Jumat, 15 Desember 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
RAYAKAN TAHUN PERAK, GOLDEN DRAGON LUNCURKAN NAVIGATOR
 
17 November 2017


(Jakarta – haltebus.com) Pabrikan bus asal China, Golden Dragon membuat kejutan di ulang tahun peraknya, ke-25, dengan meluncurkan produk baru hasil kolaborasi dengan pabrikan bus asal Jerman, Mercedes-Benz. Model bus terbaru mereka yang diberi nama Navigator itu hasil pengembangan yang serius dari Golden Dragon tak hanya melibatkan Mercedes-Benz yang sudah menjalin kerja sama sejak 2016 lalu, tetapi juga konsultan desain produk asal Inggris, DCA Product Design Consultant.

Navigator diperkenalkan pertama kali di Pameran Buwsorld di Kortrijk, Belgia pada 23 Oktober lalu. Saat merayakan ulang tahunnya ke-25 di Xiamen, Golden Dragon memperkenalkannya untuk public di negeri tirai bambu itu. Golden Dragon Navigator akan menyasar segmen bus keskusif, high-end, yang mengutamakan kenyamanan. Model ini menjadi tonggak sejarah Golden Dragon untuk teknologi baru yang belum pernah mereka hasilkan sebelumnya.

“Kami merasa ikut bertanggungjawab atas kemajuan industri otomotif di Provinsi Fujian. Kami selalu berkomitmen untuk mengembangkan kendaraan berkualitas tinggi agar sesuai dengan tuntutan pelanggan untuk transportasi yang ramah lingkungan dan lebih nyaman. Berkat konsistensi pada kualitas melebihi kuantitas, kami telah mengembangkan produk masa depan yang keberlanjutan dan menciptakan kepuasan pelanggan yang lebih besar,” kata Deputy General Manager Golden Dragon, Peng Dongqing, seperti dikutip dari chinabuses.org, Selasa (14/11/17).
 

Chief Engineer Golden Dragon, Chen Dulian, menunjukkan bahwa Navigator didedikasikan untuk memenuhi kualifikasi kendaraan di masa depan. Dalam filosofi yang dianut Golden Dragon, bus harus mencapai tingkat harmoni yang lebih tinggi yang diinginkan manusia. Berdasarkan filosofi tersebut, kata dia, Navigator telah melihat kemajuan yang sangat pesat di berbagai hal, seperti kualitas, penampilan, standar keselamatan, kinerja tenaga, kemampuan manuver, kenyamanan perjalanan, keandalan dan efisiensi energi. “Dengan semua yang dicurahkan, kecerdasan dan efisiensi, kendaraan ini sepenuhnya sesuai dengan reputasinya sebagai sebuah karya seni,” ujarnya.

Sayangnya, meski Navigator disebut menggunakan berbagai sistem penggerak dari Mercedes-Benz juga suspensi, sumbu roda depan dan belakang tidak ada informasi detail terkait produk Mercedes-Benz itu. Golden Dragon menyebut, Navigator menawarkan pengalaman perjalanan penumpang yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Sementara itu, seperti dikutip dari laman resmi DCA Product Design Consultant, DCA menyebut pihaknya terlibat sejak awal pembuatan Navigator. Mulai dari awal proses desain hingga selesainya pengembangan interior. “Kami berkerja bersama secara dekat dengan tim di China. Kami menjadikan kebutuhan penumpang dan pengemudi sebagai pusat perhatian kami. DCA memfokuskan pada peningkatan factor manusia, ergomonis, pengalaman penumpang serta memikirkan ulang interior bus selama perjalanan (mendesain),” begitu pernyataan resmi DCA.

Project Manager DCA, RP Kruizinga menjelaskan, beberapa tahun belakangan desain eksetrior bus begitu ekspresif dan kualitas produknya semakin baik. Sementara di sisi lain, lanjut dia, desain interior bus relatif stagnan. Meski ada perbedaan, tetapi jika dilihat sekilas tetap saja seperti tak ada perubahan. “Tim kami tidak terlalu asing dengan desain bus, meskipun begitu kami terus menggali pendekatan baru untuk proyek ini. Melihat dari dekat elemen interior dan selalu bertanya, mengapa bentuknya seperti ini, bisakah jadi sesuatu yang lain?,” ujar Kruzinga menjelaskan.

Desain Navigator tentu saja menjadi bagian sejarah Golden Dragon. Pada tahun 1992, Golden Dragon pertama kali memperkenalkan teknologi manufaktur bus canggih dari Jepang dan Amerika Serikat dan mulai memproduksinya di China. Mereka memulai hanya dengan 30 karyawan dan area produksi 2 ribu meter persegi. Tahun 1995 Golden Dragon berhasil membangun jalur produksi untuk bus model Coaster.

Pada tahun 2008, Golden Dragon membangun jalur produksi elektrik baja katoda besar pertama di China, membawa teknologi pelapisan bus China ke level baru. Setahun berikutnya mereka secara resmi mengadopsi struktur bodi bus monocoque, yang secara signifikan meningkatkan daya tahan bus dan anti korosi.

Hanya dalam waktu dua dekade, perusahaan ini berkembang menjadi modern dengan volume produksi per tahunnya mencapai 25 ribu unit bus medium dan besar dan 20 ribu unit bus kecil. Jika dibandingkan, volume penjualan awal Golden Dragon berdiri hanya 13 unit per tahun di tahun pertama kini menjadi 23 ribu unit di tahun 2016, dengan pendapatan penjualan mencapai delapan miliar RMB.

Di tahun yang ke-25, selain meluncurkan Navigator, pada Juni lalu, Golden Dragon juga berhasil menyelesaikan uji coba bus tanpa awak. Ujicoba itu dilakukan di Zona Internet Nasional untuk kendaraan. Sebagai salah satu pionir dalam industri bus energi baru di China, Golden Dragon membuat sejumlah catatan di bidang transportasi modern. Dengan teknologi canggih dan pengalamannya, perusahaan ini sekarang menyediakan berbagai solusi transportasi bagi pelanggannya. (naskah : mai/foto : chinabuses.org/dca-design.com/carprobus.flicker.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013