Minggu, 09 Agustus 2020 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
FASILITAS PENGEMBANGAN KENDARAAN LISTRIK DAIMLER SUDAH 25 TAHUN!
 
30 Desember 2019


(Jakarta – haltebus.com) Tak terasa Pusat Kompetensi Untuk Mobilitas dan Bebas Emisi (Competence Center for Emission-Free Mobility-KEM) Daimler AG sudah berusia 25 tahun, 17 Desember 2019. Selama 25 tahun, KEM telah menjadi pabrik percontohan untuk kendaraan Daimler AG dengan sistem penggerak alternatif. Sebagai mitra pengembangan dalam perusahaan, KEM membangun prototipe, memproduksi seri dalam volume kecil dan menyiapkan seri baru.

“Di Daimler Trucks & Buses, kami sedang mengejar strategi bisnis yang berkelanjutan dengan tujuan bentuk transportasi darat netral-CO2. Ini dapat hanya direalisasikan menggunakan kendaraan komersial listrik dengan baterai atau sel bahan bakar untuk penggerak,” ujar Head of Global Powertrain, E-Mobility & Product Planning di Daimler Truck AG, Dr. Frank Reintjes.

KEM menurut Daimler, menutup celah antara pengembangan kendaraan dan produksi skala besar. Fasilitas pengembangan ini berfokus memperkenalkan dan mengintegrasikan sistem penggerak alternatif listrik dan lainnya ke dalam serial produksi. Pada saat yang bersamaan, KEM juga mendesain jalur produksi dengan teknologi mutakhir. Pengembangan produk dan jalur produksi menjadi salah satu kompetensi inti KEM.

Lebih dari 50 insinyur, pengrajin ahli dan spesialis mekatronik menyatukan pengetahuan luas mereka untuk mendefinisikan proses manufaktur baru. Utamanya, untuk komponen kendaraan rendah emisi dan bebas emisi seperti paket baterai atau seluruh sistem baterai.

“Kami terus-menerus mengembangkan kedua teknologi ini untuk serial produksi. Kami akan meluncurkan truk bertenaga baterai ke pasar dari tahun 2021 dan seterusnya, diikuti oleh penggerak bertenaga hidrogen pada akhir tahun 2020-an. Tetapi kendaraan ini hanya akan berlaku di pasar jika secara ekonomi layak untuk pelanggan kami dan jika infrastruktur pengisian yang diperlukan tersedia. Di sini, kami terutama membutuhkan perwakilan politik kami untuk menerapkan kondisi kerangka kerja yang sesuai,” kata Reintjes menjelaskan rencana pengembangan produk Daimler di KEM.

Untuk kendaraan komersial, apa saja yang sudah dihasilkan KEM ini? Menurut Daimler, Pusat Kompetensi untuk Mobilitas Bebas Emisi mereka telah terlibat dalam seri model yang disebut start-up bus kota, Mercedes-Benz eCitaro. Bus khusus angkutan perkotaan yang sepenuhnya bertenaga listrik dan telah diproduksi di Mannheim sejak akhir 2018. Sejak produksi berlangsung, modul baterai telah dirakit menjadi sistem baterai untuk Mercedes-Benz eCitaro di KEM.

Modul dipasang di atap dan juga dipasang ke kompartemen mesin selama perakitan bus kota. Karena alasan keahlian ini, produksi seri paket baterai untuk Truk eActros yang dijadwalkan mulai diproduksi pada 2021 dan seterusnya juga akan berlangsung di KEM.

Pusat pengembangan dan produksi itu mengambil peran penting untuk mewujudkan rencana masa depan mereka. Sebagai bagian dari paket masa depan yang disahkan dalam kesepakatan dengan dewan pekerja pada Februari 2019. Volume investasi dua digit (dalam jutaan Euro) telah diumumkan untuk fasilitas Mercedes-Benz di Mannheim. KEM menjadi fasilitas yang memainkan peran penting dalam strategi perusahaan berkelanjutan Daimler Truck AG, juga mendapat manfaat dari rencana ini.

Terlepas dari pengalamannya selama 25 tahun terakhir, Daimler mengklaim, aula produksi baru KEM dengan peralatan mutakhir menjadi titik keuntungan terbesar mereka sekarang. Dioperasikan sejak 2016, gedung seluas 15.000 meter persegi menampung peralatan yang diperlukan untuk aplikasi tegangan tinggi spesifik untuk kendaraan komersial. Ada pula fasilitas untuk produksi sistem tangki hydrogen, termasuk sistem pengujian kebocoran tekanan tinggi.

