Sabtu, 25 November 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
DUA HALTE TRANSJAKARTA DI KORIDOR 13 MULAI BEROPERASI
 
10 November 2017


(Jakarta – haltebus.com) Dua halte di Koridor 13 Transjakarta mulai dioperasikan, Jumat (10/11/17). Menurut Humas PT. Transjakarta, Wibowo, dua halte itu dioperasikan secara penuh oleh PT. Transjakarta. “Dua halte itu Halte Seskoal dan Halte Kebayoran Lama,” katanya.

Sebelumnya PT. Transjakarta telah mengoperasikan Koridor 13 sejak 13 AGustus 2017 lalu. Ada enam halte yang baru dioperasikan dari 12 halte yang disiapkan oleh Dinas PUBina Marga Provinsi DKI Jakarta. Kebanyakan halte yang belum beroperasi karena belum siap melayani penumpang.

Menurut Wibowo, untuk Halte Seskoal dan Halte Kebayoran lama yang difungsikan hari ini kelengkapan standar PT. Transjakarta sudah dipenuhi. Ada pintu otomatis, petugas kasir dan petugas halte yang bertugas melayani pelanggan Transjakarta. Agar masyarakat di sekitar halte yang dioperasikan mengetahui tambahan layanan pemberhentian bus di Koridor 13, kata dia, sudah ada sosialisasi berupa spanduk yang dipasang di halte.
 

Wibowo menambahkan, berdasarkan data penumpang yang ada di PT. Transjakarta, pelanggan di Koridor 13 mencapai 13 ribu setiap harinya. Ada tiga rute yang beroperasi setiap hari, yakni Halte Ciledug – Blok-M – Halte Tendean, Halte Cildeug – Halte Pancoran Barat dan Halte Ciledug – Bundaran HI. Sementara khusus Sabtu dan Minggu ada rute Halte Ciledug – Halte Ragunan.

Koridor 13 ini adalah koridor pertama yang dilayani PT. Transjakarta di jalur 90 persen yang melewati jalan layang. Sejak awal pengeoperasiannya Koridor 13 juga membuat penasaran warga Jakarta dan sekitarnya karena berada di ketinggian kota Jakarta. Jalur tertinggi sekitar 23 meter di atas permukaan jalan, dibawahnya. Demikian tingginya, membuat siapapun yang naik bus di Koridor 13 bisa menikmati pemandangan Jakarta.
 

Setidaknya ada empat titik yang menarik untuk dilirik selama perjalanan. Pertama di atas perempatan di Jalan Mampang Prapatan dan Jalan Kapten P. Tendean. Dari ketinggian kita bisa melihat proyek pembangunan jalan bawah tanah yang sempat menjadi perhatian Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernurnya Sandiaga S. Uno.
 
Titik kedua ada di Perempatan Jalan Trunojoyo dan Jalan Sisingamangaraja XII. Saat bus melintas, terlihatlah proyek pembangunan rel layang untuk Jakarta Mass Rapid Transit. Karena bus dalam posisi bergerak, penumpang bus Transjakarta Koridor 13 tak sadar di atas rel layang MRT, inilah titik tertinggi!
 

Pemandangan menarik lainnya ada di titik ketiga, tak jauh dari Halte Kebayoran Lama, tepatnya di ruas antara Halte Kebayoran Lama dan Halte Mayestik. Ada pemandangan menarik di sisi utara jalan layang, yakni Stasiun Kebayoran Lama dan selang beberapa meter ada Halte Koridor 8 lengkap dengan kepadatan jalan menjelang terowongan.

Dan titik keempat yang menarik diperhatikan selama perjalanan di Koridor 13 adalah di atas Jalan Tol JORR Lingkar Barat. Di titik ini lalu-lalang kendaraan yang melaju cepat di jalan tol bisa jelas terlihat di sisi kiri maupun kanan bus. Pandangan di atas jalan tol begitu luas. Bagi yang sering lalu-lalang di jalan tol itu, tentu pemandangan dari atas sangat menarik. “Baru kali ini naik, Transjakarta langsung mencoba Koridor 13, luar biasa. Kemajuan pembangunan Jakarta bisa dilihat di koridor ini,” kata Mirza warga Malang kepada haltebus.com.

PT. Transjakarta mengoperasikan beragam jenis bus di Koridor 13. Semuanya bus single, namun ada beberapa bus Vintage Series 12 meter, bus regular 12 meter dan juga bus Maxi dengan panjang 13,5 meter yang bisa mengangkut penumpang lebih banyak. Pemprov DKI Jakarta berharap koridor ini bisa memudahkan warga Ciledug bepergian ke Jakarta, demikian juga sebaliknya. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013