Rabu, 18 September 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
GIIAS UBAH PERSEPSI PENGUNJUNG TENTANG INDUSTRI OTOMOTIF
 
25 Juni 2019


(Jakarta – haltebus.com) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) menyatakan tidak akan mengedepankan target penjualan baik secara jumlah maupun nominal transaksi. Dalam GIIAS 2019 yang berubah menjadi GIIAS Series 2019 dan digelar di Medan, Surabaya, Makassar dan BSD City, GAIKINDO ingin lebih mengedukasi masyarakat Indonesia. “Kami ingin menjadikan GIIAS Series menjadi tempat mempresentasikan teknologi otomotif terkini industri otomotif di Indonesia,” kata Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes nangoi di Jakarta, Selasa (14/05/19).

Menurut dia, jumlah pengunjung GIIAS Series tidak menjadi target dalam pelaksanaan pameran. Seperti GIIAS tahun 2018, kata Nangoi, pengunjung yang merata di setiap hari selama pameran akan lebih baik. Mengapa? Karena pengunjung bisa dengan santai menikmati kendaraan yang dipamerkan, dan memahami teknologi terbaru sehingga tujuan pameran bisa tercapai.

Dalam GIIAS Series 2019, menurut Nangoi, yang akan menjadi pameran utama tetap di Interntional Convention & Exhibition BSD City, Serpong, Tangerang Selatan. Pada pameran yang digelar 18 – 28 Juli nanti, ada beberapa kegiatan yang diharapkan menjadi sarana transfer informasi terkait teknologi otomotif di Indonesia, sesuai dengan tema Future in Motion.

Kegiatan apa saja yang akan menarik pengunjung? Project Director Seven Event untuk GIIAS, Agus Riyadi menjelaskan, ada beberapa kegiatan yang mereka siapkan. Ada program Beyond Mobilty Experience yang memberikan kesempatan kepada peserta pameran menampilkan teknologi terbaru mereka. Ada Student Day yang akan fokus pada edukasi dunia otomotif. “Kami berharap pelaku industri otomotif bisa menginspirasi siswa-siswi sekolah untuk menarik minat mereka ikut mengembangkan industri otomotif di tanah air,” kata Agus.

Ada pula program Test Drive dan Test Ride yang akan menjadi ajang menarik di GIIAS Series yang diselenggarkan di BSD City, Serpong, nanti. Tahun ini, lanjut Agus, akan ditambahkan materi safety driving dan safety riding. Dia menjelaskan, GIIAS ingin mengedukasi masyarakat, tidak hanya sekedar membeli kendaraan tetapi juga memahami dasar-dasar berkendara yang aman. Masih ada pula area khusus untuk pengunjung yang ingin membeli asesoris kendaraan, kini bisa langsung dipasang di area kerja industri pendukung otomotif.

Pengalaman baru untuk membeli kendaraan juga hadir di GIIAS Series tahun ini. Salah satu sponsor GIIAS, Blibli.com menyiapkan program menarik membeli kendaraan melalui transkasi virtual. Menurut Senior Vice President Trade Partnership Blibli.com, Lay Ridwan Gautama, pihaknya akan memindahkan alur pembelian kendaraan secara fisik menjadi virtual. Bagaimana caranya? “Kami menyiapkan staf kami yang akan menjelaskan alurnya, kemudian kami juga menyiapkan video review dari setiap model kendaraan yang dijual di Indonesia,” kata dia.

Cara ini, lanjut Ridwan, baru pertama kali dilakukan di Indonesia. Menurut dia, pihaknya menargetkan edukasi ke masyarakat bahwa cara pembelian kendaraan kini semakin mudah. Dia mengatakan, salah satu kategori yang memiliki perkembangan yang cukup menggembirakan di Blibli.com adalah kategori kendaraan. Di sana banyak transaksi dilakukan.

Menurut Ridwan, pembelian virtual ini memungkinkan pembeli hanya mengakses melalui internet mulai dari mencari informasi kendaraan yang cocok, memilih, membayar hingga kendaraan dan surat-suratnya sampai di rumah. Pola transaksi ini meniru pada transaksi barang-barang konsumsi umum. “Kami bekerja sama dengan beberapa merek kendaraan, kami juga bekerja sama dengan Astra Finance, intinya kami ingin menghadirkan pengalaman yang baru untuk bertransaksi membeli kendaraan,” katanya. (naskah mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013