Sabtu, 11 Juli 2020 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
VOLVO DAPAT ORDER BESAR BUS LISTRIK DI EROPA
 
09 Desember 2019


(Jakarta – haltebus.com) Pabrikan bus asala Swedia, Volvo, yang mulai mengarahkan produk busnya membuat bus listrik mendapat kejutan di akhir tahun. Selasa (5/11/19) Volvo mengumumkan pemesanan hingga 157 unit bus listrik untuk satu perusahan bus. Ini menjadi catatan penjualan tertinggi Volvo sepanjang sejarah bus listrik yang mereka perkenalkan sejak empat tahun lalu. Adalah Transdev yang memilik Volvo untuk melayani masyarakat di kota Gothenburg.

“Ini sangat memuaskan, bahwa kami telah mendapatkan pesanan bus listrik tunggal terbesar di Eropa - tidak kurang dari 157 bus. Volvo adalah pelopor elektromobilitas dan transportasi umum yang berkelanjutan,” kata President of Volvo Buses Håkan Agnevall dalam rilis resmi Volvo.

Bus yang dipilih adalah bus listrik gandeng yang baru diluncurkan Oktober lalu di ajang Buswlord, di kota Brussel, Belgia. Pemesanan ini sekaligus memecahkan rekor bus listrik terbanyak yang dipasarkan Volvo, hanya dalam hitungan hari setelah diluncurkan.

Håkan menyebut, Volvo memiliki keunggulan yang kompetitif. Ada sistem holistik untuk kota-kota yang mencakup kendaraan, layanan, dan infrastruktur pengisian daya listrik yang bisa ditemukan dalam apa yang ditawarkan Volvo. “Kami fokus pada solusi yang menawarkan keandalan tinggi dan tingkat layanan yang tinggi untuk operator rute dan penumpang. Pesanan besar ini menegaskan bahwa bus listrik sudah diakui sebagai solusi yang berkelanjutan dan layak secara finansial untuk menuntut kebutuhan transportasi publik berkapasitas tinggi,” kata Håkan bangga.

Trandev merencanakan bus-bus pesanan mereka bisa dioperasikan pada tahun 2020 mendatang. Pemesanan itu menempatkan Transdev pada posisi yang cukup signifikan sebagai operator bus kota yang memiliki komitmen pada transisi energi. “Trandev saat ini adalah operator bus listrik terkemuka di Eropa dan kami tahu tantangan apa yang ada dengan transisi ke tenaga listrik. Karenanya, kami sangat teliti dalam memilih mitra dengan pendekatan holistik, mitra yang akan dapat mengantarkan bus dan infrastruktur pengisian tepat waktu dan dengan waktu kerja yang sangat baik,” ujar CEO Transdev Sweden, Gunnar Schön.

Kota Gothenburg sudah mengujicoba tiga bus listik dan tujuh bus hibrida-listrik yang dimulai pada pertengahan 2015. Dalam catatan haltebus.com, jalinan kerjasama Volvo di Gothenburg itu melibatkan banyak pihak. Selain otoritas transportasi setempat, ada banyak instansi swasta yang ikut mendukung ujicoba itu.

Pada pemesanan ini, Transdev memilih bus model 7900 Volvo Electric Articulated. Bus ini diklaim Volvo bisa mereduksi 80 persen energi dibandingkan bus bertenaga diesel. Bus gandeng bertenaga listrik dari Volvo bisa mengangkut 150 penumpang Volvo juga menyebut bus mereka sebagai kombinasi unik antara kapasitas yang besar untuk mengangkut penumpang, namun rendah dalam biaya perawatan.

Bus-bus listrik itu akan menggunakan teknologi pengisian batere cepat di sepanjang rute yang didukung sistem operasi OppChargeTM. Sistem pengisian ini bisa memastikan efisiensi operasional bus listrik.

Di luar 157 unit bus listrik, Transdev juga memesan 27 unit bus berstandar Euro 6 untuk bus bertenaga biodiesel. Bus-bus itu akan melayani rute-rute regional yang dimiliki Transdev. “Bagi kami sebagai provider jasa untuk mobilitas (masyarakat), sangat penting untuk selalu dapat menawarkan penumpang layanan yang baik dan kendaraan fungsional, tetapi juga penting bahwa pengemudi kami memiliki iklim kerja yang baik. Bus baru, khususnya bus listrik yang tenang, tidak hanya menghasilkan kota yang lebih bersih - mereka juga meningkatkan lingkungan kerja sehari-hari, ” ujar Schön menjelaskan.

Mobilitas baru berbasis listrik, menurut Håkan, menciptakan peluang baru untuk perencanaan kota. Bus kota kiri hadir dengan bebas emisi, senyap dan beroperasi di tengah-tengah penduduk kota tanpa menimbulkan kebisingan. “Volvo memiliki tujuan untuk menjadi pemimpin dalam peningkatan elektrifikasi dan menjadi mitra bagi kota-kota yang ingin menerapkan solusi transportasi publik jangka panjang yang berkelanjutan bagi penduduk mereka, ” kata Håkan. (naskah : mai/foto : volvobuses.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013