Sabtu, 25 Januari 2020 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
PT. TRANSJAKARTA PERKENALKAN LAGI BUS LISTRIK DI MONAS
 
26 Desember 2019
 

(Jakarta – haltebus.com) Liburan Natal dan TahunBarudimanfaatkan oleh PT. Transjakarta untuk memperkenalkan bus listrik di onumen Nasional, Monas. Operasional bus listrik di dalam Kawasan Monas ini berlangsung 24 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020. “Peminatnya cukup lumayan, masyarakat yang berkunjung ke Monas antusias naik bus listrik yang kami siapkan,” kata Direktur Teknik PT. Transjakarta, Yoga Adiwinarto kepada haltebus.com, Selasa (24/12/19).

Menurut Yoga, kegiatan ini untuk menyosialisasikan keberadaan bus listrik di DKI Jakarta sebelum PT. Transjakarta mengoperasikannya di jalur umum. Ujicoba bus listrik di tempat umum membawa penumpang di luar area layanan PT. Transjakarta bukan pertama kali. Sebelumnya BUMD Transportasi milik Pemprov DKI Jakarta itu sudah mengujicoba di Monas dan Taman Mini Indonesia Indah. Sementara ujicoba opersaional di jalur layanan, sudah dilakukan tetapi tidak membawa penumpang.

Yoga berharap bus listrik ini bisa segera dioperasikan. Program bus listrik sudah dijajaki PT. Transjakarta sejak awal tahun 2019. Berbagai upaya sudah dilakukan seperti menjalin kerja sama dengan akademisi, universitas, menggelar diskusi dan workshop serta membentuk forum komunikasi. Direktur Utama PT. Transjakarta, Agung Wicaksono juga sudah melihat dari dekat perkembangan teknologi bus mutakhir di Busworld di Brussel, Belgia Oktober lalu, sekaligus menghadiri pertemuan Organisasi Transportasi Dunia (UITP) di kota yang sama. “Insya Allah Januari bisa keluar kandang,” ujar Yoga mantap merujuk pada rencana operasional bus listrik di tahun 2020.



Sementara itu, dalam keterangan tertulisnya, Kadiv Sekretaris Korporasi dan Humas PT. Transjakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan, selain bertamasya, masyarakat juga bisa memanfaatkan momen liburan mereka untuk mengenal bus listrik. “Ini adalah inovasi yang harus kami kenalkan kepada masyarakat luas, khususnya di DKI Jakarta. Jadi momen Nataru kali ini bisa dijadikan kesempatan untuk memperkenalkan bus listrik secara lebih luas lagi,” kata Nadia di Jakarta.

Nadia menambahkan, layanan bus listrik di Monas ini juga untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang belum sempat mengikuti ujicoba bus listrik yang dilakukan sejak bulan April 2019 lalu. “Ujicoba lalu sangat disambut antusias masyarakat dengan diikuti oleh sebanyak 13 ribu pelanggan. Sebab itu, masyarakat yang belum berkesempatan atau yang ingin kembali menjajal layanan bus listrik bisa mencobanya,” kata Nadia.

Operasional bus listrik di Monas, menurut Nadia, dilayani dua unit bus listrik mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB. Dia menyatakan, masyarkat bisa mencoba bus listrik yang dioperasikan PT. Transjakarta secara gratis.

Apa yang dilakukan oleh PT. Transjakarta adalah bagian dari kebijakan Pemprov DKI Jakarta dalam percepatan mengurangi polusi di Jakarta. Gubernur Anies Baswedan mendorong penggunaan kendaaraan listrik. Selain berkampanye mengendarai sepeda motor listrik beberapa waktu yang lalu, Anies juga hadir dalam deklarasi komunitas pemilik mobil listrik Jumat (13/12/19) lalu.



Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek juga tak kalah bersemangatnya untuk program bus listrik ini. Kepala BPTJ, Bambang Prihartono, Jumat (16/8/19) menyebutkan pihaknya menargetkan 41 ribu unit bus listrik bisa beroperasi di Jakarta dan sekitarnya hingga 2024. Secara terpisah, salah satu BUMN di bawah Kementerian Perhubungan, Perum Pengangkutan Djakarta (PPD) juga sudah menyatakan kesiapan dengan pengadaan 100 unit bus listrik. “Untuk tahap pertama, setahun ke depan diharapkan seribu unit bus listrik bisa diadakan,” ujar Bambang Agustus lalu. (naskah : mai/foto : PT. Transjakarta/dok.haltebus.com/mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013