Jumat, 20 September 2019 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
TRANSJAKARTA AJAK SISWA NAIK TRANSPORTASI UMUM
 
08 September 2019


(Jakarta – haltebus.com) PT. Transportasi Jakarta (Transjakarta) terus mengejar okupansi 1 juta pengguna di akhir tahun 2019. Kini selain menambah jaringan MikroTrans, mereka juga gencar menggelar kampanye penggunaan transportasi publik. Salah satu yang dibidik adalah kalangan para pelajar melalui program Jak Lingko Goes To School. “Ke sekolah tidak perlu diantar orang tua, cukup naik Mikrotrans, Aman, Nyaman dan Gratis!,” kata Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT. Transjakarta, Achmad Izzul Waro, di SMA Negeri 27 Jakarta, Selasa (20/8/19).

Kegiatan sosialisasi Jak Lingko dan MikroTRans ini diadakan PT. Transjakarta menggandeng Dinas terkait di Provinsi DKI Jakarta. Menurut Izzul, kegiatan ini adalah bagian dari upaya mereka meningkatkan kesadaran menggunakan transportasi publik. Dia berharap, ada kesadaran dari siswa-siswi yang sudah duduk di bangku Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) agar lebih mandiri saat bepergian.

Dalam sosialisasi, Izzul menyampaikan bahwa kehadiran MikroTrans untuk melengkapi program yang terlebih dahulu ada, yakni Kartu Jakarta Pintar (KJP) plus. Dalam program ini, kata dia, siswa sekolah gratis menggunakan layanan Transjakarta dengan menunjukkan KJP Plus. “Dengan kartu Jak Lingko naik MikroTrans bukan hanya untuk anak-anak sekolah saja, tapi diharapkan wali murid, hingga masyarakat semua gratis jika menggunakan kartu JakLingko ini,” kata Izzul.

SMAN 27 Jakarta telah dilewati rute MikroTrans Jak 17 (Terminal Pulogadung – Terminal Senen) sejak 20 Juni 2018. Ada 28 armada yang beroperasi mulai Pukul 05.00 sampai 22.00 WIB setiap harinya. Izzul menjelaskan, sampai saat ini terdapat 48 rute dan 1.200 armada MikroTrans yang telah tersebar di berbagai titik di Jakarta. Jumlah armada dan rute akan terus ditambah hingga target memperluas jangkauan ke masyarakat bisa dicapai. “Pemprov DKI memiliki visi untuk memudahkan layanan pergerakan masyarakat menggunakan transportasi umum dari satu titik ketitik lainnya dengan layanan yang baik, nyaman, dan terjangkau,” ujar Izzul.

Izzul mengungkapkan, pihaknya akan terus merangkul para pemilik armada untuk bergabung dengan program JakLingko. Tujuannya, kata dia, transportasi di seluruh wilayah DKI Jakarta tanpa terkecuali bisa terintegrasi dengan JakLingko.

Dia berharap, dengan bertambahnya jaringan dan penumpang angkutan umum, masalah polusi udara di ibukota bisa diminimalisir. Dalam beberapa pekan ini, kualitas udara di Jakarta yang buruk menjadi sorotan masyarakat. Bahkan, dari versi AirVisual, kualitas udara di Jakarta masuk kategori berbahaya. “Saat ini Pemprov Jakarta tengah fokus terhadap pengurangan polusi udara melalui Intruksi Gubernur nomor 66 tahun 2019 tanggal 1 Agustus. Salah satunya di sektor transportasi. Karena kita tahu pencemaran di Jakarta 74 persen bersumber dari asap kendaraan bermotor,” kata Izzul di depan para siswa.

Sosialisasi Jak Lingko dan MikroTrans ini, menurut Izzul, diharapkan bisa efektif dan menarik minat warga Jakarta kembali menggunakan angkutan umum seperti di masa lalu. Jangkauan jaringan yang semakin baik, juga diharapkan semakin memenuhi kebutuhan akses transportasi public. MikroTrans menjadi andalan PT. Transjakarta untuk menjangkau jalan-jalan di sekitar pemukiman warga dan fasilitas umum lainnya. Sesuai namanya Lingko yang artinya jejaring.

Kehadiran sosialisasi Jak Lingko dan Mikrotrans diharapkan Izzul mampu mengubah budaya siswa yang masih menggunakan kendaraan pribadi ke sekolah untuk mau beralih ke transportasi umum. “Ini komitmen bersama, kami harapkan anak-anak ini mau mengubah kebiasaan ini, berangkat sekolah menggunakan MikroTrans yang sudah disiapkan oleh Transjakarta,” ujarnya.

Selama Agustus, PT. Transjakarta sudah mendatangi empat sekolah untuk menyosialisasikan MikroTrans dan Program JakLingko. Di keempat sekolah itu, selain diskusi dan penjelasan program, diselingi dengan kegiatan santai seperti music, serta tak lupa simulasi bagai mana tata cara naik MikroTrans lengkap ditunjukkan pula armadanya. (naskah mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013