Senin, 28 September 2020 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
WAJAH KAROSERI TENTREM YANG KINI TERLIHAT
 
10 Februari 2020
 

(Malang – haltebus.com) Karoseri Tentrem yang mulai merambat naik di industri transportasi bus di Indonesia kini mulai percaya diri menampilkan wajahnya. Setelah lebih dari 35 tahun bergerak dari bengkel perbaikan hingga pembuatan bus, Sabtu (8/2/20) menjadi momentum mereka unjuk diri. Kalau sebelumnya kami hanya terlihat pintunya saja, sekarang wajah Karoseri Tentrem sudah bisa terlihat. Muncul dari persembunyian, kata Managing Director PT. Tentrem Sejahtera, Yohan Wahyudi saat meresmikan gedung baru di sebelah bangunan lama workshop mereka di Malang.

Karoseri Tentrem mulai memberanikan diri tampil sudah lebih dari 12 tahun dengan model Jupiter. Meski tergolong pendatang baru di kancah karoseri nasional, Karoseri Tentrem sudah menarik perhatian. Pendirinya, Tatang Wahyudi selalu mengungkapkan, dirinya dan tim masih belajar untuk membuat bus yang baik yang sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia dan kebutuhan masyarakat. Tidak jarang, dia terlihat memperhatikan detil bodi bus buatannya atau buatan karoseri lain. Ayahanda Yohan Wahyudi ini juga terbuka berdiskusi dengan siapapun untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan membangun bodi bus.

Kini, dengan percaya diri, Tatang sudah mempercayakan pengelolaan Karoseri Tentrem kepada anaknya. Di tangan Yohan, perkembangan Karoseri Tentrem mulai menunjukkan eksistensi dengan model-model eksperimentasi yang menarik. Di awali dengan Scorpion X, Actor hingga model terakhir yang cukup dikenal luas, Avante. Visi kami, jelas. Membuat bus yang terbaik di Indonesia. Visi kami, membuat bus yang cocok dan sesuai kondisi jalan apapun dengan medan seperti apapun di Indonesia, kata Yohan.











Seperti Ayahnya, Yohan membuka diri untuk semua mitra, mulai perusahaan bus, pabrikan bus hingga vendor penyedia perlengkapan bus untuk berinovasi bersama. Dia yakin, dengan membuka diri, Karoseri Tentrem bisa berkembang bersama. Khusus dalam mewujudkan bus terbaik yang ideal untuk kondisi di Indonesia.

Pernyataan Yohan juga didukung dengan beragam pengembangan mulai peralatan, sumber daya manusia juga fasilitas pendukungnya. Salah satunya adalah Gedung baru dengan tampilan layaknya showroom penjualan kendaraan bermotor. Beragam tantangan dari pelanggan juga menempa Yohan dalam pengembangan untuk meningkatkan kualitas produknya.

Untuk produksi massal dan mempersingkat waktu produksi, Karoseri Tentrem menerapkan sistem docking frame. Rangka bus yang sudah diukur presisi dengan chassis bus yang dipasarkan di Indonesia dipersiapkan ada atau tidak ada chassis yang tersedia. Tujuannya, agar saat chassis bus sudah dikirim pelanggan, tim produksi Karoseri Tentrem sudah tinggal merakit dengan chassis. “Full docking ini membuat pengerjaan lebih presisi, kualitas lebih baik, ada perlindungan chassis, mempercepat penyelesaian. Kami juga menyiapkan areal khusus PDI (inspeksi akhir pabrikan bus),” ujar Yohan









Di luar itu, Yohan mengungkapkan, saat sekarang Karoseri Tentrem sudah memiliki standar prosedur pengelasan. Standar ini juga menjadi dasar mereka memberikan pelatihan dan sertifikasi pengelasan. Menurut dia, standar pengelasan di karoserinya sudah yang sudah baku, menjamin kualitas rangkaian besi kerangka yang menopang bodi. Sehingga kualitas produk mereka bisa terjaga.

Masih ada pula peralatan dan mesin yang memudahkan produksi dalam jumlah besar. Menurut Yohan, dengan investasi baru di peralatan dan mesin, memungkinkan Karoseri Tentrem membuat segala komponen yang dibutuhkan. Desain, bentuk hingga komponen jadi bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan. Ada mesin pemotong dengan laser, ada mesin cetak komponen, ada juga tangan robot dan beberapa mesin yang bisa memproduksi komponen dalam jumlah banyak.

Peningkatan kualitas dari tahun ke tahun diakui Deputy Director PT. Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) yang bertanggung jawab pada penjualan bus, Adri Budiman. Sejak pertama kali kenal Karoseri Tentrem, lebih dari 15 tahun lalu, banyak perubahan yang terlihat. Adri yang memiliki latar belakang pengetahuan rancang bangun bus dan pengelasan mengungkapkan dia mengikuti kemampuan pengelasan dan rancang bangun beragam model busnya.









“Saya masih ingat dulu, pak Tatang menjanjikan selalu akan ada hal yang baru setiap saya ke sini. Saya ingat atasan saya yang sudah kembali ke Jerman menyebut Karoseri Tentrem punya aset desainer dengan talenta yang baik. Dan itu dibuktikan dengan perkembangan model-model busnya yang menarik,” katanya.

Sebagai pemegang merek bus Mercedes-Benz di Indonesia, PT. DCVI mendapat dorongan positif dengan peningkatan kualitas Karoseri Tentrem. Sebagai pembuat bus, kata dia, karoseri menjadi mitra penting. Kualitas produk bus Mercedes-Benz tidak bisa dipisahkan dari bodi bus yang juga harus berkualitas. Menurut Adri, ketika Karoseri Tentrem membuat bus maka dari sisi keselamatan dan kenyamanan bus akan mengikuti.

Dalam kesempatan itu, ada serah terima bus PO. Murni Trans (MTrans) dari Mercedes-Benz, yang diwakili dealer PT. Citra Karya Pranata dan Karoseri Tentrem ke manajemen PT. Kuta Cemerlang Bali Jaya Murni Transportasi yang diwakili Rozi Yulianto. Penyerahan keempat bus Mercedes-Benz OH-1626 itu sekaligus menandai beroperasinya gedung baru dan model baru Karoseri Tentrem Avante H8. Penyerahan itu juga ditandai dengan kesempatan untuk pelanggan mencoba model Avante H8. Yohan berharap, pihaknya bisa meningkatkan kualitas produk dan layanan pelanggan. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013