Rabu, 19 Desember 2018 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUKA PAMERAN GIICOMVEC, MENPERIN AIRLANGGA HARTARTO TERTARIK NAIK BUS
 
03 Maret 2018


(Jakarta – haltebus.com) Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto membuka Pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) Kamis (1/3/18). Ini adalah pameran perdana Gaikindo yang khusus digelar untuk kendaraan komersial. “Saya atas nama Pemerintah mengucapkan selamat sekaligus menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada GAIKINDO, atas terselenggaranya pameran otomotif berkonsep business-to-business,” katanya dalam sambutan resmi di pembukaan.

Airlangga menunjukkan minatnya dengan bus-bus produksi Indonesia. Dia meluangkan waktu untuk melihat dua unit bus yang dipamerkan di Jakarta Convention Center dan berdialog singkat. Saat berkunjung ke stand-stand pameran, dia tertarik dengan bus Legacy Sky SR2 XHD Prime yang dipamerkan di CV Laksana. “Ini berapa persen konten lokalnya? Toiletnya dimana?,” begitu dia bertanya pada Direksi CV Laksana, Iwan Arman yang menemani naik ke atas bus.

Iwan meresponnya dengan menjawab secara umum material bahan yang digunakan, proses pembuatan dan konten lokal dalam produk karoseri yang dipimpinnya. “Ini bus kami dengan kelas tertinggi pak, premium,” kata Iwan menjelaskan.

Selain itu, Airlangga juga masuk ke dalam bus low entry Maximum Vehicle Electric (Maxvel) yang dibuat oleh PT. Mobil Anak Bangsa (MAB). Dia menyempatkan berdialog dengan Direktur Teknik PT. MAB Bambang Tri Soepandji. Bahkan dia menyempatkan diri berfoto bersama di depan bus prorotipe kedua yang baru diselesaikan perusahaan besutan Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Moeldoko yang kini menjabat Kepala Staf Presiden.

Gabungan Industri Kendaraan Indonesia (Gaikindo) mengawali tahun ini dengan Pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo. Menurut Ketua Gaikindo, Yohannes Nangoi pemaran ini untuk mengakselerasi produksi dan penjualan kendaraan niaga. Dia mengungkapkan, pada tahun 2017 ada kenaikan yang siginfikan untuk kendaraan niaga di semester kedua. “Kinerja penjualan kendaraan komersial sampai tahun 2017 mencapai 235.310 unit. Segmen truk ada kenaikan 45 persen, pikap positif 6 persen dan kabin ganda sebesar 46 persen, dibanding pencapaian pada tahun sebelumnya,” katanya.

Sedikitnya 13 unit bus dipamerkan di GIICOMVEC. Ada lima produk baru bus diperkenalkan dalam pameran ini. Karoseri Laksana dan Karoseri Adiputro menampilkan produk masing-masing dengan perubahan di sisi eksterior. Ada tiga chassis dan satu bus tingkat yang juga menarik untuk dilihat. PT. MAB memamerkan sekaligus dua unit prototipe bus listrik Maxvel yang mereka buat.

Nangoi berharap, GIICOMVEC bisa membantu mencapai target industri kendaraan komersial yang disasar GAIKINDO lebih dari 20% dari pencatatan penjualan nasional pada tahun 2018. Ada 32 merek dari perusahaan kendaraan komersial dan industri pendukungnya yang berpartisipasi di GIICOMVEC kali ini. Mereka terdiri dari 14 Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan komersial. Ada Daihatsu, Hino, Isuzu, Iveco, MAB (Mobil Anak Bangsa), Mercedes-Benz, Mitsubishi Fuso, Mitsubishi Motors, Suzuki, Sokonindo, UD Truck, United Tractors, Toyota serta Volvo. Selain Karoseri Adiputro, Karoseri Laksana ada Sugity Creatives dan Trubo Engineering. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013