Rabu, 19 Desember 2018 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
PERKENALKAN BUS OF-1623, MERCEDES-BENZ INGIN KEMBALIKAN KEJAYAAN?
 
03 April 2018


(Jakarta – haltebus.com) Mercedes-Benz melalui PT. Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) memperkenalkan model bus terbaru mereka di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC). Setelah lebih dari 25 tahun vakum dari bus bermesin depan di Indonesia. Mercedes-Benz Indonesia kembali dengan produk bus OF-1623. “Ini baru perkenalan dari kami, peluncurannya masih menunggu waktu yang tepat,” ujar District Sales Manager PT. DCVI, I Dewa Made Dhananjaya, Sabtu (3/3/18).

Mercedes-Benz Indonesia sebetulnya sudah menyiapkan produk ini selama hamper dua tahun terakhir. Mereka mencoba memperkenalkan kembali bus bermesin depan. Desember lalu, untuk pertama kalinya mereka mempresentasikan OF-1623 di hadapan pelanggan dalam acara Club of Millionairs di Bandung. Tanggapan pelanggan cukup positif, mengingat teknologi yang dikembangkan sudah lebih maju dibandingkan dengan bus OF-1113 yang pernah dipasarkan di Indonesia.

Chassis bus OF-1623 adalah chassis bus kedua yang dipasarkan oleh Mercedes-Benz Indonesia. Sebelumnya ada chassis bus di kategori medium large yakni OF-917. Secara umum karakter keduanya cukup mirip. Menyandang mesin OM 906 LA Euro III, bus bertonase 16 Ton dengan tenaga yang dihasilkan dari dapur pacunya sebesar 230 HP ini, bisa menjadi alternatif baru untuk bus-bus AKAP jarak dekat dan sedang. Dhanan sendiri belum mau memberikan banyak informasi terkait produknya. Dia mengungkapkan, Pameran GIICOMVEC ini menjadi sarana mereka memperkenalkan produk yang siap dipasarkan di Indonesia. “Silahkan dilihat dulu, diperhatikan. Untuk customer kalau ada yang mau menanyakan detilnya bisa menghubungi kami atau dealer terdekat,” katanya diplomatis.



Namun, jika kita mengacu pada informasi umum yang sudah dirilis oleh Mercedes-Benz tentang mesin OM 906 LA, informasinya cukup menarik. Mesin dengan 6 silider segaris ini berkapasitas 6,37 liter dengan tenaga 170 kW atau 231 HP. Torsi maksimum yang bisa dicapai pada posisi 810 Nm pada 1200 RPM. Di beberapa negara, salah satunya Singapura, mesin ini memiliki varian tenaga tenaga 205 kW/279 HP dengan torsi maksimum 1100 Nm pada 1250 RPM.

Ketangguhan mesin Mercedes-Benz, khususnya OM 366 masih bisa kita temukan di beberapa kota di pulau Jawa. Salah satu daerah yang banyak beroperasi bus Mercedes-Benz OF-1113 adalah Wonogiri. Bus bermesin depan dengan suara yang khas masih setia mengantarkan penumpang dari Solo ke Wonogiri dan sebaliknya, menyusuri jalan-jalan pegunungan di wilayah Purwantoro, Baturetno serta Pracimantoro.



Bagi sebagian kalangan yang senang merawat bus, posisi mesin di depan akan sangat menguntungkan karena umurnya bisa lebih panjang. Mengapa? Pengemudi dengan mudah mengatur putaran mesin karena letakanya di sisi samping pengemudi. Cara mendeteksinya mudah, cukup dengan suara mesin, jika raungan mesin terasa tinggi maka perpindahan presneling harus segera dilakukan.

Nah kini dengan hadirnya Mercedes-Benz OF-1623, perawatan diklaim PT. DCVI akan semakin mudah. Sebab, ada fitur Engine Management System (EMS) melalui Control Unit yang terpasang pada mesin. Dengan perangkat komputer, kegagalan fungsi yang terjadi pada mesin akan lebih mudah terdeteksi.

Menurut Deputy Director Bus Sales Operation PT. DCVI Adri Budiman, Mercedes-Benz OF 1623 telah dilengkapi beragam fitur yang lebih maju dari pendahulunya. Selain fitur full air-brake (sistem pengereman dengan tekanan angin) ada auto-slack adjuster yang memungkinkan pemilik bus tak perlu repot karena sering melakukan penyetelan perangkat rem.

Suspensi per daun parabolic yang dilengkapi dengan stabilizer diklaim PT. DCVI juga memberikan kenyamanan yang lebih baik dari versi OF terdahulu. Meski Adri menyebut bus bermesin depan ini ditujukan untuk pasar perkotaan, namun dia tak menampik kemungkinan Mercedes-Benz OF-1623 bisa diaplikasikan untuk bus jarak dekat. Kehadiran OF-1623 melengkapi produk Mercedes-Benz bermesin depan.



Sebelumnya ada Mercedes-Benz OF-917 dengan pilihan bus medium (9 meter) dan medium large (10 meter) yang juga diujukan untuk pasar bus perkotaan. Mercedes-Benz OF-917 juga melanjutkan tradisi kesukseskan Mercedes-Benz OF-8000 yang sudah dilengkapi EMS. “Kami hadirkan beragam chassis yang bisa memenuhi keinginan pelanggan, produk chassis kami semakin lengkap dengan hadirnya bus bermesin depan ini,” kata Adri.

Mercedes-Benz OF-1623 memiliki tantangan tersendiri. Bukan dari kompetitor melainkan dari versi OF sebelumnya. Setelah lebih dari 15 tahun terjual di Indonesia dalam versi OF-1113, bus-bus itu masih bertahan hingga 30 tahun beroperasi. Bahkan salah satunya bertahan di PPD hingga 47 tahun. Saat meluncurkan bus dengan EMS bersama OH-1525, pelanggan bus Mercedes-Benz banyak yang meragukan. Namun ketangguhan Mercedes-Benz OF-8000, membuat bus tipe ini banyak dicari orang belakangan. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013