Sabtu, 25 November 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
SINGAPURA PESAN 50 BUS VOLVO HYBRID
 
22 Oktober 2017


(Jakarta – haltebus.com)
Volvo Buses mencatat rekor baru penjualan bus listrik di luar Eropa, khususnya di Asia. Singapura menjadi Negara pertama di Asia yang memesan 50 unit bus bertanaga diesel dan listrik, buatan pabrikan Swedia itu. “Ini adalah bagian dari semangat Land Transportation Authority (LTA) untuk membangun armada bus umum yang ramah lingkungan. Tidak hanya untuk kendaraan yang lebih senyap dan halus dinaiki, tetapi juga pengemudi bus bisa menikmati suasana kerja yang lebih nyaman,” demikian pernyataan LTA yang dirilis, Rabu (11/10/17) lalu.


Otoritas transportasi darat Singapura (LTA) menghabiskan 30 juta dolar Singapura untuk pembelian 50 unit bus Volvo Hybrid 7900 ini. Proses pembelian dilakukan melalui tender dan Volvo East Asia (Pte) Ltd yang bermarkas di SIngapura memenuhi kualifikasi yang ditetapkan LTA. Dalam laman resminya, LTA menyebut bus Volvo Hybrid ini bagian dari perubahan armada bus kota di negeri itu.

Selain 50 bus yang rencananya akan mulai beroperasi di jalan-jalan kota Singapura pada pertengahan 2018 itu, masih ada lagi pengadaan 60 unit bus listrik. Demi menyambut bus Hybrid ini, LTA bekerja sama dengan Singapore Bus Academy (SGBA) untuk meningkatkan kemampuan profesional dalam mengoperasikan bus yang memiliki teknologi tergolong baru untuk kawasan ASEAN.

Volvo 7900 Hybrid mengkonsumsi 30 persen bahan bakar lebih irit dibandingkan dengan bus diesel konvensional. Emisi gas buangnya, khususnya, nitrogen oksida, juga separuh mesin diesel biasa. Pembelian dari LTA menjadi bagian dari kesuksesan Volvo Buses yang telah menjual lebih dari 3 ribu unit bus Hybrid ke berbagai penjuru dunia.

“Pembelian bus Hybrid dari Singapore LTA menjadi langkah besar dan menegaskan kepemimpinan Volvo Buses dari segi teknologi dan nilai komersial di Singapura,” ujar Head of Volvo Buses, Singapore Region, Manish Sahi.

Volvo bersama Singapura patut berbangga menjadi pionir di kawasan Asia Tenggara untuk teknologi terbaru yang mereka tawarkan di kawasan ini. Di saat Jakarta membutuhkan ribuan bus untuk transportasi kota, Volvo Buses masih belum menawarkan teknologi Hybrid dan Listrik mereka ke negara-negara di luar Eropa. Saat haltebus.com mengajukan pertanyaan melalui surat elektronik tentang kemungkinan penjualan bus Hybrid dan Listrik di Indonesia, Media Relations Manager Volvo Buses, Helena Lind menyebut, ”Teknologinya masih sangat mahal.”

Menurut Volvo Buses, Singapura menjadi satu negara yang sangat dipertimbangkan untuk kawasan Asia Pasific, dari sisi transportasi publik. Kemitraan Volvo Buses dengan Singapore LTA, dinilai sangat pentinga karena Negara itu menjadi salah satu contoh bagi Negara-negara lain sebagai tempat studi banding.

“Bus-bus ini bisa menunjukkan kepada pemangku kepentingan di kawasan ini, untuk mendapat kesempatan dalam memahami dan mendapat pengalaman teknologi (Hybrid – Electric). Bus-bus ini juga mendukung Singapura sebagai “salah satu agenda yang harus dipilih” para operator maupun regulator di kawasan ini,” kata Akash Passey, Senior Vice President Volvo Buses International Region. (naskah : mai/foto : volvobuses.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013