Selasa, 07 Juli 2020 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUS SUITE CLASS PO. SINAR JAYA SELALU PENUH!
 
02 Maret 2020


(Jakarta – haltebus.com) PO. Sinar Jaya memulai tren baru bersama Karoseri Laksana. Sejak 24 Desember 2019 lalu, mereka meluncurkan bus dengan layanan baru, kursi semi tidur di rute Jakarta – Surabaya. “Sampai saat ini bus Suite Class kami selalu penuh di setiap pemberangkatan,” kata pelaksana tugas Manager Marketing PO. Sinar Jaya, Eko Yulianto, di Jakarta, Rabu (15/11/20).

PT. Sinar Jaya Megah Langgeng, yang dikenal dengan PO. Sinar Jaya, adalah perusahaan pertama yang tertarik membuat bus dengan kursi semi tidur dari Karoseri Laksana. Bus yang diberi nama Suite Class itu sudah diluncurkan pada Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu. Namun, baru beroperasi saat liburan akhir tahun 2019.

Menurut Eko, PO. Sinar Jaya membuka rute Jakarta – Surabaya seiring dengan diresmikannya Program Bus Trans Jawa oleh Kementerian Perhubungan. Dia mengungkapkan, tingkat keterisian bus untuk jurusan Jakarta – Surabaya yang dioperasikan PO. Sinar Jaya sejak Mei 2019 lalu cukup tinggi, rerata antara 60-70 persen setiap keberangkatan. Secara bertahap, selama Mei hingga Desember 2019, rute-rute keberangkatan dari Jakarta dan sekitarnya juga ditambah.



Rute yang pertama beroperasi adalah rute Terminal Pulogebang (Jakarta) – Terminal Purabaya, Bungurasih, lalu menyusul rute Terminal Poris (Tangerang) – Terminal Purabaya, ada pula Terminal Pondok Cabe (Depok) – Terminal Purabaya. “Karena okupansinya lumayan tinggi kami mencoba melakukan pengembangan rute. Yang terakhir ini, bus Suite Class bagian dari pengembangan juga. Kami tawarkan layanan baru,” kata Eko.

Di dalam bus Suite Class, penumpang dimanjakan selama perjalanan. Ada fasilitas hiburan mulai musik, film dan permainan dalam ruang penumpang yang privat. Ada 21 kursi semi tidur, masing-masing dirancang mirip ruang tidur yang hanya muat untuk satu penumpang. Di setiap ruang ada tirai di sisi kaca maupun di sisi gang yang memungkinkan penumpang bisa merasakan sensasi ruang pribadi di dalam bus. “Bagus ya ini, mewah. Seperti hotel kapsul. Penumpang tidak banyak, jadi bus tidak terasa ramai,” ujar Tining Prasakti, saat ditemui haltebus.com di dalam bus sebelum berangkat ke Surabaya.

Tining mengaku memesan tiket bus Suite Class PO. Sinar Jaya itu seminggu sebelum keberangkatan. Saat memesan, juga bukan persoalan mudah. Dia harus mencoba beberapa kali sebelum akhirnya berhasil memesan tiket untuk dua orang. Dia menjelaskan, ketersediaan tiket terkadang muncul, terkadang hilang dari layar handphone-nya. “Mungkin banyak yang memesan, saya awalnya kesulitan, harus beberapa kali mencoba. Akhirnya sih bisa. Beberapa hari kemudian saya cek lagi sudah tidak tersedia tiketnya,” kata Tining.

Akses pemesanan tiket melalui internet juga membuka peluang terhadap keterisian bus. Penumpang yang terbiasa dengan koneksi internet akan dimudahkan, meskipun secara jarak lumayan jauh dari titik keberangkatan. Tining dan seorang temannya mengaku menempuh waktu lebih dari satu jam dari Serpong menuju Terminal Pulogebang. Sementara penumpang lainnya, Valentino mengaku berangkat dari rumahnya di Karawaci bersama istri dan kedua anaknya yang masih balita. “Saya ingin mencoba bus ini, saya sengaja jalan-jalan naik bus Sinar Jaya ini dengan istri ke Surabaya,” kata Valentino.

Valentino mengaku sudah mengikuti perkembangan informasi keberadaan bus Suite Class sejak awal diperkenalkan. Dia juga mengetahui dua perusahaan lain juga mengoperasikan bus serupa untuk jurusan yang berbeda, namun dia lebih memilih PO. Sinar Jaya. Tak seperti Valentino yang akrab dengan informasi seputar transportasi bus, Tining mengaku baru pertama kali naik bus dari Jakarta ke Surabaya.

“Saya biasanya naik pesawat atau kereta. Ada teman yang sudah mencoba bus ini katanya enak, lalu saya coba cari informasi dan tiketnya. Bus ini bisa saya rekomendasikan ke teman-teman di kantor dan bos saya juga,” katanya bersemangat.

Menurut pengemudi bus Suite Class PO. SInar Jaya bernomor bodi 32RE, Ricky Rizalfi, penumpang bus mereka tidak sedikit dari kalangan pengusaha. Umumnya, kata dia, para penumpang itu menjadi pelanggan tetap sejak pengalaman naik bus keberangkatan siang maupun pagi kelas eksekutif yang beroperasi Mei lalu. Begitu bus Suite Class mulai beroperasi, tidak sedikit yang berpindah naik bus dengan harga tiket Rp. 415 ribu itu. “Sering ada penumpang bilang, wah ketemu pak Ricky lagi di sini (bus Suite Class) mantap nih,” ujarnya.

Karakter Bus Trans Jawa yang hanya menaikkan-menurunkan di sedikit titik keberangkatan dan waktu tempuh menjadi daya tarik banyak orang. Menurut Ricky, untuk bus yang berangkat dari Pulogebang, hanya singgah di Cibitung (pool PO. Sinar Jaya) langsung menuju Surabaya dengan dua kali berhenti di perjalanan. Sekali berhenti di rumah makan, sementara satu kali pemberhentian lainnya di SPBU untuk mengisi bahan bakar. Begitu pula sebaliknya dari Suraba ke Jakarta. Waktu tempuh rerata di setiap perjalanan 10 jam, tak jauh berbeda dengan waktu tempuh kereta api.

Eko tak menampik anggapan, rute Jakarta – Surabaya adalah rute pertama mereka yang tergolong berkembang dengan signifikan. Pola operasional Bus Trans Jawa, diakui Eko cukup menarik minat masyarakat. Pola operasional yang sama akhirnya juga diterapkan PO. Sinar Jaya untuk bus Jakarta – Yogyakarta lewat Kartosuro dan Klaten. Di kedua rute ini, dalam kurun waktu yang relatif cepat bisa berkembang, tidak hanya dari sisi rute tetapi juga layanan yang berbeda.

Dalam catatan haltebus.com, sebelumnya, PO. Sinar Jaya mengoperasikan bus double-decker kelas eksekutif di jurusan andalan mereka di Jakarta – Pekalongan. Sayangnya, perkembangannya tidak seperti bus-bus mereka di jurusan Jakarta – Surabaya. Di rute Jakarta – Surabaya pula, PO. Sinar Jaya mulai menawarkan layanan bus yang cocok untuk kelas menengah yang bisa menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013