Kamis, 19 Juli 2018 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
MERCEDES-BENZ MENGGALANG KEMAJUAN BERSAMA MELALUI LEBARAN RODSHOW
 
14 Mei 2018


(Bogor – haltebus.com) PT. Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) menggelar Lebaran Roadshow. Meski membawa misi promosi produk serta pengetahuan tentang produk bus Mercedes-Benz di Indonesia, kegiatan keliling enam kota besar di Indonesia ini menjadi ajang temu bisnis pelaku usaha transportasi bus. “Terima kasih atas kehadiran customer, mitra kami mulai karoseri, vendor-vendor terkait bus, semoga pertemuan kita ini bisa membawa kebaikan untuk kemajuan bisnis kita bersama,” demikian disampaikan Deputy Driector Bus Sales Operation PT. DCVI , di Bogor, Selasa (8/5/18) saat menutup rangkaian roadshow yang sudah digelar sejak minggu pertama April lalu.

Semarang menjadi kota pertama yang didatangi tim dari seluruh Divisi di PT. DCVI mulai Sales, After Sales, Training sampai Divisi Teknik yang bertanggungjawab untuk memberikan saran perbaikan. Di Pulau Jawa, selain Semarang, tim bus Mercedes-Benz yang kini berada di bawah bendera PT. DCVI melanjutkan roadshow ke Yogyakarta, Surabaya dan Bandung. Sementara untuk luar jawa ada Medan dan Makassar yang menjadi dua kota dengan populasi perusahaan bus tergolong banyak.

Acara pengenalan produk dan kampanye suku cadang sebenarnya menjadi agenda utama PT. DCVI bersama dealer setempat di beberapa kota yang menjadi target roadshow. Namun, manfaat yang didapat peserta cukup beragam. Saat di penghujung roadshow, misalnya, Asep Wahyudin dan Udin Kurniawan dari PO. Anugerah Mas (Agramas) serius terlibat diskusi tentang transmisi dengan perwakilan Allison Transmission dan ZF.



Kedua orang yang sehari-hari bertanggungjawab dalam perawatan armada bus PO. Agramas itu menanyakan detil perawatan transmisi bus. Mereka mendapatkan informasi yang bisa menjadi solusi dalam menghadapi beberapa hambatan perawatan yang mereka lakukan sehari-hari. “Kami pernah menemui masalah pada transmisi, bahkan sampai harus ganti transmisi. Kami kurang mendapat informasi perawatan transmisi,” demikian yang ditanyakan oleh Asep mendapat kesempatan berdiskusi dengan M. Rizqi Zulqornain dari ZF dan Fadli Sahar dari Allison Transmission.

Terkait dengan perawatan, Fleet Part Service Manager Komang Krisnayuda dari Divisi After Sales dalam penjelasannya mengingatkan pelanggan Mercedes-Benz untuk memperhatikan penggunaan pelumas. Menurut dia, dari beberapa kasus yang mereka catat, spesifikasi pelumas yang digunakan tidak sesuai dengan yang ditentukan oleh Mercedes-Benz. “Sebaiknya bapak ibu sekalian memperhatikan spesifikasi pelumasnya, terutama spesifikasi yang ditunjukkan dengan angka-angka dalam pelumas. Kelihatannya sepele, tetapi jika spesifikasinya tidak pas akan mengakibatkan kerusakan,” katanya.



PT. DCVI tidak hanya sebatas pada mempertemukan pelanggan, membuka diskusi antar pelanggan dan industri pendukung, tetapi juga memberikan kesempatan jika ada vendor terkait bus yang ingin presentasi. Salah seorang tim penjualan dari Karoseri Rahayu Santosa, Samuel terkaget-kaget tak mengira mendapat kesempatan untuk mempromosikan produknya. Walaupun tim Karoseri Rahayu Santosa membawa bus OF-917 versi 9 meter yang baru selesai dibuat. “Duh tadi dicari di atas pak Chris dan pak Andry gak ada, saya bingung diminta presentasi,” begitu di menyampaikan kepada dua Manager Karoseri Rahayu Santosa yang masing-masing bertanggungjawab pada Marketing dan Sales.

Undangan yang hadir dalam Lebaran Roadshow terlihat antusias. Beberapa pengusaha bus saling berdiskusi bertukar informasi dan dengan tekun mengikuti acara mulai dibuka pukul 14.00 sampai berakhir lewat pukul 20.00. Selain karoseri dan transmisi, ada pula seluruh dealer yang ada di wilayah Jabodetabek, ada vendor pendukung seperti pendingin ruangan, karpet lantai bus, pembuat kursi bus.

Yohan Wahyudi dari Karoseri Tentrem memberikan apresiasi positif terhadap pertemuan yang digagas PT. DCVI sejak beberapa tahun terakhir. Menurut dia, dengan pertemuan seperti ini, selain mempertemukan pelaku usaha transportasi bus, yang terpenting adalah bertukar informasi. Sebagai pembuat bus, kata dia, Karoseri Tentrem ingin mendapat masukan dan informasi untuk pengembangan produk. “Saya senang dengan pertemuan semacam ini. Sejauh yang saya tahu ya baru Mercedes-Benz ya. Acara pertemuan seperti ini sangat bermanfaat sekali,” kata dia.

Dua-tiga tahun terakhir, PT. DCVI yang dulunya PT. Mercedes-Benz Distribution Indonesia mulai menunjukkan perkembangan penjualan yang signifikan. Selain membuka komunikasi dengan pelanggan, memberikan apresiasi untuk pelanggan, membuka peluang bisnis bersama pelaku usaha pendukung industri transportasi bus juga mereka kembangkan. Selama periode yang sama, dari hasil komunikasi dengan pelanggan, mereka mulai meramu strategi baru yang tergambar pada dua produk yang ditawarkan pada Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIIMOVEC), awal Maret lalu. Dua chassis bus baru, yakni O 500 RS-1836 dan OF-1623 siap meluncur di pasar Indonesia pada tahun 2018. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013