Minggu, 24 Juni 2018 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
VOLVO 9900 DILUNCURKAN, KELAS TERTINGGI BUS PREMIUM VOLVO
 
02 Juni 2018


(Jakarta – haltebus.com) Volvo Bus memperkenalkan bus model terbaru untuk kebutuhan rute reguler maupun wisata di kelas coach. Tidak hanya sekedar tampilan, bus yang diposisikan pada kelas termewah ini menggantikan posisi Volvo 9700 di tempat teratas produk premium Volvo Bus. Bus model baru yang diperkenalkan adalah Volvo 9900.

“Kami telah melakukan pembaruan terbesar dari rentang produk coach di Eropa yang kami (produksi) dalam beberapa dekade. Perubahan tersebut mencakup semua (aspek) dari struktur kendaraan dan properti penggerak dengan desain moderen yang benar-benar baru. Ini adalah platform baru untuk coach yang dibangun di atas konsep integral. Saya yakin bahwa pelanggan dan penumpang akan mengapresiasi hasilnya, ”kata President of Volvo Buses, Håkan Agnevall, dalam rilis Selasa (29/5/18).

Volvo mengedepankan banyak aspek dalam mendesain Volvo 9900. Prinsip desain top-of-the-line (standard yang tinggi) mereka kedepankan. Model yang aerodinamis dan berpengaruh pada penghematan bahan bakar menjadi titik berat di sisi desain eksterior. Faktor keamanan berkendara juga diklaim Volvo ada di level teratas. Semua aspek premium yang melekat pada bus kelas coach dari Volvo yang terbaru ini menjadi lompatan besar mereka di dunia transportasi bus.

Hadirnya Volvo 9900 melengkapi jajaran bus premium Volvo yang sudah memiliki versi Volvo 9700 sebelumnya. Kedua model ini bisa diaplikasikan untuk kebutuhan bus wisata maupun bus regular antar kota atau jarak jauh seperti antar negara.

Apa saja yang ditawarkan Volvo 9900? Volvo menggambarkan tingkat kenyamanan, kemewahan dan keamanan yang mereka tawarkan seperti investasi. Bodi bus yang dirancang dengan tingkat isolasi yang tinggi menawarkan pengalaman berada di dalam bus tanpa kebisingan dari suara di luar bus. Getaran interior yang rendah dan pengatur udara di dalam ruang yang baru memberikan suhu udara yang nyaman di dalam kabin penumpang. Volvo menyebutnya, “Suasana di dalam bus bisa terlepas sama sekali dari kondisi luar bus.”

Masih di sisi interior, Volvo menawarkan kursi penumpang yang ergonomis yang didesain oleh mereka. Tim desain Volvo juga menekankan pentingnya kualitas visual dan sentuhan di dalam bus. Skema warna yang dilipih adalah yang bisa membuat suasana tenang dan seimbang. Interior dibalut dengan kombinasi kain dan kulit yang tinggi dengan menampilkan detail aksen logam. Sederhananya, interior dirancang untuk memberikan pengalaman premium dalam segala hal yang bisa dirasakan penumpang.

"Kami telah bertekad untuk menciptakan kesan keseluruhan fungsional, ramah dan mengundang modern dengan karakter yang kuat," kata Director of Desain Volvo Buses, Dan Frykholm.

Bagaimana dengan struktur bus Volvo 9900 dibandingkan dengan generasi sebelumnya? Eksterior aerodinamis dengan panel dengan lekukan halus dan sudut membulat menghasilkan resistansi udara yang sangat rendah. Berat kotor telah dikurangi 350 kg karena penggunaan bahan yang lebih ringan. Konsumsi bahan bakar dan emisi CO2 bisa ditekan hingga empat persen lebih rendah. Angka empat persen mungkin terlihat kecil, tetapi jika dihitung, penghematan yang cukup besar. Volvo mengklaim selisih yang dihasilkan jika dikonversi jarak tempuh bisa mencapai antara 100.000 dan 300.000 Km per tahun.

Apalagi Volvo juga menawarkan Dynamic Chassis Lowering dan Volvo I-See, pelanggan dapat menghemat lebih banyak bahan bakar. Volvo I-See adalah fitur yang melekat pada transmisi yang bisa mengatur kinerja mesin disesuaikan dengan topografi jalan yang dilalui.

