Sabtu, 15 Desember 2018 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
JELANG MUDIK IDUL FITRI, YUK INTIP INTERIOR BUS PO. SINAR JAYA YANG KHAS
 
27 Mei 2018


(Jakarta – haltebus.com) Sudah menjadi tradisi di sebagian perusahaan bus di Indonesia, selalu mengeluarkan bus-bus baru menjelang musim liburan Idul Fitri. Salah satu yang memiliki tradisi itu adalah PO. Sinar Jaya. Operator bus yang banyak melayani rute dari Jabodetabek, Lampung dan Bandung ke kota-kota di Jawa Tengah itu menyiapkan 25 Unit bus menyambut musim liburan Idul Fitri tahun ini.

“Ada bus yang disiapkan dengan toilet ada juga yang non-toilet. Saya lupa rinciannya, pembagiannya sekitar 12 dan 13,” kata Penanggungjawab Marketing PO. Sinar Jaya, Eko Yulianto yang ditemui haltebus.com di Terminal Terpadu Pulogebang, Rabu (16/5/18) lalu.

Tiga unit bus model Jetbus 3 yang diparkir di Terminal Terpadu Pulogebang saat itu, baru saja keluar dari Karoseri Adiputro beberapa hari sebelumnya. Ketiga Bus Hino RK8J R-260 dihadirkan ke terminal yang disebut sebagai terbesar di Asia Tenggara itu untuk pengambilan gambar bersama PT. Hino Motors Sales Indonesia.



Dilihat dari luar tidak ada yang istimewa dari model bus terbaru yang baru dua bulan diluncurkan Karoseri Adiputro itu. Berkaca depan ganda, lampu depan lebih lebar dari sebelumnya, serta lampu sein yang menyala secara berurutan dalam satu rangkaian lampu LED.

Bagi pelanggan setianya, interior bus PO. Sinar Jaya sudah sangat akrab dengan mereka. Meski terbilang berkapasitas tempat duduk maksimal, yakni 40 kursi, ada ciri khas yang menarik. Kursi dibuat lebih menjorok ke depan dalam posisi tegak dibandingkan dengan pabrikan kursi lain. Sandaran kepala dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menyangga kepala dari sisi kiri dan kanan. Cukup sedikit direbahkan, sandaran kursi sudah pas di punggung sesuai ergonomik kebanyakan orang Indonesia.



Dalam satu kesempatan, Penanggungjawab Perawatan Body dan Interior Bus PO. Sinar Jaya, Asep Supriyatna mengungkapkan, mereka memesan kursi secara khusus. Kursi buatan PT. Toyota Boshoku Indonesia (TBIna) mereka pilih untuk mengisi interior bus. Menurut dia, PO. Sinar Jaya membutuhkan spesifikasi kursi khusus agar nyaman untuk pelanggan, kuat dari sisi konstruksi dan bahan, serta bisa memenuhi permintaan mereka dalam jumlah besar.

Maklum armada bus PO. Sinar Jaya di bawah bendera PT. Sinar Jaya Megah Langgeng dan PT. Sinar Jaya Langgeng Utama untuk bus pariwisata dan antar jemput karyawan cukup banyak. Sedikitnya 1.200 unit bus yang harus dirawat oleh tim yang dikepalai Asep. “Untuk kursi kami sudah coba ke sana- sini, yang cocok ya di TBIna, dan mereka membuat kursi bus besar juga baru-baru saja, karena kami yang pesan,” ujar Asep.

Jika kita menilik kapasitas angkut untuk 40 penumpang, membuat kita berpikir jarak kursi di dalam busnya pasti sempit. Kursinya tak nyaman dan duduk pun semakin tak nyaman. Namun kenyataannya, saat haltebus.com mencoba duduk di berbagai titik di dalam bus terasa nyaman. Dasar kursi berbusa tebal, sandarannya meski terlihat tipis tetapi pas dipunggung. Begitu juga dengan sandaran kepala yang terlihat menjorok ke dalam.

Ketika haltebus.com duduk di kursi buatan TBIna itu, tak merasa tertekan karena masalah jarak kursi. Memang harus diakui jarak antar kursi relatif rapat, tetapi kemiringan maksimal sandaran kursi tak sampai menekan tungkai penumpang di belakangnya. Tuas pengatur sandaran kursi juga mudah dijangkau. Bentuknya tak seperti tuas yang banyak ditemui pada umumnya kursi bus. Ada juga sandaran tangan yang bisa dilpat.

Keunikan yang lain, ketika sandaran kursi direbahkan ke depan, kursi terlihat rata. Pelanggan PO. Sinar Jaya sering memposisikan sandaran kursi seperti ini, terutama saat bus dalam keadaan kosong penumpang. Mereka dengan santainya menaruh kaki ke punggung belakang kursi. Persis seperti layaknya naik bus di kelas Super Eksekutif yang kursinya memiliki bersandaran kaki.

“Pernah suatu ketika kami menemukan ada kantong kursi, di belakang sandaran kursi, dalam keadaan sobek. Setelah diteliti, ya begitulah….,” kata Asep menjelaskan ihwal kursi pesanan khusus yang mereka harapkan.

Fasilitas lain yang baru pada 25 unit bus PO. Sinar Jaya adalah adanya slot pengisi daya untuk batere telepon seluler. Letaknya di atas kepala penumpang. Tepat di tengah, di antara dua penumpang. “Kalau kemarin kebanyakan slot USB charger ada di dinding bus sekarang dipindah ke atas, supaya bisa lebih mudah dijangkau penumpang, ya yang duduk di sisi gang maupun di sisi kaca bisa sama-sama nyaman,” kata Eko.
 
PO. Sinar Jaya dikenal memiliki pelanggan yang setia. Dengan tiket yang murah, armada bus yang nyaman. Interior terbaru ini tentu semakin menambah kenyamanan pelanggan. Perusahaan yang memiliki garasi terbesar mereka di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat selalu berhitung dengan efesiensi operasional. Mulai dari perawatan sampai target harian : jangan sampai bus mogok di perjalanan.


Kesiapan armada menjadi tolok ukur mereka dalam melayani pelanggan, sehingga hasil optimal bisa didapat. Karena itu meski membuat bus di berbagai karoseri di Indonesia, mereka mendesain seluruh armadanya agar mudah dirawat. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013