Minggu, 24 Januari 2021 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
SEBARKAN BUDAYA SELAMAT, HINO TUNTASKAN KOMPETISI PENGEMUDI NASIONAL
 
20 Juli 2019


(Tangerang Selatan – haltebus.com) PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menggelar kompetisi nasional untuk pengemudi kendaraan komersial. Kompetisi yang dinamakan Hino National Safety Driving Competition 2019 ini dimenangkan oleh Basuki Utomo dari Koperasi Jasa Saka Kartika Mandiri, Surabaya. Sementara di tempat kedua diraih Sugeng Handoyo dari SAE Handoyo, Lampung. Kegiatan yang baru pertama kali digelar oleh Hino Indonesia itu berlangsung 17-19 Juli 2019. “ Kami berharap peserta Hino National Safety Driving Competition 2019 bisa menjadi duta keselamatan,” kata President Director PT. HMSI Hiroo Kayanoki, saat pengumuman pemenang di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019, di ICE BSD, Serpong, Jumat (19/7/19).

Hiroo menjelaskan, melalui kompetisi pengemudi ini, Hino ingin berkontribusi aktif dalam rangka meningkatkan keselamatan pengemudi dan masyarakat Indonesia. Menurut dia, Hino ingin mengedukasi dan mendorong kampanye keselamatan di jalan raya secara konsisten dan berkelanjutan. Dia mengungkapkan, kompetisi pengemudi juga menjadi bagian dari filosofi Hino yakni Total Support untuk mendukung pelanggan mencapai bisnis yang optimal.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Budi Setyadi menyerahkan penghargaan atas inisiatif Hino Indonesia ini. Menurut Budi, keselamatan harus menjadi budaya di masyarakat. Dia berharap, apa yang diperoleh pengemudi selama mengikuti kompetisi ini bisa ditularkan saat kembali ke daerah masing-masing. “Apakah bapak-bapak siap untuk menjadi duta keselamatan?” tanya Budi yang langsung dijawab peserta secara serempak, “Siap.”
 


Budi mengatakan, pemerintah mengapresiasi langkah Hino Indonesia dalam mendukung kampanye keselamatan di jalan raya. Menurut dia, berdasarkan fakta di lapangan, penyebab kecelakaan tertinggi adalah faktor manusia. Karena itu, lanjut dia, edukasi sangat penting. Dia menambahkan, harus ada perubahan perilaku pengemudi, tidak hanya terkait ketrampilan, melainkan juga sikap pengemudi yang baik di jalan raya.

Sejak tahun 2017 Hino mengadakan kompetisi pengemudi kendaraan komersial. Sepanjang kegiatan ini diikuti lebih dari 1.300 pengemudi dari 800 perusahaan di 19 kota di Indonesia. Hino mengadakan kompetisi sebanyak 22 untuk mendapatkan 19 pengemudi yang lolos untuk ikut kompetisi tingkat nasional yang digelar di Jakarta dan sekitarnya.

Ada beberapa tes yang harus mereka jalani secara berjenjang. Begitu pula saat memasuki putaran terakhir di tingkat nasional. Ada tes tertulis, ada tes engenalan kendaraan, tes ketrampilan penguasaan kendaraan serta tes jalan yang menuntut ketrampilan mengemudi dari sisi operasional di jalan raya. Pada tes terakhir ada uji kepatuhan rambu lalu-lintas serta bagaimana mengemudi yang efesien.

 

Sementara itu, Sales & Promotion PT. HMSI, Santiko Wardoyo mengungkapkan, sebagai salah satu penjual kendaraan komersial terbesar di Indonesia, Hino ikut bertanggungjawab terhadap keselamatan di jalan raya. Karena itu, kata dia, mereka berharap kompetisi ini bisa terus berlangsung dan mendukung program pemerintah terkait keselamatan di jalan. Santiko pernah menyebut angka 300 ribu, saat ditanya jumlah kendaraan komersial Hino yang terjual sejak mereka resmi menjual Hino di tahun 1980-an. “Dengan berkendara yang aman, perawatan kendaraan bisa terjaga dan efisien. Ujungnya adalah, Total Support seperti filosofi Hino,” katanya. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013