Jumat, 21 September 2018 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
ALEXANDER DENNIS RAYAKAN PENJUALAN 10.000 BUS DOUBLE DECKER ENVIRO400
 
10 Januari 2018


(Jakarta – haltebus.com) Pabrikan bus asal Inggris, Alexander Dennis Limited (ADL) merayakan perjalanan panjang bus double decker 2-axle Enviro400. Bulan Desember lalu, mereka mencatatkan angka penjualan Enviro400 yang mencapai 10.000 unit. Bus double decker Enviro400 menjadi produk andalan ADL sejak pertama kali diluncurkan pada 2005 lalu.

“Ada tren di masa depan untuk bus berkualitas tinggi, kombinasi antara kapasitas yang besar dan nyaman. Bus-bus itu meningkatkan grafik dan mendukung operator bus dalam memenangkan (kompetisi) bisnisnya baik untuk penyewaan privat, kegiatan khusus, perusahaan hingga kontrak-kontrak dengan sekolah,” kata Chief Executive ADL, Colin Robertson dalam rilis di laman ADL, Selasa (12/12/17) lalu.

Bus double decker Enviro400 disebut ADL menjadi landmark yang melekat pada ADL sebagai perusahaan yang berpengaruh dalam industri bus di Inggris. Produk bus double decker Enviro400 menjadi standar bus berkualitas tinggi, berlantai rendah dan memiliki akses penumpang yang mudah selama dua dekade terakhir.



Bus Enviro400 eksekutif berkapasitas 78 kursi menjadi salah satu produk unggulan untuk spesifikasi yang lebih tinggi untuk bus double decker di kelas premium. Bus dilengkapi dengan kursi berlapis kulit, lantai bernuansa kayu, sabuk pengaman, Wi-Fi, slot pengisi battere untuk gawai, wadah handphone, panel atap skylight serta sistem audio-visual untuk pengumuman halte berikutnya di dalam bus.

Pangsa pasar yang tak terlalu besar direbut ADL dalam dua tahun terakhir dengan hasil mengesankan yang melibatkan beberapa perusahaan. Ada Go Goodwins, Hams Travel, Imperial Coaches, Skill Coaches, Swan Travel, Weavaway, Westway Coaches dan Wheelers Travel. “Tren ini jauh berbeda dari dua dekade yang lalu ketika bus cukup membumi, tanpa dibayang-bayangi kendaraan dan pantaslah kami merayakan capaian 10.000 unit double decker ini yang menunjukkan langkah besar yang telah kami buat untuk mengambil posisi menjadi pilihan produk bus double decker ke tingkatan yang baru,” ujar Colin menambahkan.



Awal kemunculan bus tingkat berlantai rendah dari ADL dimulai saat chassis Dennis Trident 2 diluncurkan pada 1997. Bersama Dart SLF (Super Low Floor) midi bus, dimulailah sebuah revolusi di industri bus di Inggris. Fokus di saat itu adalah membuat bus yang mudah diakses, khususnya untuk pengguna kursi roda, yang belum banyak tersedia di transportasi publik. Umumnya bus di masa itu masih diwarnai dengan tangga masuk yang tinggi sehingga menyulitkan orang tua yang membawa anaknya dengan kereta bayi.

Di tahun 2005, ADL memulai generasi baru untuk bus double decker. Saat itulah Enviro400 diluncurkan dan diproduksi massal. Bus tingkat terbaru di masanya ini mengusung konsep integral bodi sekaligus menghadirkan solusi lengkap untuk operator bus. Konsep ini diterima dengan baik dipasar dan dalam waktu 10 tahun menjadi salah satu yang tersukses di Inggris.

Colin dengan bangga menyebut, “Kami banyak membuat momen bersejarah bersama Enviro400. Sejak diluncurkan pada 2005 hingga perubahan tampilan depan di tahun 2009, perubahan model tampilan di tahun 2014 dan perkenalan versi bus kota pada Oktober 2015. Kami juga melihat Enviro400 unggul sebagai bus dengan efesiensi bahan bakar baik bersama, mesin diesel rendah emisi, sebagai bus bermesin diesel-electric hybrid dan sebagai bus berbahan bakar gas.”

Menurut Colin, saat didesain sebagai bus integral (monokok) Enviro menjadi salah satu sukses besar baik bersama chassis Volvo maupun Scania. Dia menambahkan, meski ADL berbasis dan pasar terbesarnya di Inggris, pengembangan bisnis di Hongkong dan New York untuk produk Enviro400 cukup signifikan. “Bus double decker berlantai rendah yang ke-10 ribu ini menjadi ukiran prestasi bagi siapapun di ADL. Keberhasilan luar biasa dari Enviro400 kami adalah cerminan kecerdikan, komitmen dan dedikasi tim kami. Tidak ada yang memenangkan liga ini secara konsisten tanpa orang yang tepat dan pendekatan yang tepat untuk menyenangkan pelanggan,” kata Colin.

Di dalam kebanggaannya Colin mengungkapkan, bahwa keberhasilan yang mereka pasarkan mendukung peluang dan pengembangan karir, 2.500 karyawan di ADL. Selain itu juga ada 1.500 kerja sama dalam berbagai usaha kolaboratif dan tak ketinggalan 5.000 jaringan di rantai pasokan untuk produksi ADL. Semua dukungan itu, kata dia, memberikan dorongan untuk tetap berada di garis depan produk dengan teknologi dan selalu mempertahankan posisi terdepan di sektor industri pembuatan bus dan coach. (naskah : mai/foto : dok. ADL)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013