Rabu, 19 September 2018 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
FLIXBUS SIAP OPERASIKAN BUS LISTRIK ANTAR KOTA DI PERANCIS
 
16 Maret 2018


(Jakarta – haltebus.com) Operator bus yang kini tengah berkembang di Eropa, Flixbus mulai mengembangkan armada bus dengan energy alternatif. Perusahaan yang berani bersaing dengan maskapai penerbangan murah ini mengoperasikan bus listrik Yutong untuk rute Paris ke Amiens (Somme). Jarak rute ini adalah 170 kilimeter. “Sebuah langkah dunia yang ekslusif, ini belum pernah dilakukan sebelumnya,” kata General Manager Flixbus Yvan Lefranc-Morin seperti dikutip dari laman leparisien.fr yang dilansir, Senin (12/3/18).

Laman leparisien.fr menyebutkan laporan yang ditulis Erwan Bezenet sebagai laporan ekslusif. Baik di laman Yutong maupun Flixbus, belum ada informasi apapun tentang kerja sama ini. Flixbus menggandeng partner mereka di Perancis, BE Green yang beroperasi di bawah bendera Dominique Group. BE Green adalah operator bus di Perancis yang memiliki komitmen terhadap lingkungan. Mereka akan mengoperasikan bus listriknya di bulan ini atau awal April.

Pemilik Dominique Group, Patrick Mignucci sudah mengonfirmasi tentang rencana pengoperasian bus listrik ini. Menurut dia, saat ini bagi pabrikan bus di Perancis maupun Eropa secara umum, masih memilih berkonsentrasi pada pasar bus lisrik untuk kebutuhan perkotaan. “Mereka memiliki kemampuan teknis tetapi pasarnya belum tertarik betul (dengan bus listrik untuk bus antar kota)," kata Mignucci yang mendirikan BE Green pada tahun 2010 lalu.

Bus seperti apa yang akan dioperasikan sebelum liburan paskah, atau sebulan ke depan? Leparisien.fr menyebut bus berkapasitas 60 penumpang yang sangat senyap tanpa emisi sama sekali. Bus listrik Yutong akan digunakan di rute yang setara Jakarta – Cileunyi (Bandung) itu. Perjalanan normal dengan asumsi kecepatan rata-rata 60 km/jam bisa ditempuh antara dua hingga tiga jam.

Patrick Mignucci menyebut keuntungan yang dihasilkan sangat nyata. Tidak hanya bagi lingkungan, tetapi juga biaya operasional. Dia mengungkapkan, harga bus bus listrik lebih mahal 30 persen dibandingkan bus berbahan minyak, kira-kira setara € 400,000. “Tapi tentu saja biaya energi, biaya suku cadang dan perawatan sangat rendah. Kami akan dengan cepat menang (berkompetisi),” ujarnya yakin.

Yvan Lefranc-Morin bahkan menyebut selisih biaya operasionalnya cukup signifikan, untuk ukuran operator bus.”Sebuah bus yang 100 persen (bertenaga) listrik akan menghabiskan belasan Euro saja untuk mengisi listriknya, memungkinan perjalanan sejauh rute Paris-Amiens. Sementara untuk mesin diesel membutuhkan biaya sekitar € 70,” kata dia.

Diperkirakan, penumpang cukup membayar tiket sekitar €12 untuk sekali jalan. Menurut Mignucci, bus listrik ini bisa menjadi tren. Pabrikan Eropa seperti Daimler dari Jerman dan Bolloré dari Perancis, kata dia, seharusnya bisa meluncurkan produk bus listrik ke pasar. Mereka, lanjut dia, bisa memenuhi kebutuhan baik pemerintah maupun swasta.

Dia menyarankan agar pabrikan Eropa tidak menunggu waktu lama, sebab Magnucci menilai, adanya booming di pasar bus China membuat mereka akan segera membanjiri pasar bus dunia dengan bus listrik. Sebagai operator spesialis bus transit, Magnucci memiliki penilaian menarik. “Bus listrik adalah solusi di antara (model bus) yang lain, untuk di bawah 200 Km, bus listrik akan efektif mengurangi CO2 dan Nitrogen Oxide di antara kota-kota,” katanya.

Magnucci mengakui, berat dan ukuran batere akan menjadi masalah tersendiri. Menurut dia, di sinilah letak keunggulan teknologi diesel. Teknologi generasi terbaru mesin diesel, kata dia, menunjukkan pengurangan emisi yang lebih baik dari sebelumnya. Saat ditanyakan apa langkah BE Green selanjutnya? “Bus hidrogen,” katanya tanpa ragu.

Menurut Magnucci bus berbahan bakar hydrogen ramah lingkungan dan memiliki jangkauan yang jauh untuk sekali perjalanan. Harga bus diesel memang masih mahal, bisa menyentuh satu jutaan Euro per unitnya. Namun dia yakin harga itu akan segera turun dan dia siap untuk rute perjalanan jauh. (naskah : mai/foto : leparisien.fr/flixbus.com/b-e-green.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013