“Sangat penting bagi kami untuk segera mengimplementasikan inovasi dalam produksi teknologi penggerak baru dan memperkenalkannya ke dalam serial produksi. Dan itulah bidang keahlian dan kompetensi KEM, khususnya dalam transformasi industri otomotif sekarang, ini adalah (bagian) yang terpenting,” kata Andreas Moch, Head of Mercedes-Benz Plant di Mannheim.

Pusat Kompetensi untuk pengembangan teknologi masa depan kendaraan Daimler sudah didirikan pada tahun 1994. Fasilitas ini diproyeksikan untuk kendaraan komersial bebas emisi dan memulai aktifitas sebagai bengkel eksperimen sistem penggerak baru. Salah satu proyek pertamanya adalah perakitan kendaraan model T1 - pendahulu Sprinter - dengan penggerak listrik pada tahun 1996.

Selama beberapa dekade terakhir, fokus pengembangan serta produksinya cukup beragam dan cakupannya luas, berdasarkan apa yang berkembang dan menjadi tren terkini. Sebagai contoh, fokusnya terutama pada penggerak gas alam di awal tahun 2000-an, sementara itu tren ternyata banyak bergeser ke teknologi penggerak listrik dan baterai dalam beberapa tahun terakhir. Baru-baru ini, KEM telah menyelesaikan perakitan truk eActros untuk pengujian di pelanggan oleh tim Mercedes-Benz di Wörth dan Stuttgart. Antara lain, KEM mengambil alih pelatihan dan kualifikasi karyawan sehubungan dengan teknologi baru dan proses produksinya yang sesuai.

Seperti Kepala KEM Georg Klohr, menyebut adanya peningkatan relevansi penggerak alternatif dalam beberapa tahun terakhir. “Dalam dua puluh lima tahun terakhir, kami telah memperoleh sejumlah besar pengalaman dengan berbagai teknologi. Dengan pengetahuan ini, kami berada pada posisi yang sangat baik untuk masa depan. Setelah hari ini, setiap kendaraan Daimler dengan sistem penggerak alternatif adalah manifestasi keahlian KEM. Dan itu adalah sesuatu yang sangat kami banggakan!,” katanya.

Meinheim menjadi salah satu kota dengan tradisi Mercedes-Benz yang sangat kuat. Daimler menyebut, Mercedes-Benz dan Mannheim dihubungkan oleh sejarah yang sangat istimewa. Pada 29 Januari 1886, insinyur Carl Benz menemukan mobil pertama di dunia dengan nomor paten 37435-Mobil Motor Paten Benz. Sekarang dikenal dengan Mercedes-benz. Pabrik Mercedes-Benz Mannheim yang didirikan di Luzenberg, adalah Mannheim-Waldhof didikan pada tahun 1908.

Saat ini, situs produksi Mannheim mempekerjakan lebih dari 8.600 orang dalam produksi mesin dan komponen yang sesuai untuk kendaraan komersial serta bus. Pabrik pengecoran di Mainheim adalah salah satu produsen terkemuka di dunia untuk komponen kendaraan. Mesin juga dipersiapkan untuk kendaraan komersial dan mobil penumpang di “Pusat untuk Produksi Mesin Rekondisi Eropa”.

Selain itu, Daimler juga menjelaskan, fasilitas produksi di Mainheim adalah rumah keluarga besar bus kota Mercedes-Benz Citaro. Dari konstruksi hingga perakitan akhir, Citaro diproduksi sepenuhnya di Mannheim. Metode produksi Citaro yang fleksibel mencakup seluruh portofolio penggerak. Mulai dari mesin pembakaran rendah emisi, varian penggerak hybrid dan gas alam, hingga eCitaro yang sepenuhnya bertenaga listrik.

Pusat Kompetensi, KEM, telah menyertai pengembangan penggerak masa depan untuk semua segmen kendaraan dari prototipe ke serial produksi selama 25 tahun. Melatih dan mendapatkan talenta baru sama pentingnya di Mannheim. Kaum muda telah berlatih di sini selama lebih dari 100 tahun; total hampir 11.000 sejak pelatihan kejuruan pertama kali diluncurkan, begitu Daimler mengungkapkan.(naskah : mai/foto : daimler.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013