Sabtu, 25 November 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
ROYAL TRANS, BUS KOTA EKSKLUSIF RASA BUS AKAP
 
23 Oktober 2017


(Jakarta – haltebus.com) PT. Transjakarta memperkenalkan bus terbaru mereka khusus untuk menggaet pelanggan yang mengutamakan kenyamanan selama di perjalanan. Bus baru ini disebut Royal Trans. Seperti namanya yang identik dengan fasilitas mewah, PT. Transjakarta menjanjikan pelanggan Royal Trans akan mendapat beragam keistimewaan saat naik bus tersebut. “Ini bus pertama kami yang menggunakan 12 CCTV, sudah tidak ada alasan lagi naik bus tidak aman,” kata Direktur Operasional PT. Transjakarta, Daud Joseph, saat berbincang dengan haltebus.com pertengahan September lalu.

Joseph merujuk pada faktor keamanan, tidak hanya di dalam kabin bus tetapi juga di luar kabin. Selain kamera pengintai yang merekam perjalanan di dalam kabin penumpang, ada juga kamera yang mengarah ke luar bus. Ada yang mengarah ke depan, ke belakang serta ke samping kiri dan kanan bus untuk merekam situasi perjalanan.

Tidak lupa juga, ada satu kamera yang mengarah ke pengemudi bus untuk mengamati perilaku pengemudi selama menjalankan tugasnya.Menurut pria yang akrab disapa Jos itu, definisi keamanan tidak hanya dari tindak kejahatan, tetapi keamanan di jalan raya yang menyangkut keselamatan pelanggan.
 

Direktur Utama PT. Transjakarta, Budi Kaliwono menjelaskan, saat ini pihaknya masih menunggu proses pengadaan 100 unit bus Royal Trans. Dari informasi yang diperoleh haltebus.com, 50 unit dibuat di Karoseri New Armada, Magelang, sementara 50 unit sisanya dikerjakan di Karoseri Tentrem, Malang. “Kami merancangnya khusus, dimulai dari pintu, tangganya seperti tangga di bioskop yang memudahkan pelanggan naik dan turun, kursinya bisa distel sandarannya, ada slot pengisi battere HP, ada WiFi, hiburan musik semuanya lengkap,” kata Budi menjelaskan fasilitas unggulan Royal Trans.

Budi menambahkan, bus Royal Trans akan langsung menyasar masyarakat yang biasa menggunakan kendaraan pribadi untuk mobilitas sehari-hari dari rumah ke kantornya. Meski belum menetapkan rute yang akan mereka layani, Budi optimistis bus Royal Trans bisa menarik minat masyarakat.
 

Coba tengok spesifikasi yang disiapkan PT. Transjakarta, bus dibuat di atas chassis Mercedes-Benz OF917 dengan opsi 10 meter. Royal Trans adalah bus pertama di jajaran armada PT. Transjakarta yang menggunakan bus kelas medium large. Meski terlihat seperti bus medium, namun ukurannya lebih besar dengan lebar mencapai 2,25 meter dan panjang 10 meter. Sangat cocok untuk menjangkau kawasan perumahan.

Saat haltebus.com ikut merasakan perjalanan dari Bekasi – Jakarta, kabin bus terasa lapang berkat kaca samping yang tinggi. Tak seperti kebanyakan bus kota, ad arak bagasi atas dan louver AC yang bisa mengatur derasnya angin dari sistem pendingin udara di kabin bus.
 

Di dalam bus tak terasa bising walau mesin bus ada tepat di samping pengemudi. Faktor mesin depan ternyata tidak mengurangi keleluasan penumpang saat masuk dari pintu depan. “Gimana rasanya? Nyaman kan?” tanya Budi kepada haltebus.com.

Desain awal Royal Trans dimulai saat Karoseri New Armada membuat satu unit bus medium large berbasis OF917 dalam versi bus kota. Bus ini menjadi salah satu bus yang ikut dalam peresmian 100 unit bus Transjakarta baru tahun lalu. Dari bus itulah perubahan-perubahan dilakukan. Model yang dibuat Karoseri New Armada menjadi acuan juga bagi Karoseri Tentrem. “Ada perjanjian khusus antara kami dan pihak New Armada untuk membuat bus Royal Trans ini,” kata Yohan Wahyudi dari Karoseri Tentrem.
 

Dari pengamatan haltebus.com, tidak mudah mengapliasikan apa yang diinginkan PT. Transjakarta. Terutama di bagian pintu tengah. Pintu harus bisa dibuka lebar agar penumpang bisa keluar masuk dengan leluasa. Di sisi kanan belakang, juga ada pintu yang bisa menjadi pintu masuk-keluar penumpang di halte Transjakarta dengan platform tinggi.

Saat mencermati model secara keseluruhan, mengingatkan haltebus.com pada model bus seperti Setra MultiClass, Scania Interlink maupun MAN Lions Intercity. Bedanya hanya pada ukurannya saja. Kemudahan akses dalam bus berlantai relatif tinggi untuk kebutuhan koneksitas pusat kota dan daerah pinggiran menjadi karakter tiga pabrikan Eropa itu. PT. Transjakarta sendiri dalam kurun waktu dua tahun terakhir sudah memulai beberapa langkah untuk mempermudah akses pelanggannya sehingga semakin banyak masyarakat yang mau naik bus.
 

Selain Royal Trans, saat ini juga pengadaan 300 unit bus low entry dengan lantai rendah juga tengah dikebut pengerjaannya di Karoseri Laksana. Jika tak ada halangan akhir tahun 2017 atau Semester I 2018, bus-bus itu sudah bisa beroperasi di Jakarta. Keberadaan bus-bus itu nantinya bisa menambah pengalaman baru masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk mendapatkan bus kota yang lebih baik.(naskah : mai/foto : mai/dok.Karoseri New Armada)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013