Senin, 22 April 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BEKERJA DI ATAS SEBUAH BUS? TIDAK MASALAH
 
11 Februari 2019


(Jakarta – haltebus.com) Kemacetan di jam-jam kebanyakan pekerja kantoran berangkat dan pulang bekerja menjadi momok sehari-hari. Di Jakarta, misalnya, perjalanan dari rumah menuju kantor bisa jadi ditempuh dalam waktu satu jam atau lebih. Para pekerja harus berangkat lebih awal jika ingin nyaman di perjalanan dan tidak terjebak macet. Tidak menentunya waktu perjalanan akibat kemacetan lalu-lintas juga menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja ini.

Di Belgia, bayang-bayang jam sibuk yang melelahkan, bisa terkurangi dengan adanya layanan Office on Wheels atau kantor di atas roda dalam hal ini di atas bus. Dalam laman resmi Office on Wheels disebutkan, program kantor di atas bus yang dikhususkan untuk pekerja kantoran ini diinisiasi Asosiasi Pengusaha Bus dan Coach Profesional Belgia (BAAV). Dalam operasionalnya, Office on Wheel didukung oleh Agensi Untuk Inovasi dan Kewirausahaan Belgia (VLAIO) dan Antwerp Management School.

Ide dasarnya adalah membuat tingkat kehidupan masyarakat lebih baik. Bekerja lebih nyaman, kemacetan bisa dikurangi, juga polusi udara. Seperti halnya kota yang sibuk dengan kegiatan bisnis, kota-kota di Belgia juga memiliki masalah yang sama di jam-jam sibuk, yakni volume kendaraan yang tinggi yang berimbas pada kemacetan lalu-lintas. Program Office on Wheels menyediakan segala kebutuhan para profesional di saat mereka menuju kantornya sehingga waktu yang mereka miliki bisa dimanfaatkan secara efektif.
 
Apa saja yang ada di dalam sebuah bus Office on Wheels? Pada dasarnya tak jauh berbeda dengan apa yang dibutuhkan di sebuah kantor, hanya saja bentuknya mengikuti kabin bus yang tentunya tidak sebesar kantor. Ada sambungan internet yang stabil, tempat duduk yang dilengkapi meja untuk membuka komputer jinjing yang disesuaikan dengan kebutuhan bekerja di perjalanan, pengisi daya listrik, air minum dan kopi serta toilet.

Jika dibutuhkan, Office on Wheels bisa berubah sepenuhnya seperti layaknya suasana kantor. Bisa disiapkan ruang pertemun, printer, proyektor dan layarnya. Cukup efisien untuk professional yang tidak ingin kehilangan waktu bekerja saat di perjalanan. Bus-bus yang digunakan cukup dikenal sebagai bus premium di Eropa, ada Vanhool TX Series, MAN Lions dan VDL Futura.

“Office on Wheels sederhana dan mewah, serta membuat kita bisa bekerja tanpa stress. Selama di dalamnya, anda akan segera mendapatkan sapaan hangat dari pengemudi. Anda bisa duduk di atas kursi yang nyaman dan mengambil secangkir kopi. Tidak stress karena kemacetan, anda bisa bekerja dan bahkan mengadakan pertemuan dengan suasana bekerja yang nyaman di dalam bus. Apapun yang anda butuhkan, WiFi dan meja juga tersedia. Sangat diremomendasikan,” kata Myriam Van Noten, seorang karyawan di Cevora.

Layanan yang ditawarkan Office on Wheels juga bisa disesuaikan kebutuhan. Ada layanan individual, ada juga layanan seperti untuk antar jemput karyawan. Setiap individu bisa berlangganan bus ini menuju kantor, sesuai rute-rute dan jam keberangkatan yang tersedia. Ada sembilan rutenya meliputi dari dan menuju Brussel ke Ghent, Hasselt, Antwerp, Halle, Turnhout, ada pula rute Hasselt-Antwerp, Ghent-Antwerp dan Antwerp-Anderlecht. Tiket nya relatif mahal untuk ukuran orang Indonesia yakni € 32.90 atau sekitar Rp. 520 ribu pergi-pulang dan untuk tiket sekali jalan € 19.00 atau sekitar Rp. 300 ribu.

 
 

Bagaimana dengan antar jemput karyawan? Perusahaan yang berminat bisa menghubungi Office on Wheels. Rute dan jumlah penumpang bisa didiskusikan sehingga setiap perusahaan yang tertarik bisa memiliki rute tersendiri dari dan menuju kantor mereka. Office on Wheels juga membuka layanan jemput bola. Ada aplikasi yang mudah diakses siapapun.

Selain itu, mereka juga menyediakan diri untuk membantu setiap pelanggan untuk bernegosiasi dengan perusahaan tempat mereka bekerja agar Office on Wheels bisa menjadi transportasi yang diakui perusahaan, atau bahkan menjadi kendaraan antar jemput perusahaan. “Saya senang menggunakan bus kantor ini setiap jumat sore. Dengan begitu saya bisa menyelesaikan segala sesuatu lebih cepat sebelum akhir pekan dimulai,” ujar Marianne Vermeulen, Project Manager di Colruyt Group.

Office on Wheels menawarkan berbagai kemudahan sebagai manifestasi misi mereka menyediakan fasilitas yang mengacu pada nilai-nilai kenyamanan hidup dalam bekerja. Terlepas dari stress, lebih memiliki privasi waktu, menghemat kendaraan pribadi, mengurangi resiko kecelakaan serta memudahkan setiap orang berhitung dalam kebutuhan bepergian. BAAV bersama otoritas terkait menyediakan fasilitas pendukung agar perjalanan bus bisa lancar. Ada lajur khusus yang memungkinkan Office on Wheels bisa tiba sesuai jadwal dan menjadi keunggulan dibandingkan dengan kendaraan lain.

Di Jakarta dan sekitarnya, layanan Transjabodetabek Premium sedikit mengarah ke beberapa fasilitas yang tersedia di Office on Wheels. Hanya saja, kabin penumpang untuk bus yang digunakan tidak sama. Interior Transjabodetabek Premium tidak didesain khusus untuk kantor berjalan. Standar yang ditetapkan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek adalah koneksi internet, pengisi daya dan ruangan berpendingin udara. Bagaimana ya kalau ada Office on Wheels di Jabodetabek? (naskah : mai/foto-foto :VanHool/Office on Wheels)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013