Jumat, 16 November 2018 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
USUNG KONSEP BARU, FIRST GLASGOW LUNCURKAN BUS DALAM KOTAK
 
18 Oktober 2018


(Jakarta – haltebus.com) Banyak cara menarik untuk memperkenalkan produk terbaru sebuah perusahaan. Operator bus Skotlandia, First Glasgow memilih cara yang unik untuk menandai peluncuran 75 unit armada bus terbaru mereka untuk kota Glasgow, Senin (9/10/18) lalu.

“Bus-bus baru ini merupakan investasi yang signifikan untuk kota Glasgow menuju peningkatan layanan bus. Kami senang meluncurkan bus baru ini ke rute regular mulai besok (10 Oktober) di 75 jalur layanan kami dari Castlemilk ke Milton menyusul rute lain,” ujar Managing Director First Glasgow, Andrew Jarvis dalam sambutannya.

Bus yang menjadi simbol peluncuran dikemas di dalam kemasan kotak menyerupai kotak mainan. Meski bus yang dikemas itu adalah bus tingkat setinggi 4 meter, tak menyurutkan langkah operator bus terbesar di Glasgow mengemasnya. Ini adalah peluncuran yang pertama dari kendaraan baru mereka dengan teknologi terbaru. Bus yang diluncurkan adalah Alexander Dennis Enviro 400 yang menyandang mesin berstandar emisi Euro VI.

Mengapa mengusung konsep yang lain dari yang biasanya? Bus First Glasgow ini menjadi awal baru First Glasgow yang ditandai perubahan corak pada bodi bus. Jika sebelumnya warna bus hanya terdiri dari putih dan ungu, kini ada perpaduan warna kuning, putih dan ungu yang unik. Perubahan tampilan ini mengawali konsep yang diusung. Bus baru berarti : lebih mudah, lebih nyaman dan lebih ramah lingkungan.

Konsep acara peluncurannya juga terbilang santai, di tengah kota Glasgow yang menjadi ikon kota itu. Dengan kotak yang tinggi, siapapun yang melihat diajak berimajinasi, apalagi kalau bukan kotak mainan. Peluncuran bus juga diisi dengan hiburan dari Busker Tommy McGuire dan Radiophonic Tuckshop yang digawangi oleh Joe Kane.

Bus baru dari First Glasgow ini adalah bagian dari investasi 14 juta poundsterling dan seluruhnya dibeli dari Alexander Dennis Limited yang berbasis di Falkirk. Direncanakan seluruh bus itu beroperasi pada rute dari Castlemilk ke Milton dan juga rute lain dalam beberapa minggu atau bulan mendatang. Sebanyak 75 bus akan dioperasikan di Zona Rendah Emisi baru di seluruh kota yang berlaku Desember.

First Glasgow menghadirkan pengalaman baru bagi pelanggan di dalam seluruh layanan mereka. Pembayaran tiket bisa dilakukan dengan cara non-tunai, mulai penggunaan kartu hingga pembayaran melalui telepon seluler. Layanan ini juga didukung dengan aplikasi yang berisi jadwal perjalanan, sehingga pelanggan bisa merencanakan perjalanannya dengan mudah.

“Bus baru ini hanyalah awal dari peningkatan skala luas yang kami buat di seluruh bisnis kami untuk meningkatkan layanan dan memberikan standar yang lebih baik untuk semua orang di kota ini. Saya bangga mengumumkannya hari ini bersama warga Glasgow dan mudah-mudahan lebih banyak orang sekarang akan mencoba bus baru kami, dan melihatnya sebagai alternatif nyata untuk tidak menggunakan mobil,” kata Jarvis.

Apa yang ditawarkan Jarvis dan timnya cukup menarik, sebagai kompensasi Zona Rendah Emisi di Glasgow. Bus Double Decker Enviro 400 MMC dilengkapi dengan pengisi daya listrik USB, tempat duduk kulit yang nyaman dan WIFI gratis. Bus juga dilengkapi dengan filter partikel diesel Euro VI terbaru. Masih ada lagi tawaran lain, yakni mesin yang ramah lingkungan karena dilengkapi dengan tombol start/stop saat beroperasi. First Glasgow menawarkan pengalaman pelanggan yang berebeda dari sebelumnya.

Anggota City Convenor for Sustainability and Carbon Reduction, Anna Richardson, menilai udara yang lebih bersih adalah prioritas untuk Glasgow. Dia mengaku senang kota itu menjadi kota pertama di Skotlandia yang memiliki Zona Rendah Emisi akhir tahun ini. Menurut dia, Zona Rendah Emisi di Glasgow akan mengurangi emisi kendaraan berbahaya dan membuat pusat kota menjadi tempat yang lebih aman dan menyenangkan. “Industri bus telah bekerja sama erat dengan dewan untuk memastikan pengiriman fase pertama Zona Rendah Emisi dan saya senang mendengar investasi First Glasgow telah dibuat untuk armadanya sebelum pelaksanaan,” katanya.

Menurut Richardson, kerja sama kemitraan adalah kunci untuk meningkatkan layanan yang vital bagi kehidupan warga Glasgow yang akrab disebut Glaswegians. Dia menambahkan, meski fase pertama dari Zona Rendah Emisi Glasgow hanya berlaku untuk layanan bus lokal, mereka berkomitmen untuk meningkatkan kualitas udara hingga akhir tahun 2022. Standar emisi gas buang yang ketat, kata dia, diperlukan untuk memasuki Zona Rendah Emisi Glasgow dan akan berlaku untuk semua kendaraan.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet untuk urusan Transportasi, Infrastruktur dan Konektivitas, Michael Matheson mengatakan, layanan bus memainkan peranan penting dalam sistem transportasi. Dia mengungkapkan, PPemerintah Skotlandia bekerja dalam kemitraan dengan operator untuk meningkatkan lingkungan dan kualitas udara di kota-kota kami dengan armada yang lebih ramah lingkungan. “Sangat menggembirakan melihat peluncuran perdana ini,” ujarnya. (naskah : mai/foto : FirstGlasgow/Alexander Dennis)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013