Jumat, 21 September 2018 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
PO. GUNUNG HARTA MULAI LEBARKAN SAYAPNYA
 
22 April 2018



(Jakarta – haltebus.com) Setelah merambah berbagai kota di pulau Jawa sejak 2011, PT. Gunung Harta Transport Solution mulai melebarkan sayap usahanya. Mulai Senin (9/4/18), perusahaan pemegang label PO. Gunung Harta ini mengoperasikan bus jurusan Jakarta – Madura. “Kami ingin bersiap diri menyambut selesainya jalan Tol Trans Jawa, salah satunya dengan memperluas jaringan layanan,” kata Direktur Utama PT. Gunung Harta Transport Solution, I Gede Yoyok Santoso kepada haltebus.com, Senin (9/4/18).

PO. Gunung Harta yang digawangi PT. Gunung Harta Solution yang berbasis di Malang menjadi ujung tombak perusahaan bus yang mengawali bisnisnya di Bali. Meski dengan manajemen dan perusahaan yang berbeda, baik PO. Gunung Harta Malang dan PO. Gunung Harta Singaraja (PT. Gunung Harta) masih satu bendera dan menggunakan nama dagang yang sama.

Di pulau Jawa, PT. Gunung Harta Solution merambah beberapa rute. Mulai Jakarta – Klaten – Yogya, Jakarta – Solo – Ponorogo, Jakarta – Madiun – Tulungagung – Blitar, Jakarta – Surabaya – Malang serta Jakarta – Jember – Banyuwangi. Dari beberapa kota di Jawa Timur ada beberapa rute juga yang dibawah kendali basis PO. Gunung Harta di Malang. Ada rute Malang – Yogyakarta – Purwokerto dan Malang – Bandung – Denpasar.

  

Kini setelah mulai beroperasi di beberapa kota di Jawa sejak tahun 2011, rute-rute yang dilayani pun ditambah. Dari Jabodetabek, PO. Gunung Harta Malang per 9 April 2018 mulai melayani Bogor – Surabaya – Pamekasan dan Tangerang (Poris) – Surabaya – Sumenep. Kedua rute ini menyediakan bus kelas eksekutif. “Kami mencoba membuka rute-rute yang masih belum dilayani oleh moda transportasi lain,” kata Yoyok.

Bagi yang belum mengetahui PO. Gunung Harta mungkin bertanya-tanya, ada perusahaan bus yang berbasis di Bali dan punya cabang di Malang tetapi melayani rute Jabodetabek – Madura. Sebenarnya rute Jakarta – Surabaya maupun ke Madura sudah tidak asing lagi bagi PO. Gunung Harta. Jika rute Jakarta – Surabaya dilayani oleh PT. Gunung Harta Solution (Malang), maka PT. Gunung Harta (Singaraja) juga sudah memiliki rute , Denpasar – Surabaya dan Denpasar – Madura. PT. Gunung Harta memiliki kantor perwakilan di Surabaya.

PO. Gunung Harta, khususnya yang berbasis di Malang, di bawah kendali Yoyok, memiliki strategi penetrasi pasar yang unik. Di awal membuka rute di beberapa kota di Jawa, mereka banyak mengandalkan bus-bus bertenaga besar dari pabrikan Golden Dragon. Kini seiring dengan perkembangan usaha, beberapa chassis premium sudah mereka koleksi. Sedikitnya 26 bus mereka memiliki dapur pacu yang bisa menghasilkan tenaga 360 HP ke atas. Ada bus Maxi 2-axle dan 3-axle yang mereka miliki dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Ada enam unit Scania K360IB/4x2, empat unit dilengkapi transmisi Opticruise dan dua lainnya transmisi Comfortshift. Di kelas yang sama, ada delapan unit Mercedes-Benz O 500 R-1836. Sementara untuk kelas di atas 400 HP ada delapan unit Scania K410IB/6x2*4 Opticruise dan empat unit Mercedes-Benz OC 500 RF-2542. Bus-bus premium ini dilengkapi dengan fitur keamanan, keselamatan dan kenyamanan yang tertinggi yang ada di bus-bus yang dipasarkan di Indonesia. Ada Antilock-Braking System (ABS), Electronic Brake System (EBS), Automatic Skid Regulation (ASR) pada Mercedes-Benz atau Traction Control (ETC) pada Scania, Retarder, Air Suspension untuk Scania ada Automatic Level Adjuster, Hill Hold dan Cruise Control, sedangkan khusus untuk Mercedes-Benz OC 500 RF-2542 ada Electronic Stability Program (ESP). “Bus-bus ini kami andalkan untuk mencapai target kami soal ketepatan waktu tiba, selain memang cocok untuk menyambut jalan Tol Trans Jawa,” ujar Yoyok menjelaskan.

Yoyok mengungkapkan, untuk rute Bogor – Pamekasan dilayani oleh Scania K360IB/4x2, sedangkan untuk Tangerang – Sumenep ada Mercedes-Benz O 500 R-1836. Yoyok optimistis jalur baru ini bisa diminati masyarakat. Dia mengatakan, armada yang mereka siapkan untuk layanan baru di jalur itu menjadi tawaran baru bagi pengguna transportasi bus. Strategi yang sama juga diterapkan PO. Gunung Harta saat membuka jalur Bandung – Surabaya – Malang.

Pembukaan rute baru dengan armada bus premium yang dilengkapi fitur-fitur terbaru di Madura menjadi bagian dari rencana penataan jalur dan armada. Secara berurutan, PT. Gunung Harta Solution mengganti armada mereka untuk beberapa jurusan dengan enam unit armada terbaru, empat unit Scania K410IB/6x2*4 Opticruise dan dua unit Mercedes-Benz OC 500 RF-2542. Pada Kamis (22/3/18) PO. Gunung Harta mengumumkan beroperasikan enam unit bus Maxi 3-axle mereka. (naskah : mai/foto : dok. haltebus.com/PO. Gunung Harta)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013