Ketinggian keseluruhan bus selisih 12 cm lebih tinggi dari sebelumnya. Volvo mengungkapkan, selisih ketinggian itu menciptakan ruang untuk kompartemen bagasi yang lebih besar. Namun, ketinggian ruang kabin penumpang juga tidak terkurangi. Lantai di dalam bus dibuat model lantai teater miring, dengan posisi semakin ke belakang semakin tinggi, yang diiringi dengan panel kaca besar.

Desain posisi ruang penumpang seperti ini menciptakan visibilitas yang baik, untuk ke arah depan dan sisi samping bus. Plafon di kompartemen penumpang delapan sentimeter lebih tinggi dari sebelumnya. Transisi antara dinding dan langit-langit juga menambah pengalaman interior yang jauh lebih luas.

Sementara itu, untuk kabin pengemudi ada beberapa hal yang baru. Desain setir dan panel instrumen dibuat baru. Desain kabin pengemudi mengutamakan aspek kenyamanan pengemudi dengan membuat seluruh panel instrument terintegrasi sehingga memudahkan dalam menjalankan bus. Posisi kabin juga memberi privasi untuk pengemudi yang dibutuhkan untuk bekerja tanpa gangguan dan dengan kontrol penuh.

Walaupun Volvo Bus mengklaim Volvo 9900 menjadi bus dengan kelas terbaru dan memiliki fitur terbaru dari bus premium, namun ada satu hal dari model itu yang masih mempertahankan spesifikasi bus Volvo 9700. Di sisi dapur pacu, kedua model ini masih menggunakan mesin Volvo D11 Euro 6. Ada dua pilihan tenaga yang dihasilkan, yakni 430 HP dan 460 HP. Sistem transmisi I-Shift juga tertanam untuk kenyamanan yang lebih baik.

Volvo 9900 diproduksi dalam varian panjang 12 meter, 13 meter dan 14 meter. Konfigurasi poros roda juga sama dengan versi Volvo 9700 yakni 2-axle (4x2) dan 3-axle (6x2). Perbedaan keduanya hanya pada ketinggian, Volvo 9900 3,85 meter sementara Volvo 9700 3,65 meter. Lantai model teater juga menjadi pembeda Volvo 9900 dari versi sebelumnya.

Sistem keamanan dan keselamatan Volvo 9900 berbasis Driver Alert Support Systemaims terbaru cukup canggih. Sistem ini bekerja mencegah kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi yang lelah atau lalai. Sistem memonitor perilaku mengemudi dan posisi bus. Tolok ukurnya posisi jalan dan tepi jalan. Ketika pengemudi mengantuk atau terdeteksi tidak memperhatikan posisi bus, sistem peringatan pengemudi muncul di panel instrumen yang disertai suara.

Ada juga fitur baru perlindungan benturan depan yang lebih kuat (Front Impact Protection/FIP) dengan kemampuan penyerapan energi yang lebih tinggi saat benturan. Panel kaca di bagian bawah pintu depan juga bisa memudahkan pengemudi mendeteksi pengguna jalan lain yang dekat dengan bus.

Tim desainer dan engineering Volvo Bus menciptakan Volvo 9700 dan Volvo 9900 untuk masa pakai yang panjang yang produktif. Aspek hemat bahan bakar, ramah lingkungan, juga stabilitas berkendara mereka wujudkan dalam desain kendaraan. Titik beratnya pada bobot yang lebih ringan, ketahanan korosi yang lebih baik serta bentuk aerodinamis yang kuat.

“Kami bercita-cita menjadi mitra bisnis terbaik pelanggan kami, dengan fokus yang kuat pada biaya siklus hidup, waktu aktif, dan keandalan. Dengan semua coach yang baru dan modern serta layanan fleksibel, kami menawarkan proposisi nilai holistik yang sangat kompetitif ke pasar. Sederhananya, kami mempermudah para pelanggan kami untuk memberikan layanan terbaik dan menghasilkan uang, ”kata Håkan Agnevall mantap. (naskah : mai/foto : volvobuses.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013