Rabu, 16 Oktober 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
JETBUS 3+ VOYAGER, DEFINISI BARU BUS PREMIUM PAPAN ATAS
 
07 Agustus 2019


(Serpong – haltebus.com) Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show di International Convention & Exhibition, BSD City, Serpong, 18 – 28 Juli 2019 menjadi ajang unjuk gigi pabrikan otomotif. Karoseri Adiputro tidak ingin ketinggalan memamerkan produk bus varian terbarunya. Bersama PO. Pandawa87, karoseri yang berbasis di Malang itu menghadirkan bus dengan konsep baru bus premium yang belum pernah ada. “Mungkin ini satu-satunya bus di Asia Tenggara yang bisa membawa mobil sport,” kata Direktur Karoseri Adiputro, David Jethrokusumo di sela-sela penyerahan bus Jetbus 3+ Voyager ke PO. Pandawa87, Sabtu (20/7/19).

David mengungkapkan, proyek membuat bus premium yang belum pernah ada sudah dirancang sejak dua tahun terakhir. Seperti gayung bersambut, PO. Pandawa87 tahun lalu menyetujui busnya dijadikan bus pertama varian yang diberi label Voyager itu. Pada suatu kesempatan, haltebus.com, pernah bersama David dan tim Karoseri Adiputro mendapati momen salah bus yang dirawat oleh karoseri itu secara tak sengaja dalam satu frame dengan dua buah Lamborgini di Pandaan, Jawa Timur. Entah ada hubungannya atau tidak peristiwa ini terjadi di tahun 2017.

Bertemunya ide Karoseri Adiputro dan PO. Pandawa87 bukanlah hal yang kebetulan terjadi. Pemilik PO. Pandawa87, Gunawan Agung Aprilianto menyebut, dirinya sengaja mengikuti perkembangan produk terbaru Karoseri Adiputro. Sejak 2014, saat mulai merintis usahanya, Gunawan memilih bus buatan Karoseri Adiputro sekaligus membeli bus-bus yang dipamerkan di setiap pameran karoseri itu. Bus pertama Mercedes-Benz OC 500 RF-2542 yang dipamerkan pada Indonesia International Motor Show 2014 dibeli Gunawan. Sejak saat itu, tradisi bus PO. Pandawa87 dari pameran ke pameran dimulai.



Menurut Gunawan, perusahaannya memiliki enam unit bus premium dengan berbagai karakter yang berbeda. Ada bus berlantai satu dua axle seperti Scania K360IB 4x2, Mercedes-Benz O 500 R-1836, Scania K410IB 6x4*2 dan Mercedes-Benz OC 500 RF-2542 dengan versi High Deck dan Double Deck. “Bus premium ini kami buat khusus dengan sasaran segmen yang khusus juga,” kata dia.

Inovasi PO. Pandawa87 dan Karoseri Adiputro, menurut Gunawan, bertemu di setiap model baru karoseri itu. Ketika ada model baru, PO. Pandawa87 mendapat tawaran untuk berada di barisan awal pembeli model baru. Terobosan serta model-model terbaru menjadi salah satu strategi PO. Pandawa87 untuk menghadirkan layanan bus wisata yang terbaik.



Sebagai pelanggan Karoseri Adiputro, PO. Pandawa87 memiliki ide-ide yang identik dengan bus premium. Mulai bus yang dilengkapi sofa, kursi dengan fasilitas tertinggi seperti electric seat adjuster serta AVOD, juga bus yang dilengkapi ruang tidur. Gunawan mengaku sengaja membuat bus-bus mewah yang menyasar segmen papan atas ini. Menurut dia, berdasarkan pengalaman, tidak sedikit penyewa yang mencari bus untuk berwisata bersama keluarga maupun orang-orang terdekat. “Bus premium ini memang tidak jalan setiap hari. Karena khusus, segmennya juga tidak banyak tetapi sekali disewa lumayan juga,” katanya.

Apa sih tujuannya membuat bus yang bisa dimuati mobil sport di dalamnya? “Membuat sesuatu yang berbeda,” jawab Gunawan. Dengan bus yang berbeda ini, siapapun yang ingin merasakan sensasi bepergian bersama keluarga sekaligus menikmati hobi bisa dilakukan. “Ada kalangan yang punya hobi touring dengan mobil sport-nya, bisa memanfaatkan bus ini dalam sekali jalan. Fasilitasnya dibuat senyaman mungkin,” kata Gunawan lagi.












Untuk bus-bus premium-nya, Gunawan mematok harga di atas rata-rata sewa bus wisata pada umumnya. Untuk bus double-decker berkelir coklat misalnya, penyewa dikenakan tarif Rp. 12 juta per hari. Sementara untuk bus terbaru Voyager Jetbus 3+, Rp. 15 juga per hari dengan pemakaian 20 jam.

Di dalam bus ini ada tiga areal yang dibuat berbeda. Di Bagian depan kursi berkonfigurasi 2-1 menghadap depan yang lebar, dilengkapi dengan meja dan Audio-Video on Demand (AVOD). Di bagian tengah ada sofa yang cukup diduduki tiga orang. Di bagian belakang ada kompartemen khusus yang dibatasi pintu. Ada dua set meja dengan masing-masing empat kursi serta dapur kering yang dilengkapi dengan peralatan untuk mendukung tersedianya minuman hangat dan dingin. Serta tentu saja toilet yang menjadi salah satu kelengkapan bus premium yang dimiliki PO. Pandawa87.



Selama pameran GIIAS bus ini banyak mendapat perhatian pengunjung. Mulai dari sekedar berfoto, sampai melihat dari dekat mobil sport dari berbagai sisi. Baik dari sisi samping maupun dari dalam kabin bus. Pihak Karoseri Adiputro merasa perlu mengawasi pengunjung agar apa yang mereka pamerkan tetap terlihat apik hingga semua kegiatan GIIAS selesai.

Terobosan Karoseri Adiputro bersama PO. Pandawa87 berbuah manis. Di akhir pameran, bus Voyager Jetbus 3+ mendapat predikat sebagai kendaraan terbaik pilihan pengunjung (Most Visitor Choice) dan juga menjadi peserta GIIAS terfavorit (Most Favourite Booth). “Semua ini berkat Tuhan,” kata David yang tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013