Kamis, 19 Juli 2018 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
HINO INDONESIA JADI PIONIR BUS BERTRANSMISI OTOMATIS
 
17 Desember 2017


(Tangerang – haltebus.com) Pasar bus di Indonesia tahun 2018 semakin kompetitif. PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memperkenalkan ke publik produk chassis terbaru mereka bertransmisi otomatis yang siap diproduksi di tahun 2018. Hino Indonesia mencatatkan Hino RN 285 AT sebagai chassis bus pertama di kategori di bawah 300 HP yang menggunakan transmisi otomatis yang diproduksi massal. “Pada kesempatan yang berbahagia ini saya ingin memperkenalkan Hino RN 285 AT, model terbaru dari Hino di Indonesia,” kata Kenjiro Inoue Product Planning Manager Hino Motor Ltd, Jumat (15/12/17).

Kenjiro mengungkapkan, ada beberapa isu yang diusung oleh Hino RN 285 AT, sesuai dengan kebutuhan pelanggan di Indonesia. Chassis bus ini ramah lingkungan, mudah dikendarai dengan tarikannya yang halus, serta keamanan yang lebih terjamin. Dia menjelaskan, Mesin diesel J08E-WG sudah dilengkapi teknologi common-rail yang efesien dalam penggunaan bahan bakar, ramah lingkungan berstandar Euo-3. Aplikasi transmisi otomatis yang terpasang di depan mesin, lanjut dia, membuat Hino RN 285 AT mudah dikendarai dengan tarikannya yang halus sehingga meningkatkan kenyamanan.

Apa perbedaan Hino RN 285 AT dengan Hino RN 285? Menurut Kenjiro ada beberapa keunggulan Hino RN 285 AT dibandingkan produk-produk sebelumnya. Basis mesin yang disandang keduanya sama, mesin J08E berkapasitas 7,7 liter, common-rail dengan turbo charger intercooler. Mesin J08E-VT yang digunakan Hino RN 285 ini diperkenalkan di akhir tahun 2012 saat PT. HMSI merayakan 30 tahun kehadirannya di Indonesia. Sedangkan untuk Hino RN 285 AT seri produk mesin menjadi J08E-WG.



Transmisi manual ZF 6S1000BD tujuh percepatan yang digunakan pada juga Hino RN 285 diganti dengan transmisi otomatis Allison T325R yang responsif, mendukung kinerja mesin yang maksimal dengan tarikannya yang halus. Di sisi keamanan berkendara, basis sistem pengereman sistem full airbrake dan exhaust brake pada Hino RN 285, dilengkapi oleh retarder dan auto break adjuster pada Hino RN284 AT. Fitur auto break adjuster semakin memudahkan kerja awak bus karena pada produk sebelumnya mereka harus rajin memperhatikan celah antara kampas rem dengan drum break. Selisih atau celah ini membuat kinerja pengereman menjadi tidak maksimal. Ada pula fitur speed limiter. “Bus ini mudah dikendarai oleh wanita. Jangka waktu penggantian kampas rem juga lebih panjang melalui penggunaan retarder,” kata Kenjiro lagi.

President Director PT. HMSI, Hiroo Kayanoki mengungkapkan, transportasi massal yang aman dan nyaman di Indonesia sangat dibutuhkan saat ini. Menurut dia, bus masih menjadi transportasi yang utama untuk angkutan massal di negeri ini. Karena itu, kata dia, Hino Indonesia ingin menghadirkan produk yang aman dan nyaman bersama RN 285 AT. Baik Hino RN 285 maupun Hino RN 285 AT sudah dilengkapi dengan suspensi udara. “Dengan hadirnya Hino Bus RN 285 AT akan memberikan pilihan varian bus yang lebih banyak sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hino sebagai market leader bus, ingin selalu menyediakan best fit product kepada pelanggan setia Hino,” ujar Kayanoki.



Sementara itu, Head Of Product Planning PT. HMSI, Prasetyo Adi mengungkapkan, Hino RN 285 AT akan diproduksi Mei 2018 dan tersedia di pasaran pada Juni 2018. Dia yakin, produk yang diperkenalkan ini sangat aplikatif untuk produk bus perkotaan. Kapasitas tangki bahan bakar dirancang lebih besar, 350 liter, sangat cocok untuk bus yang beroperasi seharian penuh. “Spesifikasi yang kami hadirkan disesuaikan dengan kebutuhan perkotaan dimana bus cukup sekali isi bahan bakar selama beroperasi,” ujarnya.

Karakter kebutuhan dengan performa yang tinggi, membuat Prasetyo dan tim menyiapkan dapur pacu dengan seksama. Perpaduan mesin J08E-WG dengan Allison Transmission T532R, menurut Prasetyo, juga menjadi titik utama yang penting. Dia menjelaskan, Allison T325R dengan gigi overdrive memaksimalkan performa dan membuat penggunaan bahan bakar yang efisien. Tenaga yang dihasilkan mesi J08E-WG ini 285 PS dengan torsi maksimal 91/1.500 Kgm/rpm.



General Manager Operasional PT. Pahala Kencana, Ika Kuswardhani menyambut baik produk baru Hino Indonesia ini. Menurut dia, berdasarkan pengalaman mengoperasikan bus-bus Hino, PO. Pahala Kencana bisa mendapatkan hasil maksimal. Dia mencontohkan, untuk Hino RG yang mulai dioperasikan periode 1990-an akhir menjadi salah satu favorit pelanggan. Karakternya sangat cocok untuk perjalanan panjang dengan tuntutan ketepatan waktu tiba di kota tujuan, juga efisien dalam penggunaan bahan bakar. “Yang kami rasakan memang Hino ini cukup irit bahan bakar. Dengan adanya produk yang bertransmisi otomatis bisa menjadi nilai tambah lagi,” katanya.

Penilaian yang mirip juga meluncur dari salah satu Direksi PT. Sinar Jaya Megah Langgeng, Teddy Rusli. Menurut dia, tawaran transmisi otomatis sangat menjanjikan. Selama lebih dari 20 tahun, Sinar Jaya Grup menjadi pelanggan setia Hino Indonesia, dengan jumlah armada lebih dari seribu unit bus. “Teknologi mesin yang ditawarkan sudah lebih tinggi dari produk sebelumnya, sudah dilengkapi retarder, ada auto break adjuster juga, sebetulnya sudah cocok untuk aplikasi bus antar kota,” ujar Teddy.

Perkenalan produk Hino RN 285 AT oleh Hino Indonesia menambah lengkap rentang produk mereka di pasaran. Di kelas bus mikro ada Hino Dutro 110SDB, Hino Dutro 110 SDBL dan Hino Dutro 130 MDBL. Sementara untuk bus bermesin depan di kelas bus sedang ada Hino FB130 dan Hino FC Bus, ada Hino A215 untuk bus besar. Sementara bus bermesin belakang ada Hino RK8J-R260, Hino RN 285, Hino RK CNG, dan yang diperkenalkan pada Pameran GIIAS Agustus lalu Hino RM Bus.

Rentang produk ini membuat Hino Indonesia mencatat penjualan bus yang signifikan. Penjualan selama bulan Januari sampai dengan November 2017, bus Hino Indonesia meraih 77 persen market share, dengan angka penjualan 1.261 unit bus. Bus Hino RK8J-R260 masih menjadi yang terlaris dengan hasil penjualan 925 unit bus atau 73 persen total penjualan bus selama tahun 2017. Hiroo Kayanoki optimistis dengan produk baru yang diperkenalkan, Hino Indonesia bisa mempertahankan motto : Hino Nomor Satu. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013