Rabu, 19 September 2018 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BELANJA DI PUSAT KOTA BISA NAIK BUS GRATIS!
 
23 Juli 2018


(Jakarta – haltebus.com) PT. Transjakarta menambah rute baru untuk bus wisata gratis. Kali ini yang ditambah adalah rute wisata belanja BW (Bus Wisata) – 7 di Koridor Jalan Prokotol Jakarta mulai Bundaran HI hingga Senayan. Rute terbaru itu tidak sama dengan rute yang sudah ada sebelumnya, walaupun di koridor yang berimpitan.

“Menjadi pemandangan umum di setiap akhir pekan, kendaraan pribadi roda empat menumpuk di depan pusat perbelanjaan yang berada pada Jalan M.H. Thamrin, Atas kondisi itu, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyediakan layanan Jakarta Shopping (Belanja Jakarta) untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin berbelanja dengan nyaman,” ujar Humas PT. Transjakarta, Wibowo, Jumat (20/7/18) di Jakarta.

Jika sebelumnya ada rute BW-4 untuk Pasar Baru – Monas – Jalan. MH. Thamrin sampai Bundaran Senayan. Sementara untuk rute BW-7 yang baru diumumkan pekan lalu, lebih spesifik menyasar pusat-pusat perbelanjaan di seputar Bundaran HI-Bundaran Senayan melalui Jalan Pintu Satu Senayan hingga Jalan Asia-Afrika. Di ujung utara, BW-7 akan mengawali perjalanan dari kawasan Bundaran HI, tepatnya di pusat perbelanjaan Grand Indonesia. Sementara di Selatan, titik keberangkatan ada tepat di halte depan pusat perbelanjaan Senayan City.
 
PT. Transjakarta mengoperasikan dua unit bus tingkat untuk rute BW-7. Sementara di rute BW-4 yang berimpitan ada sedikitnya juga dua unit per hari. Kedua rute ini beroperasi setiap hari Senin – Jumat mulai pukul 10.00 – 18.00. Sementara khusus hari Sabtu jam operasional bus BW-7 lebih panjang dibandingkan BW-4. Jika BW-4 beroperasi dari jam 10.00 – 18.00, maka BW-7 beroperasi jam 10.00 – 22.00. Di hari Minggu jam operasional kedua rute ini sama yakni jam 12.00 – 19.00 WIB

Nah karena hanya ada sedikitnya empat unit Bus Wisata yang beredar di sepanjang koridor Bundaran HI hingga Bundaran Senayan, warga kota Jakarta harus bersabar untuk bisa naik bus tingkat. Jika ingin sedikit lebih cepat, masih ada bus low entry GR-1 dengan rute Harmoni – Bundaran Senayan. Mau lebih cepat lagi, harus bayar Rp. 3.500 untuk naik Transjakarta Koridor I, Blok-M-Kota atau Koridor lain yang melalui Bundaran Senayan – Bundaran HI.

Pilihan naik bus di dalam Koridor Transjakarta maupun di luar Koridor di sepanjang Jalan M.H. Thamrin dan Jalan. Jend. Sudirman semakin bertambah dengan kehadiran BW-7. Rute ini juga melengkapi rute Bus Wisata yang sudah ada di Jakarta. Ada BW-1 Sejarah Jakarta, BW-2 Jakarta Baru, BW-3 Seni dan Kuliner, BW-4 Pencakar Langit Jakarta, BW-5 Ruang Terbuka Jakarta dan BW-6 Cagar Budaya. Nama rute untuk BW-7 adalah Belanja Jakarta. Ada dua rute yang hanya beroperasi di akhir pekan, yakni rute BW-3 dan BW-6.

Nama BW-7 Jakarta Shopping sangat cocok dengan karakter rute yang dilalui. Sedikitnya ada 11 pusat perbelanjaan yang dihubungkan dengan rute ini. Selain Grand Indonesia dan Senayan City, ada Plaza Senayan, Ratu Plaza serta FX Sudirman. Sementara itu, masih ada enam pusat perbelanjaan yang harus ditempuh dengan berjalan, sedikitnya lima menit, dari pemberhentian terdekat. Ada Plaza Indonesia, Thamrin City, Sarinah, Plaza Semanggi, Pasific Place, dan Citywalk Sudirman. 

Hingga saat ini jumlah bus tingkat yang beroperasi di Jakarta ada 18 unit per hari, dari sekitar 27 unit bus yang dimiliki PT. Transjakarta. Di masing-msaing rute minimal ada dua unit bus yang beroperasi. Dari rute BW-1 sampai BW-7, sebagian besar memiliki rute yang bersinggungan. Sementara hanya rute BW-5 Ruang Terbuka Jakarta yang bertujuan akhir di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo dan BW-6 Cagar Budaya yang berakhir di Makam Mbah Priok yang memiliki jarak lebih jauh di antara rute-rute lainnya. (naskah : mai/foto-foto : mai/dok.PT. Transjakarta)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013