Sabtu, 15 Desember 2018 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
PT. RIMBA KENCANA PERKENALKAN HAI LEWAT GIIAS 2018
 
13 September 2018


(Jakarta – haltebus.com) Setelah lebih dari sepuluh tahun mengembangkan produk, akhirnya PT. Rimba Kencana memantapkan diri untuk memperluas jangkauan di industri transportasi bus di Indonesia. Untuk pertama kalinya, mereka tampil di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018. “Kami memang kemarin-kemarin ingin fokus dulu di lini produksi. Kami mencoba mengembangkan desain dan produk kami. Begitu dirasa sudah cukup mantap lini produksi, barulah kami memberanikan diri,” kata Direktur PT. Rimba Kencana Permadi, kepada haltebus.com di arena GIIAS 2018, Jumat (10/8/18).

Permadi mengungkapkan, ada dua hal yang menjadi perhaatiannya dalam memproduksi kursi bus yang diberi merek Hai, yakni kualitas produk dan jumlah produksi yang bisa dihasilkan. Dari sisi kualitas, dia menjelas, kursi Hai harus memiliki desain dengan standar kualitas yang baik, memiliki ciri khas atau berbeda dari produk kursi produsen lain serta desain yang diminati pasar. Sementara dari sisi produksi, dia selalu memperhatikan kecepatan produksi, kuantitas produk yang dihasilkan dengan standar yang sama dalam jumlah besar.

Kehati-hatian ini diterapkan oleh Permadi yang mewarisi usaha yang dirintis mendiang ayahnya Tanto Wadimuljo. PT. Rimba Kencana awalnya memasok suku cadang untuk kebutuhan karoseri bus. Namun pada tahun 2006, mulai membuat kursi untuk bus. Keberanian memunculkan produk kursi ini sebetulnya sudah dimulai pada 2010 lalu, sayangnya Permadi dan ayahnya perlu memastikan produknya bisa siap di pasaran. “Saya tidak mau terburu-buru, desainnya kami siapkan dulu, modelnya diterima pasar, masukan pelanggan sanagat berharga untuk pengembangan produk kami selama ini,” kata Permadi diplomatis.



Workshop PT. Rimba Kencana, menurut Permadi, kini bisa menghasilkan lebih dari 50 set kursi bus per bulan. Satu set kursi bus antara 20-59 kursi, tergantung keinginan pelanggan. Pesanan kursi itu, kata dia, datang dari karoseri maupun pelanggan langsung. Beragam jenis kursi, mulai kursi microbus, medium bus hingga berbagai jenis kursi bus besar sudah bisa diproduksi secara massal.

Menurut Permadi, dari hasil observasi dan pengembangan desain produknya, kursi yang paling banyak diminati adalah kursi jumbo. Bentuknya khas, membulat di sandaran tangan, busa lebih tebal dengan sayap di sisi sandaran kepala. Kursi jumbo ini diproyeksikan untuk bus dengan konfigurasi tempat duduk 2-1. Namun kenyataannya tidak sedikit perusahaan bus yang memesan kursi ini untuk bus dengan konfigurasi 2-2. “Ketebalan busa bisa diatur sesuai keinginan pelanggan. Pelanggan pertama yang menggunakan kursi ini PO. BeJeU dan PO. M Trans,” kata Permadi.



M. Rofiuddin dari PO. BeJeU yang kebetulan mengunjungi GIIAS 2018 mengungkapkan, pihaknya senang bisa bekerja sama dengan PT. Rimba Kencana. Menurut dia, kursi Hai yang terbaru ikut memberi nilai tambah pada armada busnya di mata penumpang. Beberapa armada bus PO. BeJeU dengan chassis Scania yang identik dengan bus premium, kata dia, menggunakan kursi jumbo dari PT. Rimba Kencana ini. “Alhamdulillah penumpang langganan kami senang dengan bus dan kursi yang kami gunakan. Komentarnya mereka, kurisnya nyaman,” kata pria yang akrab disapa mas Udin itu.

Kursi jumbo Hai ini menjadi daya tarik pengunjung di jejeran kursi yang dipamerkan Permadi. Di setiap kursi jumbo disediakan meja lipat yang tersimpan di dalam sandaran tangan. Varian terbaru desain kursi yang dipamerkan Permadi ada dua, yakni kursi yang bisa ditambah dengan LCD di setiap sandarannya dan kursi dengan sandaran yang bisa diatur dengan motor listrik.

  

Sekarang, Permadi sudah mantap menyambut pelanggan dengan varian-varian kursi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan transportasi di Indonesia. Tidak hanya memimpin PT. Rimba Kencana, dia juga memimpin sendiri tim desain sekaligus produksi. Hal itu dilakukannya untuk memastikan kualitas kursi yang dihasilkan sesuai yang dijanjikan ke pelanggan. (nakah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013