Kamis, 14 November 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUS LISTRIK MERCEDES-BENZ MULAI MEMASUKI PASAR EROPA
 
01 Agustus 2019


(Jakarta – haltebus.com) Tiga perusahaan dari tiga negara, mulai menerima total 20 unit bus listrik Mercedes-Benz eCitaro yang baru diperkenalkan tahun lalu. Pembelian eCitaro ini membuka jalan Daimler Bus merambah pasar bus dengan teknologi tinggi yang belakangan berkembang di Eropa. Bus listrik dan bus dengan sumber tenaga yang terbarukan, mulai diaplikasikan di Eropa sejak 2014 lalu, sebagai bagian komitmen negara-negara Eropa untuk memerangi pemanasan global.

“Pemesanan dari perusahaan terkemuka dari Luksemburg, Norwegia dan Swedia ini menunjukkan berbagai varian eCitaro yang tersedia. eCitaro dapat disesuaikan dengan berbagai macam kebutuhan yang diinginkan,” kata Head of Marketing, Sales and Customer Services Daimler Bus, Ulrich Bastert dalam rilis Senin (29/7/19).

Tiga perusahaan bus itu antara lain, Voyages Emile Weber dari Canach, Luksemburg, Norgesbuss dari Trollasen, Norwegia dan Bergkvarabuss dari Ystad, Swedia. Voyages Emile Weber memesan Sembilan unit bus, Norgesbuss memesan enam unit bus dan lima unit eCitaro lainnya dipesan Bergkvarabuss.

Sebelumnya eCitaro baru diminati perusahaan bus di Jerman. Dimulai Januari 2019, tiga unit eCitaro dioperasikan Rhein-Neckar-Verkehr GmbH di Mannheim, menyusul lima unit lainnya dikirim ke Berlin dan dioperasikan BVG pada bulan Maret 2019. Di bulan yang sama, ada 16 unit eCitaro dioperasikan oleh Verkehrsbetriebe Hamburg-Holstein (VHH). Sementara pemesanan terbesar yakni 56 unit eCitaro untuk Wiesbaden (ESWE Verkehrsgesellschaft MbH) terjadi di bulan April 2019.

Pengiriman 20 unit eCitaro keluar Jerman dinilai cukup signifikan. Apalagi operasional eCitaro untuk tiga kota berbeda di tiga negara juga tidak sama. Spesifikasi yang diinginkan oleh masing-masing perusahaan bus juga berbeda. Mercedes-Benz sebagai pabrikan yang menaungi eCitaro berhati-hati dalam menawarkan produknya. Teknologi tinggi yang ditanamkan pada eCitaro membuat mereka perlu meyakinkan agar produk bisa beroperasi secara optimal sesuai dengan karakter yang dirancang untuk eCitaro.



Perusahaan bus Voyages Emile Weber dari Luksemburg memilih sembilan bus eCitaro-nya hanya memiliki dua pintu. Dalam rilis Daimler Bus disebutkan, jumlah maksimum baterai yang digunakan ada 12 paket baterai bertegangan tinggi dengan total kapasitas 292 kWh. Perusahaan ini menginginkan, selain peralatan yang lengkap, konsep warna kompartemen penumpang juga sangat mencolok.

Dari pelapis kursi hingga panel sisi dinding dengan semuanya berwarna merah. Penutup lantai dihiasi ornament kayu yang sederhana. Hal lain yang sangat khas dari bus yang dipesan, semua kursi di bagian depan ditempatkan pada platform yang ditinggikan dengan sabuk pengaman dua titik. Voyages Emile Weber salah satu pelanggan Mercedes-Benz dengan jumlah armada lebih 600 kendaraan, mulai dari minibus hingga bus mewah.

Spesifikasi eCitaro yang diinginkan Norgesbuss tidak sama dengan Voyages Emile Weber. Bus eCitaro yang dipesan Norgesbuss akan beroperasi di Oslo, ibukota Norwegia. eCitaro Norgesbuss dilengkapi sepuluh paket baterai tegangan tinggi dengan kapasitas 243 kWh. Konfigurasi pintu bus juga terdiri dari tiga pintu. Bus dilengkapi dengan pantograf di atap untuk pengisian baterai agar jangkauan operasional bus bisa lebih luas. Perusahaan ini memiliki armada lebih dari 700 bus, salah satu operator bus terkemuka di Norwegia.

Hal khusus yang tersemat di eCitaro Norgesbuss adalah alat penguji alkohol di area pengemudi yang menjadi bagian dari peralatan yang harus disediakan. Dinginnya udara di wilayah di Utara Eropa itu membuat konsumsi alkohol tinggi karena itu harus diantisipasi demi memastikan pengemudi bus tidak bekerja dalam pengaruh alkohol. Tidak hanya itu, ketika eCitaro beroperasi selama musim dingin, area lantai dekat pintu masuk bisa dipanaskan.



Bagaimana dengan bus eCitaro Bergkvarabuss? Lima bus eCitaro akan beroperasi di Ystad, kota di pantai Selatan, Swedia. Bus dilengkapi dengan dua pintu dan memiliki 12 paket baterai tegangan tinggi berkapasitas total 292 kWh. Spesifikasi yang sama dengan yang dipesan Voyages Emile Weber.

eCitaro yang dipesan Bergkvarabuss dilengkapi lantai landai yang bisa dilipat di setiap pintunya. Perlengkapan yang terpasang pada bus juga cukup menarik. Selain alat penguji alkohol, ada pula sistem sinyal di kabin penumpang berbasis respon visual dan sentuhan. Kabin juga dilengkapi dengan tata cahaya ambient dan kursi tunggal berlapis kain dengan sandaran punggung tinggi dan sandaran kepala berlapis kulit.



Bergkvarabuss adalah perusahaan bus pelopor pengoperasian eCitaro di Swedia. Dengan lebih dari 1000 bus, Bergkvarabuss adalah salah satu perusahaan bus terbesar di Eropa. Posisinya di Swedia juga terbilang strategis untuk Mercedes-Benz di bawah bendera Daimler Bus. Dua kompetitor, Volvo juga mengembangkan bus listrik, sedangkan Scania meningkatkan teknologi untuk bus masa depan mereka. (naskah : mai/foto : daimler.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013