Minggu, 12 Juli 2020 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUS TRANS JAWA YANG MENERANGI PO. SINAR JAYA
 
23 Februari 2020


(Jakarta – haltebus.com) PT. Sinar Jaya Megah Langgeng (SJML) mulai merasakan dampak Bus Trans Jawa. Beberapa rute dengan pola operasional Bus Trans Jawa yang tidak banyak titik naik dan turun penumpang, okupansinya cukup signifikan. Tahun 2020, PT. SJML membeli 30 unit armada baru untuk peremajaan dan atau penambahan rute. “Kami sudah menyiapkan 30 unit chassis baru Hino RN 285 manual untuk kebutuhan Tahun 2020. Bisa peremajaan, bisa penambahan,” kata Pelaksana Tugas Manager Marketing PT. SJML, Eko Yulianto di Jakarta, Rabu (15/1/20).

Menurut Eko, program Bus Trans Jawa yang didorong pemerintah cukup positif. Masyarakat menyambut antusias bus-bus PO. Sinar Jaya, yang melayani rute melalui Tol Trans Jawa dan memiliki waktu tempuh lebih cepat. Dalam tahun 2019, sejak diresmikan menyambut musim liburan Idul Fitri, PO. Sinar Jaya sudah mengantongi sedikitnya ijin lima rute Bus Trans Jawa hingga penghujung 2019.

Jakarta (Pulogebang) – Surabaya, Tangerang (Poris) – Surabaya dan Tangerang Selatan (Pondok Cabe) – Surabaya, Jakarta (Pulogebang) – Kartosuro – Yogya untuk bus Eksekutif dan terakhir Jakarta (Pulogebang) – Surabaya untuk bus Suite Class. Jika dirata-rata, hampir setiap bulan selama setengah tahun terakhir rute bus Trans Jawa PO. Sinar Jaya bertambah.








Eko menjelaskan, untuk rute Jakarta – Surabaya yang berangkat dari Terminal Pulogebang ada dua pemberangkatan setiap hari. Pemberangkatan pagi sekitar pukul 7.00-8.00 baik dari Jakarta maupun Surabaya dan pemberangkatan sore/malam pukul 18.00 dari Surabaya dan 19.30 dari Jakarta. Jam-jam keberangkatan yang dipilih PO. Sinar Jaya ternyata cukup diminati karena tiba di tujuan cocok dengan waktu yang diharapkan.

Dia mengungkapkan, rerata tingkat keterisian penumpang di setiap keberangkatan adalah 60-70 persen. Dari pengamatan tim PO. Sinar Jaya, selain jam keberangkatan dan waktu tempuh yang pas, (Jakarta – Surabaya memakan waktu 10 jam) ada faktor lain yang membuat akses penumpang juga mudah. Kerjasama dengan agen penjual tiket via internet, lanjut Eko, cukup membantu mereka mengisi tempat duduk yang tersedia. “Setelah Surabaya, kami juga membuka rute ke Yogyakarta lewat Tol Trans Jawa. Alhamdulillah tingkat keterisiannya juga cukup bagus. Jika sudah di atas 60-70 persen, biasanya kami memang mengembangkan rute baru,” kata dia.

Beberapa bulan sebelum Tol Trans Jawa beroperasi, salah satu pimpinan PO. Sinar Jaya mengungkapkan kegalauannya. Apakah transportasi bus bisa bertahan dan menjadi pilihan masyarakat saat Tol Trans Jawa beroperasi? Masyarakat lebih memilih bus atau kendaraan pribadi? Begitu pertanyaan-pertanyaan yang diungkapkannya kepada haltebus.com.

Namun, sedikit demi sedikit, secara perlahan tetapi pasti rute-rute Bus Trans Jawa menjadi andalan PO. Sinar Jaya saat ini. Menurut Eko, ada beberapa informasi yang disampaikan mitra agen penjual tiket via internet untuk membuka rute-rute yang diinginkan masyarakat. Setidaknya, kata dia, berdasarkan analisa tim agen penjual tiket ada rute-rute seperti ke Palembang, Madura dan Bali yang peminatnya cukup banyak tetapi ketersediaan armada masih belum bisa menampung. “Kami saat ini sih masih menganalisa rute-rute yang ada lebih dahulu. Kemarin ada masukan rute yang belum terjangkau armada bus yang bisa dipesan lewat internet, akhirnyaa kami coba jual lewat internet,” ujar Eko menjelaskan.

Pengalaman baru menaiki bus disampaikan Tining Prasakti kepada haltebus.com. Dia mengaku, tidak mengira pelayanan bus sudah mudah diakses via internet, layanan armada bus juga mewah. “Saya dapat informasi dari teman tentang bus dengan tempat duduk seperti hotel kapsul, saya cari tiketnya di internet dan mencoba naik bus,” kata perempuan ini yang berangkat dari rumahnya di BSD saat ditemui haltebus.com.

Sementara, Valentino, yang juga naik bus Suite Class PO. Sinar Jaya mengungkapkan harapannya, bus-bus yang memiliki armada yang bagus mudah dijangkau. Pria yang membawa keluarganya dari Karawaci ke Pulogebang ini mengaku menyambut gembira jika ada bus-bus yang berangkat tak jauh dari kediamannya. “Saya penasaran dengan bus Suite Class, kebetulan istri juga mengajak jalan-jalan, saya tawari dia juga mau, ya kami coba ini,” kata dia.

Dari dua pengakuan penumpang PO. Sinar Jaya, ada secercah perubahan pola penumpang. Mereka tak segan mendatangi titik keberangkatan yang jauh dari tempat tinggal, jika meyakini busnya nyaman, aksesnya mudah dan keamanan dan keselamatan terjaga. Kondisi ini mengingatkan kita pada layanan kereta api dan pesawat terbang, hanya berangkat dan tiba dari stasiun dan bandara. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013