Selasa, 23 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUS TRANS JAWA MELUNCUR, TAWARKAN PENGALAMAN BARU BAGI MASYARAKAT
 
20 Februari 2019


(Jakarta – haltebus.com) PT. Putera Mulya Sejahtera meluncurkan jadwal dan rute baru mereka untuk bus tingkat (double-decker) antar kota antar provinsi. Mereka memodifikasi rute dan jadwal serta memberi label baru dengan nama Bus Trans Jawa.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan sebelum mengoperasikan Bus Trans Jawa. Kami ingin membantu Kementerian Perhubungan untuk memperoleh informasi komprehensif terkait kajian yang masih disusun oleh mereka dalam mempersiapkan rancangan umum transportasi seiring beroperasinya Tol Trans Jawa,” ujar Pimpinan PT. Putera Mulya Sejahtera, Kurnia Lesani Adnan, di sela-sela peluncuran Bus Trans Jawa, Kamis (14/02/19).

Menurut pria yang akrab disapa Sani itu, PT. Putera Mulya Sejahtera mendukung program pemerintah untuk mewujudkan Bus Trans Jawa yang digagas Menteri Perhubungan. Didukung oleh PT. United Tractors Tbk. Sebagai pemegang merk Scania di Indonesia, perusahaan yang dikenal dengan nama PO. Putera Mulya ini menginisiasi Bus Trans Jawa sesuai dengan rute yang mereka miliki yakni, Jakarta-Semarang-Solo.



Apa yang dimaksud Bus Trans Jawa? Sani mengungkapkan, pihaknya mengatur pola operasional sesuai ide yang pernah dilontarkan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dengan Bus Trans Jawa ini. Menurut dia, Bus Trans Jawa PO. Putera Mulya hanya berangkat dari Jakarta dan berakhir di Solo. Pola operasional berubah dari sebelumnya sampai Wonogiri, kini hanya sampai Solo. Di Jakarta pun, lanjut dia, bus hanya berangkat dari dua titik yakni Pondok Pinang dan Pulogebang, sementara di Bekasi ada Bekasi Timur dan Cikarang lalu menuju Semarang dan Solo.

Saat peluncuran, pola pengumpan untuk penumpang disimulasikan, penumpang dari Bekasi Timur berpindah bus di Rest Area Km 19 Tol Jakarta-Cikampek. Begitu juga dengan penumpang dari Cikarang, berpindah di Rest Area Km 39. Waktu tempuh perjalanan bisa dipersingkat, jika dibandingkan dengan bus yang harus keluar jalan tol untuk menjemput penumpang.



Sementara itu, Kasubdit Angkutan Orang, Ditjen Perhubungan Darat, Deny Kusdyana yang ikut melihat dari dekat pengoperasian perdana Bus Trans Jawa menyambut baik pengoperasioan Bus Trans Jawa. Menurut dia, pemerintah melihat, mempelajari dan mendukung inovasi yang dilakukan oleh operator. Dia mengakui, sampai saat ini, Kemenhub masih melakukan kajian yang pas untuk pengoperasian Bus Trans Jawa yang sesungguhnya nanti.

“Banyak hal yang harus dikaji, misalnya soal rest area, pengumpan, simpul-simpul perpindahan, dan untuk menyambut Tol Trans Jawa sendiri, kami jauh-jauh hari sudah mempersiapkan terminal-terminal tipe A,” kata dia.

Country Director Institute Development for Transportation Policy (ITDP), Yoga Adiwinarto yang ikut mencoba merasakan naik Bus Trans Jawa mengapresiasi langkah PT. Putera Mulya Sejahtera memulai pola mobilitas baru. Menurut dia, pilihan jadwal keberangkatan pagi bisa menjadi momentum menunjukkan kualitas pelayanan transportasi bus antar kota. Ini menarik, sebab belum banyak yang mengetahui ada bus seperti ini. Andaikan akses masyarakat untuk naik bus seperti ini mudah, sayangnya itu hari ini kita belum melihatnya. Faktor pemerintah sangat berperan penting supaya angkutan bus menjadi menarik dan pilihan masyarakat untuk traveling yang nyaman semakin bertambah,” ujar dia.



PO. Putera Mulya sengaja mengisi jam keberangkatan pagi sebagai pilihan baru masyarakat naik bus ke Semarang dan Solo. Di pagi hari, belum ada bus jurusan Jakarta-Semarang-Solo yang beroperasi. Menurut Sani,PO Putera Mulya bersama PT. United Tractors Tbk. mencoba beroperasi dengan tantangan ketahanan bus Scania K410IB/6x2*4.

Dengan peluncuran Bus Trans Jawa ini PO. Putera Mulya memiliki jadwal pemberangkatan. Untuk jurusan Jakarta-Semarang-Solo ada keberangkatan pagi dari Pondok Pinang jam 05.30 dan Terminal Pulogebang jam 06.30, keberangkatan malam hanya dari Terminal Pulogebang pukul 19.00. untuk kedua jadwal keberangkatan itu, masih singgah pula di Bekasi Timur dan Cikarang.



Sementara untuk Terminal Poris, Tangerang, dengan tujuan akhir Yogyakarta berangkat siang pukul 14.15. Untuk rute Yogyakarta yang berangkat dari Terminal Poris ini adalah pengalihan dari rute sebelumnya yang berangkat dari Bogor.

Bersamaan dengan peluncuran Bus Trans Jawa, PO. Putera Mulya bersama PT. United Tractors Tbk. juga meluncurkan Tiket Promo seharga hanya Rp. 50.000 untuk perjalanan dari Jakarta menuju ke Solo dan sebaliknya. Promo hanya berlaku di keberangkatan pagi hari.

Menurut General Manager Marketing PT. United Tractors Tbk.,Harijadi Mawardi, sebagai pemegang merek Scania, mereka ingin ambil bagian dalam perkembangan infrastruktur di Indonesia. Jalan Tol Trans Jawa yang sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu, kata dia, sangat cocok dengan karakter bus Scania yang mengedepankan keselamatan dan kenyamanan untuk penumpang. “Program Scania Bus Trans Jawa bersama PO. Putera Mulya ini menjadi langkah awal kami untuk pola baru transportasi bus yang kami prediksi akan berubah bersamaan dengan adanya jalan Tol Trans Jawa ini,” ujarnya.

Program Scania Bus Trans Jawa, menurut Harijadi, ingin mendekatkan masyarakat dengan transportasi bus yang aman dan nyaman yang bisa menjadi pilihan bepergian. Dia menambahkan, waktu tempuh yang ditargetkan oleh PO. Putera Mulya Sejahtera yakni waktu tempuh delapan jam Jakarta-Solo, cukup menjanjikan.

Sani mengaku sangat senang dengan program yang ditawarkan oleh PT. United Tractors Tbk. itu. Sejak tahun 2016, PO. Putera Mulya Sejahtera sudah mengoperasikan bus Scania K410IB/6x2*4 dan menjadi bus double-decker jarak jauh pertama di pulau Jawa. Kini bersama Scania, PO. Putera Mulya juga menjadi pelopor Bus Trans Jawa.

“Saya berterima kasih kepada PT. United Tractors yang menginisiasi percepatan pengembangan moda angkutan bus antar kota antar provinsi. Kami sangat terbantu dengan layanan purna jual Scania yang ada di bawah PT. United Tractors, dan sekarang ini mereka menunjukkan perhatian dengan ikut mendukung pengembangan bisnis pelanggannya,” kata Sani sambil tersenyum. (naskah : mai/foto :fth)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013