Senin, 27 Mei 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
JABOTABEK AIRPORT CONNEXION DARI HALIM PERDANAKUSUMA DILUNCURKAN
 
28 April 2019
 

(Jakarta – haltebus.com) Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) meluncurkan rute baru Jabotabek Airport Connexion dari Bandara Halim Perdanakusuma. Rute itu adalah Bandara Halim Perdanakusuma – Bogor (Tajur). PT. Eka Sari Lorena (ESL) menyiapkan enam unit mikrobus untuk melayani penumpang pesawat menuju Bogor.

“Kami akan terus lanjutkan penyediaan angkutan umum massal di Jabodetabek, supaya masyarakat dapat terlayani dan target yang telah ditetapkan dalam RITJ dapat terpenuhi, salah satunya melalui pengoperasian Layanan JA Connexion dengan rute Tajur – Bandara Halim ini,” ujar Kepala BPTJ Bambang Prihartono, Senin (22/4/2019).

Perluasan rute-rute Jabodetabek Connexion ini adalah bagian dari upaya BPTJ untuk menambah ketersediaan angkutan umum di Jakarta dan sekitarnya. Bambang berharap, seiring dengan banyaknya rute kendaraan umum, pengguna kendaraan pribadi bisa beralih naik angkutan umum. Dalam Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ), menurut Bambang, cakupan layanan angkutan umum di perkotaan dari tahun ini sampai pada tahun 2029 harus terus meningkat. Menurut dia, pada tahun 2029 rasionya harus mencapai 80 persen dari panjang jalan dan pergerakan orang dengan angkutan umum harus mencapai 60 persen.

Kehadiran rute baru dari Bandara Halim Perdanakusuma, kata Bambang, bisa menambah pilihan angkutan umum dari Bandara menuju daerah-daerah kantong penumpang. BPTJ, lanjut dia, secara bertahap akan mengupayakan pengintegrasian layanan JA Connexion dengan angkutan umum pengumpan baik dari awal titik perjalanan hingga titik akhir mencapai tujuan perjalanan.

Dari informasi yang diperoleh haltebus.com, selain rute Bandara Halim Perdanakusuma – Bogor (Tajur), PT. ESL sedang mempersiapkan beberapa rute lain. Dari Bandara Halim Perdanakusuma ada rute menuju Mall Ciputra Cibubur dan Depo Lorena Jl. R.A. Kartini Cilandak yang melewati South Quarter dan Mall Poins Square. Satu rute lagi menuju BSD City yang melalui The Breeze, AEON Mall dan QBig Mall.

Sementara dari Bandara Soekarno-Hatta PT. ESL juga mempersiapkan dua rute. Ada rute menuju Depo Lorena Jl. R.A. Kartini Cilandak yang melewati South Quarter dan Mall Poins Square dan rute kedua menuju BSD City yang melalui The Breeze, AEON Mall dan QBig Mall.

Sementara ini, untuk rute JAC Bandara Halim Perdanakusuma, dilayani dengan enam unit mikrobus Jumbo buatan KAroseri Adiputro. PT. ESL memproyeksikan 20 unit mikrobus untuk seluruh rute yang mereka persiapkan. Tarif untuk naik mikrobus Lorena relatif murah jika dibandingkan dengan taksi. Antara Rp. 40 ribu hingga termahal 60 ribu tergantung jarak/rute yang dilayani. Untuk rute Bandara Halim Perdanakusuma sementara ini ada layanan dengan armada mikrobus 11 kursi dan 16 kursi dengan tarif Rp. 50 ribu.

Managing Director PT. ESL, Dwi Rianta Soerbakti mengakui, layanan angkutan dari dan menuju bandara memiliki potensi yang menarik. Dia juga mengungkapkan, pihaknya tengah mempersiapkan layanan non-tunai yang terkoneksi dengan jaringan internet. Berdasarkan informasi yang diperoleh haltebus.com, sejak akhir tahun lalu, PT. ESL meningkatkan layanan untuk bus-bus Transjabodetabek, Jabodetabek Resident Connexion (JR Connexion), berbasis jaringan internet. Mereka juga sedang mempersiapkan kemudahan pembayaran tiket non-tunai. “Untuk layanan first mile dan last mile kami bekerjasama dengan Grab, sebagai salah satu upaya kita memberikan pelayanan transportasi kepada masyarakat,” tutup Dwi Rianta. (naskah : mai/foto : BPTJ)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013