Sabtu, 25 Januari 2020 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
TENGOK BUS DOUBLE-DECKER PERTAMA KAROSERI ADIPUTRO DI SULAWESI YUK
 
22 Desember 2019


(Jakarta – haltebus.com) Sebuah bus dengan warna dasar merah perlahan keluar dari pintu gerbang Karoseri Adiputro, Rabu (16/12/19) menuju Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) tak jauh dari sana. Sejumlah orang pemburu bus foto baru, dengan sigap mengarahkan kamera telepon genggamnya ke bus double-decker milik PO. Metro Permai, Makassar. "Ini bus double-decker pertama buatan kami yang digunakan oleh perusahaan bus asal Makassar. Double-decker pertama Adiputro di Sulawesi," kata Direktur PT. Adiputro Wirasejati, David Jethrokusumo kepada haltebus.com.

Bus ini akan mulai melayani liburan akhir tahun di rute Makassar-Tana Toraja, salah satu daerah tujuan wisata terkemuka di Indonesia. Di setiap liburan, banyak wisatawan dalam dan luar negeri berkunjung ke sana. Bus-bus yang melayani rute itu, juga memiliki standar yang cukup baik yang bisa memanjakan penumpangnya.

David mengungkapkan, Sulawesi Selatan adalah salah wilayah yang banyak memilih bus buatan Karoseri Adiputro di luar Jawa. Kompetisi antar perusahaan bus yang ketat di sana, membuat mereka berlomba menghadirkan bus terbaik untuk pelanggan di Sulawesi. Salah satu rute Makassar-Tana Toraja banyak diminati pengguna bus di sana. Mayoritas perusahaan bus memiliki bus buatan karoseri asal Malang ini.

David mengungkapkan, bus yang dipesan PO. Metro Permai tak biasanya. Berbasis Scania K410IB 6x2*4, bus yang berlabur kombinasi putih dan merah muda itu memiliki daya tarik luar-dalam. Di luar promosi Wisata Indonesia dan Tana Toraja sangat terlihat menonjol. Tak kalah dengan bus-bus Tana Toraja lainnya yang memiliki corak warna yang semarak. PO. Metro Permai sendiri sudah memiliki bus beraneka ragam corak warna bus yang menarik.

Bus PO. Metro Permai ini adalah bus Jetbus 3+ kedua, dengan tampilan baru di sisi samping, setelah bus PO. Sempati Star yang dipamerkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019, Agustus lalu. Sebelumnya, sudah ada juga beberapa bus dengan asoseris yang diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show adalah varian UHD. Sementara bus PO. Rosalia Indah yang baru memasuki bulan kedua peluncurannya, masih menggunakan asesoris bodi samping jetbus 2+.



Bagaimana dengan interiornya? “Full spesifikasi, sama seperti yang ada di pameran GIIAS, bukan seperti bus SDD yang kebanyakan dipesan. Kesan luxury dan elegan, standar yang kami pamerkan,” ujar David.

Apa yang dimaksud David dengan standar pameran adalah, panel dinding menggunakan panel dengan corak kayu yang mewah. Di bagian dalam, kaca bus terlihat sangat rapi. Penutup kaca yang digunakan penutup kaca geser yang bisa dilebar-sempitkan seperti alat musik Akordeon. Lampu di sekitar panel ini juga menambah kemewahan interior.









Tata letak penumpang di dalam bus juga persis bus yang dipamerkan di GIIAS 2019. Ada dua ruang dengan kursi semi rebah di belakang kabin pengemudi. Untuk menjaga privasi ada pintu di masing-masing ruang. Perangkat Audio-Video on Demand (AVOD) juga memanjakan penumpang selama perjalanan.

Bagaimana dengan kursi penumpang yang lain? Di lantai bawah ada enam kursi lebar dengan konfigurasi 2-1 yang dilengkapi pengatur sandaran punggu dan kaki elektrik. Di deret pertama kursi di dek bawah, di dalam sandaran tangan kursi elektrik itu, ada pula meja lipat. Di meja lipat, tersembunyi perangkat AVOD yang terpasang di masing-masing kursi. Sedangkan di baris berikutnya, AVOD dipasang di punggung kursi deret pertama. “Mereka memang pesan seperti ini. Spesifikasi standar yang mewah dan kami senang ada perusahaan yang memilih standar spesifikasi tertinggi Adiputro,” ujar David.

Di lantai atas, interior juga sama. Panel mewah terpasang menghiasi kabin penumpang yang dirancang mendekati suasana di rumah. Di setiap kursi di lantai atas, juga dilengkapi perangkat AVOD di setiap kursi penumpang. Kursi lebih lebar dari kursi pada umumnya juga menjanjikan kenyamanan.

Dalam catatan haltebus.com, Karoseri Adiputro mendominasi pangsa pasar bus tingkat untuk kebutuhan Antar Kota Antar Provinsi dan wisata. Dengan PO. Metro Permai ada 44 unit bus tingkat yang tersebar di Medan, Jakarta, Bogor, Wonogiri, Pasuruan dan Kebumen. Chassis bus yang digunakan juga bervariasi, ada Scania K410IB 6x2*4, K310UB 6x2*4 dan Mercedes-Benz OC 500 RF 2542. Untuk K310IB 6x2*4 menjadi salah satu bus tingkat yang unik untuk PT. Transjakarta dengan atap terbuka dengan basis bus berlantai rendah (low entry).



Kini bersama PO. Metro Permai, Karoseri Adiputro memasuki wilayah baru yakni Sulawesi. Sulawesi Selatan, menjadi salah satu poros kompetisi antar perusahaan bus yang ketat, selain di Sumatera Utara dan Banda Aceh serta di Jawa. Di Sulawesi Selatan, Karoseri Adiputro juga sudah memiliki pelanggan. Beberapa tahun lalu, karoseri yang berbasis di Malang itu juga mulai menjajaki pasar Sulawesi di luar Sulawesi Selatan. “Kami ada pelanggan lama dan pelanggan baru. Umumnya mereka senang dengan layanan purna jual yang kami tawarkan,” kata David. (naskah : mai/foto : mai/lwk/ dok. Karoseri Adiputro)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013