Dee
 
Minggu, 21 Januari 2018 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
METROTRANS SIAP LAYANI PENUMPANG KERETA BANDARA
 
28 Desember 2017


(Jakarta – haltebus.com) PT. Transjakarta menyiapkan armada bus yang mempermudah perpindahan penumpang kereta dari Bandara Soekarno-Hatta ke jantung kota Jakarta. Bus yang disiapkan adalah bus low entry Metrotrans dan terintegrasi dengan dengan kereta bandara di Stasiun Sudirman Baru. “Konsep ini mengikuti kota-kota modern yang menggunakan bus berlantai rendah (low entry) untuk memudahkan penumpang yang diantar,” ujar Direktur Utama PT. Transjakarta Budi Kaliwono di Jakarta, Rabu (27/12/17).

Menurut Budi, PT. Transjakarta merancang dua rute yang terhubung dengan Stasiun Sudirman Baru yang menjadi stasiun akhir kereta Bandara Soekarno-Hatta. Layanan baru ini, kata dia, diharapkan mempermudah akses masyarakat pengguna bus Transjakarta menuju Bandara Soekarno-Hatta melalui Stasiun Sudirman Baru. Begitu juga sebaliknya, masyarakat dari luar kota akan mudah mencapai kota Jakarta dan memanfaatkan seluruh jaringan layanan armada bus Transjakarta.

Rute pertama, Stasiun Sudirman Baru (BNI City) – Monas, yang melalui Bundaran Hotel Indonesia – Jl. MH. Thamrin – Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. Medan Merdeka Timur – Jl. Medan Merdeka Utara dan kembali ke Jl. MH. Thamrin melalui Jl. Medan Merdeka Barat. Rute ini melalui pusat perbelanjaan Sarinah – Bank Indonesia – Stasiun Gambir – Istana Merdeka dan Monas.



Rute kedua melayani sisi Selatan jalan protokol di pusat kota Jakarta. Dari Stasiun Sudirman Baru bus berputar di Bundaran Hotel Indonesia melalui Jl. Jenderal Sudirman – Semanggi – Jl. Jend. Gatot Subroto – Jl. H. Rasuna Said – Jl. H.O.S Cokroaminoto. Beberapa titik yang dilalui adalah Tosari – Dukuh Atas – Karet – Semanggi – Persimpangan Kuningan dengan Jl. Jend. Gatot Subroto – Jl. H. Rasuna Said dan berakhir di Menteng.

PT. Transjakarta, kata Budi, akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk pengoperasian kedua rute tersebut. Ada 15 unit bus low entry yang disiapkan untuk bisa melayani penumpang yang diangkut rangkaian kereta bandara. Cukup dengan Rp. 3.500, penumpang sudah bisa naik bus Metrotrans berlantai rendah yang memudahkan mobilitas masyarakat di perkotaan.



Bus Metrotrans yang dioperasikan PT. Transjakarta memiliki fasilitas yang nyaman. Dilengkapi pendingin udara, kursi prioritas, pegangan yang mudah dijangkau penumpang dalam posisi berdiri. Pintu yang lebar untuk masuk dan keluar juga menambah kenyamanan penumpang. Ada satu ruang untuk kursi roda yang disediakan di sekitar pintu tengah yang lebar untuk memudahkan keluar-masuk penumpang disabilitas.

Kemudahan lain untuk penumpang juga sudah tersedia di bus Metrotrans. Ada tombol stop yang memudahkan penumpang memberi tanda kepada pengemudi untuk berhenti di pemberhentian berikutnya. Bagi penumpang disabilitas ada tambahan fitur, yakni kneeling system yang memungkinkan sisi kiri bus, yang dilengkapi suspensi udara ini, mudah diatur lebih rendah untuk memudahkan kursi roda masuk dan keluar bus.

Fasilitas lain yang menjamin kenyamanan dan keamanan penumpang adalah terpasangnya 12 unit CCTV yang mengarah ke dalam maupun keluar bus. Selama perjalanan juga ada TV 29 inch. Sebelumnya, PT. Transjakarta juga mengoperasikan empat unit bus di rute Bundaran Senayan hingga Harmoni juga melalui jalur yang bersinggungan dan melengkapi rute pengumpan penumpang kereta bandara. Badan Usaha Milik Pemprov DKI Jakarta ini membeli 300 unit bus low entry yang direncanakan selesai proses pembeliannya di pertengahan tahun 2018 mendatang. (naskah : mai/foto : mai/dok. PT. Transjakarta)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013