Selasa, 20 Februari 2018 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
VOLVO LUNCURKAN BUS DOUBLE DECKER EURO VI
 
02 Februari 2018


(Jakarta – haltebus.com) Volvo Bus mengumumkan model terbaru mereka di sektor transportasi kota. Pengumuman yang tergolong penting itu dilakukan di Hong Kong, salah satu kota dunia yang banyak mengoperasikan bus tingkat (double decker). Kamis (25/1/18) Volvo Bus meluncurkan chassis bus tingkat 3-axle khusus untuk bus kota bertingkat.

“Volvo Bus memiliki sejarah yang membanggakan sebagai pemasok untuk banyak aplikasi transportasi umum yang paling menantang di Asia Pasifik. Dengan B8L kami menyediakan chassis baru yang telah diuji secara menyeluruh dalam kondisi lokal yang sulit,” kata Presiden Volvo Bus Håkan Agnevall dalam pernyataan tertulis yang diterima haltebus.com.

Tak kurang dari 100 undangan yang terdiri dari pelanggan, mitra supplier and seluruh staf Volvo se-Asia Pacific hadir dalam acara ini. Mereka menyaksikan peluncuran yang diresmikan langsung President Volvo Bus Håkan Agnevall dan Senior Vice President Business Region International Akash Passey. Acara yang digelar di Volvo Ocean Race village juga diselenggarakan bersamaan workshop pengenalan produk dan makan malam khusus bersama top manajemen Volvo Bus.

 

Produk chassis bus Volvo B8L yang baru ini menggantikan produk chassis sebelumnya, yakni Volvo B9TL yang telah terjual lebih dari 4.000 unit di Kawasan Asia Pasifik. Volvo B8L dibuat di Borås, Swedia dan bus sudah diujicoba di Hong Kong dan Singapura. Chassis terbaru Volvo B8L didukung oleh mesin Volvo D8K yang terbukti ketangguhannya. Walaupun isi silendernya hanya 8 liter, daya dorong yang dimiliki B8L mencapai 350 HP (258kW). Tenaga 1.400Nm dihasilkan pada putaran antara 1.200 dan 1.600 RPM.

Mesin D8K disesuaikan dengan transmisi ZF 6AP1600C full-automatic. Mesin ini memiliki teknologi common-rail dan dengan perangkat tambahan bertenaga elektrik dibandingkan pada produk sebelumnya. Paket yang diramu pada driveline memberikan standar baru dalam efisiensi bahan bakar, pengurangan kebisingan dan emisi yang lebih rendah.

Menurut Vice President Volvo Bus untuk kawasan Asia Pacific, David Mead, perubahan pada driveline adalah bentuk tanggapan mereka atas masukan pelanggan. Dia mengungkapkan, pihaknya telah menyederhanakan driveline dibadingkan versi sebelumnya. “Kunci desain baru ini adalah layout penggerak langsung dengan mesin 8 liter dan transmisi otomatis yang dirancang untuk in-line (bekerja searah). Ini memberikan driveline yang lebih efisien untuk menetapkan standar baru untuk efisiensi bahan bakar di segmen ini,” ujar Mead.

Perubahan lain yang dilakukan Volvo Bus selain pada driveline, yakni bobot yang menjanjikan. Pada Volvo B8L, rancang bangunnya memungkinkan penurunan berat keseluruhan. Masih ada lagi janji Volvo Bus pada B8L yang memiliki radius putar yang lebih kecil, semua axle dan suspensi baru yang memberikan kualitas berkendara yang sangat baik serta peningkatan kemampuan berkendara dan tingkat kinerja kendaraan yang lebih tinggi.



Tawaran lain Volvo Bus bersamaan peluncuran Volvo B8L adalah kemampuan bus memberikan informasi mengenai biaya kepemilikan. Tidak hanya itu, interval servis yang diperluas, penggunaan suku cadang Volvo Group yang umum dan rezim layanan yang direvisi memungkinkan pengurangan biaya pemeliharaan secara keseluruhan. Ditambah lagi dengan penghematan bahan bakar yang dihasilkan. Dalam ujicoba kendaraan, total biaya untuk memiliki Volvo B8L diklaim lebih rendah dari model sebelumnya.

Keunggulan lain, dari Volvo B8L terletak pada fitur keselamatan dengan sejumlah peralatan standar. Ada Electronic Stability Control (ESP), Electronic Braking Systems, (EBS), anti-slip, pembatas percepatan/akselerasi dan hill start-aid yang kesemuanya menjadi standar yang melekat pada chassis. Masih menurut Mead, paket fitur keseluruhan yang mereka siapkan menunjukkan pengalaman Volvo di bidang ini.

Paket yang melekat pada Volvo B8L, lanjut dia, menjadi tolok ukur baru produk yang ditawarkan untuk pelanggan dalam hal kinerja, keamanan dan keandalan di segmen bus kota double-decker. “Produk B8L baru kami menunjukkan pemahaman tentang tuntutan pasar Asia di segmen double-decker berkapasitas tinggi,” kata Mead.

Teknologi Euro VI membuat Volvo Bus mempersiapkan pelatihan untuk dealer, distributor dan operator di Asia Pasifik agar teknologi Euro VI yang baru mudah dipahami. Mead menambahkan, Volvo Bus memiliki salah satu tim dealer dan distributor paling berpengalaman di kawasan Asia Pasific. Tim ini, kata dia, siap melanjutkan tradisi mereka menyediakan layanan kelas dunia bagi pelanggan Volvo. “Tim layanan kami di Hong Kong dan Singapura mewakili beberapa spesialis double-decker yang paling berpengalaman di manapun di dunia ini,” kata Mead menggambarkan tim andalannya.

fitur tercanggih yang disiapkan Volvo Bus tak hanya melekat pada chassis tetapi juga termasuk di dalamnya rangkaian layanan purnajual. Setiap kendaraan pelanggan terhubung dengan layanan titik servis dan Volvo Bus. Kemampuan untuk mengelola kinerja kendaraan, menyediakan diagnostik jarak jauh dan mengumpulkan data operasional memungkinkan Volvo memberikan saran kepada pelanggan.

Sistem ini memungkinkan Volvo Bus dengan cepat mengidentifikasi area perbaikan atau penghematan. Selain itu, Volvo B8L juga bisa dipasangi modul I-Coaching Volvo, sebuah perangkat pada dashboard yang dipasang, yang bisa memberikan umpan balik untuk pengemudi tentang kinerja mereka dalam mengemudi.

Dalam proyek Volvo B8L, Volvo Bus banyak mendengarkan pelanggan. Volvo menyebut, umpan balik dan masukan mengenai kondisi operasi yang sulit di Hong Kong dan Singapura didapat dari pelanggan. Para pelanggan juga memberikan masukan berdasarkan pengalaman mereka dan mengunjungi tim pengembangan Volvo di Swedia dan menyampaikan hal-hal penting dalam proses pengembangan produk.

Salah satu pelanggan yang bekerja sama dengan baik bersama Volvo adalah SBS Transit dari Singapura. CEO SBS Transit Ltd Gan Juay Kiat, mengungkapkan rasa senangnya SBS Transit bisa ikut terlibat memberikaan kontribusi pada Volvo Bus hingga berwujud Volvo B8L. “Berdasarkan pengalaman kami mengoperasikan lebih dari 1.100 unit Volvo Euro V Double Decker, kami dapat memberi masukan untuk lebih meningkatkan kinerja produk Volvo Double Decker yang baru. Ucapan terimakasih kami untuk Volvo Bus!” katanya bersemangat. (naskah : mai/foto : volvobuses.com/landtransportguru.net/hiveminer.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013