Minggu, 18 Agustus 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
TRANSJAKARTA SIAPKAN BUS LAYANI MAHASISWA UI
 
07 Agustus 2019


(Jakarta – haltebus.com)
PT. Transjakarta menyiapkan bus khusus angkutan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) di komplek kampus Depok. Layanan ini dimulai sejak 1 Agustus 2019. Sedikitnya 40 ribu mahasiswa yang berkampus di UI bisa memanfaatkan bus low entry.

“Keseluruhan bus yang akan digunakan sudah dilengkapi dengan OBU (On Board Unit) suatu alat yang berfungsi untuk menginformasikan lokasi bus dan keadaan sekitar bus yang langsung tersambung ke ruang pusat kendali (command center) Transjakarta sehingga kedatangan dan jarak tempuh bus dapat diketahui,” kata Ka. Div. Corporate Secretary & Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo dalam rilisnya, Minggu (28/7/19)

Bus yang disiapkan berwarna dasar kuning, warna ciri khas Universitas Indonesia. Bus-bus yang beroperasi itu adalah bagian dari kerjasama PT. Transjakarta dan Universitas Indonesia yang ditandatangani beberapa pekan sebelumnya. Dua desain bus kampus sudah diajukan oleh PT. Transjakarta untuk bus kuning ini.

Menurut Nadia, bus yang digunakan adalah bus MetroTrans berlantai rendah yang ramah disabilitas. Memiliki kapasitas 41 kursi dan 27 orang berdiri, serta satu kursi roda, bus ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan transportasi antar kampus dan stasiun UI yang terletak di depan kampus.

PT. Transjakarta mengeluarkan dua opsi desain. Opsi pertama adalah bus berwarna dasar kuning yang dilengkapi dengan logo dan simbol grafis khas Transjakarta dan logo UI. Logo Transjakarta bermakna lebih baik diharapkan bisa mewakili harapan perkembangan angkutan umum di masa mendatang. “Desain ini menggambarkan kerjasama kedua belah pihak dengan tidak menghilangkan ciri khas dari masing-masing instansi,” lanjut Nadia.

Opsi kedua badan bus berwarna kuning khas Universitas Indonesia dengan aksen daun dan grafis khas Transjakarta. Daun yang ada pada desain tersebut menggambarkan kepedulian terhadap lingkungan hidup seperti yang sudah ada pada desain bus kuning UI sebelumnya. Grafis khas Transjakarta menggambarkan upaya pelayanan dan jangkauan semakin baik untuk seluruh kalangan warga DKI dan sekitarnya.

Nadia menambahkan, sebelum mengoperasikan bus kampus UI, PT. Transjakarta mempersiapkan armada serta mempelajari karakter operasional di dalam kampus. Agar mempermudah akses mahasiswa naik bus ini, menurut dia, aplikasi Tijeku yang bisa diunduh di telepon pintar akan membantu menginformasikan jadwal bus. Aplikasi yang terhubung dengan pusat komando operasional bus Transjakarta ini juga menyediakan informasi rute-rute yang terkoneksi dengan jaring armada Transjakarta.

Dalam catatan haltebus.com, yang melayani halte Universitas Indonesia ada rute. Pertama, rute dengan kode D21 yang melayani rute Lebak Bulus – Universitas Indonesia. Kedua rute kode 4B yang melayani rute Manggarai – Universitas Indonesia. Kedua rute itu juga terkoneksi dengan beberapa halte Transjakarta. Sayangnya tidak semua dari kedua rute itu yang mudah saat perpindahan di halte Transjakarta karena tergantung kondisi operasional. Terkadang menggunakan bus low entry atau MetroTrans yang susah terkoneksi dengan halte Transjakarta dengan dek tinggi di sisi kanan, di waktu lain dilayani bus dengan dek tinggi milik Transjakarta atau operator lain.

Di era keemasan angkutan bus, saat banyak masyarakat menggunakan bus sebagai angkutan sehari-hari, pelajar dan mahasiswa mendapat keistimewaan. Tarif yang dikenakan lebih murah dari tarif penumpang umum. Tidak heran jika angkutan bus sangat melekat di kalangan pelajar dan mahasiswa di masa itu. Semoga angkutan bus juga melekat dengan pelajar dan mahasiswa kekinian. (naskah mai/foto : mai/dok. Transjakarta)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Halte Manca    |   Sudut Halte    |   Profil    |   Halte Advertorial    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013