Selasa, 19 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
KONTES BUS TUA PERAYAAN ULANG TAHUN PLAXTON
 
24 Agustus 2019


(Jakarta – haltebus.com) Rally bus tua sudah sangat lazim diadakan di Inggris. Selama setahun mulai awal April hingga September, hampir di setiap akhir pekan diadakan kegiatan ini di seluruh Inggris. Biasanya kegiatan rally bus tua disiapkan oleh komunitas pelestari bus di sana, Kamis (8/8/19) lalu di Scarborough ada rally khusus.

Kali ini kegiatan yang diadakan oleh Alexander Dennis Ltd dalam rangka menyambut 112 tahun berdiri nya bus Plaxton. Nama Plaxton cukup dikenal di Inggris, sejak tahun 2007, Plaxton menjadi bagian dari Alexander Dennis Ltd. “Ini perayaan yang membuat Plaxton begitu bagus dan kami menyambut dengan senang hati terhadap besarnya dukungan yang kami terima dari industry (transportasi) ini dan membuat semua bisa terwujud,” kata Retail Sales Director for Bus & Coach, Alexander Dennis Ltd, Richard Matthews.

Berdiri di tahun 2004 dan berbasis di Labert, Skotlandia, Alexander Dennis Ltd adalah salah satu perusahaan yang menjadi bagian dari New Flyer Industries Group Inc, Kanada. Perayaan ulang tahun ke-112 Plaxton ini menandai sejarah panjang bus di Inggris sekaligus menjadi momen penting bagi eksistensi Alexander Dennis Ltd. Mengapa? Karena dalam rally yang diadakan banyak bus-bus Plaxton yang menarik yang masih beroperasi di usianya yang tidak muda lagi.

Alexander Dennis Ltd juga membuka kesempatan bagi pemilik bus berusia muda untuk berpartisipasi dalam kegiatan rally ini. Alhasil, tercatat 42 unit bus dari 32 operator bus ikut serta dalam rally yang juga menjadi ajang kompetisi antar bus peserta. Apa yang dikompetisikan? Ada penilaian berdasarkan People Choice dan Best in Rally yang juga dinilai oleh juri yang ahli di industri bus.

Bus-bus dikategorikan dalam kelompok tahun pembuatan. Untuk ketegori sebelum tahun 1964 bus milik Johnson Bros. model Panorama VAL dari tahun 1963 menjadi yang terbaik di kategori ini. Sementara untuk kelompok bus antara tahun 1965–1979, Kenzies Coaches lansiran tahun 1965 model Panorama VAL merajai kelasnya. Di kategori tahun1980–1991, Sharpes of Nottingham buatan tahun 1981 model Supreme IV terpilih sebagai yang terbaik. Untuk kategori pembuatan antara tahun 1992–2010, ada Henry Cooper Coaches buatan tahun 1996 model Excalibur menjadi jagonya. Bus terbaik di kategori tahun 2011 – sekarang adalah milik Country Lion buatan tahun 2017 model Elite.









Di luar lima kategori itu, masih ada penghargaan People Choice yang diraih bus milik Acklams Coaches buatan tahun 2017 Plaxton model Elitei. Bus yang menjadi yang terbaik secara keseluruhan dan meraih Best in Show adalah bus milik Johnson Bros. buatan 1tahun 963, Plaxton model Panorama VAL. “Selamat untuk para pemenang, terima kasih kami dengan tulus atas keikutsertaan semua yang telah berpartisipasi dalam kesempatan yang unik ini. Saya tidak bisa merasakan kebanggaan, sebesar tim yang sudah menyiapkan kegiatan yang fantastis ini,” kata Matthews.

Dalam acara itu hadir 500 tamu yang menjadi bagian dari kegiatan yang juga ditujukan sebagai bentuk rasa terima kasih yang sudah mendukung Plaxton selama ini. Mereka juga diajak untuk melihat dari dekat proses produksi Plaxton. Scarborough adalah pusat produksi Plaxton yang menjadi basis bus Plaxton selama berdiri, sebelum bergabung dalam bendera Alexander Dennis Ltd.



Dalam kesempatan itu, selain acara perayaan dan kompetisi bus Plaxton dari masa ke masa, ada pula acara pengumpulan dana. Matthews dan tim nya berterima kasih kepada para tamu yang sudah mengumpulkan sumbangan sebesar £1,800 atau sebesar Rp. 30 juta (kurs £1 = Rp. 17.100). Sumbangan ini diserahkan pada tim Royal National Lifeboat Institution (Badan Penyelamat Pantai Kerajaan) Inggris untuk perwakilan di Scarborough dan Rumah Sakit Saint Catherine.

Di Inggris, kegiatan bernostalgia dengan bus-bus tua menjadi kegiatan rutin yang digelar sepanjang masa. Tidak sedikit bus-bus berumur lebih dari 50 tahun, masih terawat dengan baik. Dekat dengan transportasi, seperti bus, menjadi budaya mereka yang dilestarikan secara turun-temurun. Di luar perusahaan bus yang memiliki sejarah panjang di Inggris, seperti peserta rally bus Plaxton, banyak komunitas pelestari bus yang aktif merawat bus-bus tua. Bahkan, mereka juga memiliki kegiatan merestorasi bus-bus tua melalui kegiatan yang didanai sejumlah donatur. (naskah : mai/foto : alexander-dennis.com/North East Preservation Society)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013