena ada perbedaan dimensi kendaraan di Indonesia dan Malaysia. Dia butuh penyesuaian,” kata Tim Pendamping dari PT. United Tractors, Tbk, Muriama Y.S. Ratoe Oedjoe.

Peserta Scania South East Asia Driver Competition dating dari berbagai Negara, seperti Indonesia, tuan rumah Malaysia, Singapura, Filipina dan Myanmar. Ajang ini diselenggarakan secara rutin oleh Scania kantor Regional ASEAN. Materi dalam kompetisi yang diselengarakan di Malaysia berbeda dengan yang diadakan Indonesia. Di Jakarta ada dua sesi lomba, yakni penguasaan di jalan raya dan pengendalian bahan bakar serta uji keterampilan dan pengendalian dalam mengarahkan kendaraan. Dalam kompetisi yang berlangsung di pusat pemerintahan Malaysia itu fokusnya pada hanya ketrampilan dan kemampuan pengemudi mengendalikan kendaraannya. (naskah : mai/foto : dok. PT. United Tractors, Tbk)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013