Selasa, 16 Juli 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
DAIMLER PERLUAS JARINGAN MENJANGKAU PELANGGAN MERCEDES-BENZ
 
25 Juni 2019


(Jakarta – haltebus.com) PT. Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) perlahan-lahan mulai menambah jaringan untuk menjangkau pelanggan kendaraan komersial Mercedes-Benz. Selain menambah eksistensi dealer, ada pula persiapan melayani pelanggan di seluruh Indonesia. “Kami memberikan insentif dan kebebasan untuk mitra kami membuka jaringan, baik dealer baru maupun jaringan dealer,” demikian disampaikan Director of Netwrok & Marketing Truck Axor PT. DCVI Maximillian Knorr di Bandung, Rabu (15/05/19).

Menurut Knorr, menginjak tahun kedua PT. DCVI ada 19 dealer yang siap melayani pelanggan di berbagai kota di Indonesia. Di Sumatera ada dealer kendaraan komersial Mercedes-Benz di Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang dan Lampung. Di Jawa ada di Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta, Purwakarta, Bandung, Semarang, Gresik dan Surabaya. Di Kalimantan ada di Balikpapan dan di Sulawesi ada di Maros.

Dalam penjelasannya, Knorr menyatakan keyakinannya bahwa pasar kendaraan komersial Mercedes-Benz masih memiliki peluang untuk tumbuh. Menurut dia, selain memiliki sejarah panjang di Indonesia, mulai tahun 1960 baik bus maupun truk Mercedes-Benz, luas wilayah dan keberagaman menjadi peluang mereka untuk meraih pasar. “Awalnya saat kami memulai di tahun 2017, konsultan kami menyampaikan, Sulawesi tidak perlu dilihat. Tetapi ternyata, dealer kami di sana PT. Gowa Kencana Motor memiliki pertumbuhan yang baik,” kata dia.

Knorr mengungkapkan, PT. DCVI terus berupaya menghadirkan layanan-layanan pelanggan di berbagai kota dan wilayah yang memiliki potensi yang baik. Ada tiga hal yang menjadi fokus Mercedes-Benz yang menjadi strategi meraih pelanggan, Produk, Keamanan dan Efesiensi. Dari sisi produk, Mercedes-Benz, kata dia, menghadirkan rentang produk yang bisa memenuhi keinginan pelanggan yang beragam. Ada produk di kelas 16 Ton, 18 Ton, 24 Ton hingga di atas 40 Ton dengan tenaga bervariasi mulai 230 HP, 280 HP hingga antara 300-400 HP.

Dari sisi keamanan dan keselamatan, fitur-fitur kendaraan komersial Mercedes-Benz sudah dilengkapi fitur yang mumpuni. Ada sistem pengereman exhaust brake bertingkat, full air-brake dan pada bus ada fitur retarder. Dari sisi efesiensi, kendaraan komersial Mercedes-Benz, lanjut Knorr, dirancang memiliki torsi yang besar sehingga efisensi mudah tercapai. “Selama saya bertemu dengan pelanggan… pelanggan Indonesia cukup unik. Kami hanya perlu mendengarkan apa keinginan mereka, apa yang perlu diperbaiki dari kami dan kami hadirkan untuk mereka,” katanya.

Selain tiga strategi utama, Knorr juga menjelaskan strategi di sisi purna jual. Selain mengandalkan jaringan dealer, Mercedes-Benz juga tengah menyiapkan strategi yang menyasar pada mekanik. Ada pelatihan untuk para instruktur Mercedes-Benz di tingkat dealer. Diharapkan nantinya, para instruktur ini bisa menjangkau mekanik pelanggan dan memberikan pelatihan pengenalan produk.

Di tempat yang sama, Field Support & Training Customer Service Technical Operation, PT. DCVI, Imam Nugroho menjelaskan, ada 19 calon instruktur dari 15 dealer yang tengah mengikuti pelatihan instruktur. Pelatihan ini berlangsung sejak hingga November nanti. “Kami memberikan pelatihan dari berbagai aspek yang berhubungan dengan bagaimana mengadakan pelatihan mekanik dan product knowledge,” katanya.


Menurut Imam, pelatihan tidak hanya terfokus kepada pengetahuan dan kemampuan teknis yang terkait produk Mercedes-Benz semata. Ada pula pembekalan tentang bagaimana berbicara di depan peserta, mempresentasikan materi serta kemampuan yang bersifat mentransfer pengetahuan ke peserta pelatihan di tingkat dealer nantinya. Setiap peserta akan diuji oleh tim PT. DCVI untuk memperoleh sertifikat instruktur.

Imam mengungkapkan, secara berkala PT. DCVI mengadakan penilaian terhadap para instruktur agar standar yang diharapkan bisa tetap terjaga. “Kebetulan sumber daya kami untuk instruktur di PT. DCVI terbatas, dengan cara seperti ini kami bisa memperbanyak instruktur agar bisa memberikan dukungan layanan purna jual untuk pelanggan,” ujarnya. (naskah : mai/foto : dok. PT. DCVI)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013