Sabtu, 25 Mei 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUS OTONOM SCANIA MULAI DIOPERASIKAN 2020
 
22 Februari 2019


(Jakarta – haltebus.com) Sebuah perusahaan bus asal Swedia, Nobina, menggandeng pabrikan bus Scania untuk merintis bus otonom di rute regular di Swedia. Sebagai salah satu operator bus terbesar di negara-negara kawasan Nordic, Nobina berencana mengoperasikan bus otonom ini di sekitar Stockholm. “Teknologi ini sekarang (sudah) cukup matang untuk memulai uji coba dalam operasi bus aktual di jalan umum, menjadikan proyek ini salah satu yang pertama di Eropa dengan ukuran bus ini,” kata Head of Buses and Coaches Scania AB, Karin Rådström, dalam pernyataan tertulis Scania yang dirilis, Rabu (20/2/19).

Uji coba akan dilakukan dalam dua tahap, awalnya tanpa penumpang. Kemudian bus akan menyambut penumpang di atas kapal. Scania menyebutkan, keselamatan menjadi prioritas utama selama uji coba. Bus akan memiliki pengemudi yang akan memantau keselamatan operasi dan membantu penumpang.

Dua bus listrik LF Scania Citywide yang disiapkan akan menghubungkan area perumahan baru yang berkembang pesat, Barkarby. Jarak dari pusat kota Stockholm sekitar 20 kilometer yang terhubung juga dengan stasiun metro (kereta bawah tanah) terdekat. Bus akan beroperasi di sepanjang rute baru sepanjang 5 kilometer dilengkapi dengan empat halte. Tahap pertama, sekitar jarak satu kilometer rencananya bus akan beroperasi secara mandiri (otonom).

Selama fase kedua uji coba, diharapkan sekitar 300 penumpang akan menggunakan layanan ini setiap hari. Bus Scania Citywide LF (low floor : lantai rendah) yang disiapkan memiliki panjang 12 meter itu. Kapasitas angkut bus hingga 80 penumpang, 25 di antaranya dalam posisi duduk. Bus sepenuhnya menggunakan tenaga listrik dari penggerak motor listrik. Scania tidak merinci data teknis terkait bus, begitu juga dengan sistem pengisian batere, hanya disebut pengisian listrik dilakukan di depo bus.

Proyek pengembangan telah dimulai dan periode uji coba, rencanya, dimulai pada tahun 2020. Selama uji coba, data akan dikumpulkan, antara lain kecepatan rata-rata, waktu kerja, kinerja tepat waktu, respons deviasi, dan kepuasan penumpang. “Proyek ini akan memberikan banyak informasi dalam pengembangan lebih lanjut dari bus otonom besar sebelum pengenalan skala penuh,” ujar Karin lagi.

Beberapa proyek angkutan umum inovatif sedang berlangsung di Barkarby. Sistem transportasi umum di sana disebut sebagai sistem lalu lintas kota paling modern di dunia. Proyek-proyek pengembangan sistem transportasi di Barkarby, seperti bus listrik otonom ini, menjadi pertama di Eropa. Bus otonom yang beroperasi dalam lalu lintas terjadwal reguler, infrastruktur dan kendaraan dalam koridor Bus Rapid Transit dan solusi digital baru ada dalam proyek ini. Semua ini terwujud berkat kerja sama antara Otoritas Region Stockholm, Kota Järfälla, dan Nobina.

Nobina adalah penyedia layanan transportasi bus umum terbesar dan paling berpengalaman di wilayah Nordic. Perusahaan ini memiliki fokus dalam bisnis transportasi yang menyediakan armada kontrak, tender dan prospek angkutan umum jangka panjang. Nobina telah mengangkut satu juta orang di Swedia, Norwegia, Finlandia dan Denmark.

Menurut Managing Director Nobina Swedia, Henrik Dagnäs, pihaknya terlibat aktif dalam membangun transportasi umum masa depan. Dia mengatakan, Nobina meyakini mereka akan menjadi bagian penting dari perubahan transportasi di masa mendatang.

“Uji coba ini akan memberikan banyak wawasan dan pengalaman ke depan, mengenai aspek praktis sehari-hari dalam mengelola dan mengoperasikan bus otonom dan memungkinkan lebih banyak orang untuk bepergian dengan transportasi umum. Tuntutan pada bus otonom tidak akan berbeda dari yang ada di operasi lain, termasuk keandalan, keselamatan dan ketersediaan,” kata Dagnäs menjelaskan. (naskah : mai/foto : scania.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013