Jumat, 15 Desember 2017 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
PT. TRANSJAKARTA SOSIALISASIKAN BUS METROTRANS DAN ROYALTRANS
 
20 November 2017


(Jakarta – haltebus.com) PT. Transjakarta mulai mengujicoba dua layanan baru mereka di Jakarta dan Tangerang. Dua rute bus baru itu adalah Bundaran Jalan Senayan – Harmoni yang dilayani oleh bus Mterotrans dan Terminal Poris – Bundaran Senayan dilayani Royaltrans. “Uji coba bus Metrotrans dan Royaltrans sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat akan pelayanan yang diberikan Transjakarta,” ujar Budi Kaliwono, Direktur Utama Transjakarta di Jakarta, Senin (20/11).

Menurut Budi, kedua jenis bus itu akan diujicoba selama seminggu. Ada empat unit bus Metrotrans dan dua unit Royaltrans dengan jam layanan 05.00 – 22.00. dia mengungkapkan ini bagian dari upaya untuk memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke transportasi umum.

Tarifnya tergolong murah untuk bus dengan rute jauh yang tengah diujicoba dengan armada Royaltrans, yakni Rp. 3.500 saja. Fasilitasnya tak ubahnya seperti bus antar kota atau bus pariwisata. Konfigurasi kursi 2-2 dengan sandaran kursi busa. Bus dilengkapi TV layar datar sebagai sarana hiburan. Ada port penambah daya untuk batere telepon seluler pelanggan. Sandaran kursi penumpang juga bisa diatur kemiringannya, menambah nyaman saat bersandar.

 

Fasilitas ini baru diterapkan PT. Transjakarta pada armada Royaltrans untuk menarik minat penumpang umum. Kapasitas angkut Royaltrans adalah 30 orang duduk dan 13 orang berdiri. Bus Royaltrans bisa langsung masuk jalur Transjakarta dan menaikkan serta menurunkan penumpang di halte-halte Transjakarta yang dilalui. Karoseri New Armada, Magelang, dan Karoseri Tentrem, Malang, memasok bus Royaltrans.

Sebelumnya PT. Transjakarta menargetkan armada Royaltrans untuk pemukiman di sekitar Jakarta. Dari informasi yang diperoleh haltebus.com sedikitnya 100 unit bus Royaltrans disiapkan PT. Transjakarta untuk melayani penumpang premium dari perumahan hingga pusat kota Jakarta. Lalu mengapa berangkat dari Terminal Poris? “Sementara kami uji coba dulu. Perlu ijin dari pihak terkait, kalau menyasar pemukiman di Tangerang haru berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dishub Tangerang,” kata Juru bicara PT. Transjakarta, Wibowo menambahkan.

Nah bagaimana dengan bus Metrotrans? Layanan PT. Transjakarta yang satu ini tak kalah menariknya. Bus model baru yang pertama digunakan sepanjang sejarah transportasi bus Jakarta sangat mendukung mobilitas penumpang naik dan turun bus. Mengapa? Sebab busnya berlantai rendah, pemasoknya, Scania dan Mercedes-Benz menyebutnya bus low entry. Bus berlantai rendah di bagian depan hingga tengah bus, sedikit menaik di bagian belakang. Rencananya ada 300 unit bus low entry yang akan dioperasikan PT. Transjakarta.

Selama ujicoba bus Metrotrans, pelanggan Transjakarta tidak dipungut biaya, mengikuti pola bus gratis berwarna oranye yang sudah beroperasi sekitar empat tahun terakhir di rute Bundaran Senayan – Harmoni itu. Bus low entry sangat cocok melalui salah satu jalan dengan kepadatan tinggi di jam-jam sibuk di kota Jakarta ini. Bus yang dibuat seluruhnya di Karoseri Laksana, Ungaran, itu bisa menampung 41 penumpang duduk dan 27 penumpang berdiri yang dilengkapi area dan kursi untuk pelanggan disabilitas.

Meski tidak menyebutkan informasi detilnya, Budi memastikan Transjakarta akan segera mengoperasikan bus Metrotrans dan Royaltrans. Kedua layanan baru itu, menurut dia, untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. (naskah : mai/foto : dok.haltebus.com/PT. Transjakarta)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013