Selasa, 31 Maret 2020 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
RUAS TOL PERTAMA DI RIAU SIAP BEROPERASI TAHUN INI
 
23 Februari 2020


(Jakarta – haltebus.com) Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan jalan tol di ruas Pekanbaru - Dumai. Bersama rombongan, Presiden yang akrab disama Jokowi ini melihat dari dekat perkembangan pembangunan jalan tol sepanjang 131,48 km itu. Ruas Pekanbaru - Dumai sangat strategis, termasuk jalur ramai di lintas Timur Sumatera. “Ini panjang dari Pekanbaru sampai Dumai itu 131 kilometer. Kita harapkan nanti Insya Allah akhir April selesai, bisa dipakai, sehingga saat Lebaran semuanya sudah bisa lewat di sini,” kata Presiden di Gerbang Tol Pekanbaru, Kecamatan Rumbai, Riau, Jumat (21/2/2020)

Pembangunan jalan yang ditengok Jokowi adalah ruas Pekanbaru - Dumai Seksi 1. Secara umum, pembangunan ruas tol itu sudah mencapai 90 persen, tidak berlebihan jika sebelum musim Lebaran 2020 sudah selesai dan bisa dilalui kendaraan. Ruas tol Seksi 1 menghubungkan Pekanbaru dan Minas, serta Seksi 2 menghubungkan Minas dan Dumai.

Pada musim liburan akhir tahun 2019 lalu, ruas jalan tol Pekanbaru - Dumai Seksi 1 yang menghubungkan Pekanbaru dan Minas sudah digunakan. Jalan ini dioperasikan secara terbatas dan dilalui 40.518 kendaraan, mulai 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020.



Pembangunan jalan tol Pekanbaru - Dumai, menurut Jokowi bisa mengurangi waktu tempuh secara signifikan. Untuk rute Pekanbaru-Dumai yang awalnya menghabiskan waktu 4-5 jam, dengan adanya jalan tol sepanjang 131 km bisa mengurangi waktu lebih dari separuh. Jokowi memperkirakan perjalanan Pekanbaru-Dumai hanya 1,5 jam saja melalui jalan tol.

Pemerintah sedang menggarap pembangunan jalan tol Trans Sumatera, yang dilakukan nyaris bersamaan di sejumlah wilayah. Jalan tol yang nantinya akan menghubungkan Bakauheni di Lampung hingga Banda Aceh ini direncakan sepanjang 2.974 km. Ada 2.046 km jalan tol sebagai koridor utama dan 928 kilometer lainnya sebagai koridor pendukung. Jalan tol Trans Sumatera sangat ditunggu kehadirannya oleh masyarakat di Sumatera.

Jokowi menjelaskan, dari panjang jalan tol Sumatera yang direcanakan sekitar 2.900 km, yang telah beroperasi sekitar 460 km dan dalam proses konstruksi 490 km. Tahun ini yang dilelang sepanjang 740 km. Diharapkan, rencana pemerintah bisa sesuai target, pada 2024 seluruh jalan tol tersambung.

Dia berharap agar seluruh ruas jalan Tol Trans Sumatera dapat cepat tersambung untuk mempercepat mobilitas orang dan barang yang nantinya akan meningkatkan indeks daya saing Indonesia. “Kita harapkan dengan kesiapan infrastruktur semua menjadi lebih cepat. Pengiriman logistik, mobilitas orang, mobilitas barang menjadi lebih cepat. Semuanya arahnya ke sana sehingga daya saing kita juga akan semakin baik,” ujarnya.

Setelah melihat pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai, Jokowi menuju Banda Aceh dan langsung ke proyek pembangunan jalan tol Banda Aceh - Sigli. Tak jauh dari Bandara Sultan Iskandar Muda, tepatnya di simpang susun Blang Bintang. Simpang ini termasuk dalam pembangunan ruas jalan tol Seksi 4 Indrapuri - Blang Bintang dalam ruas Banda Aceh - Sigli.

“Tol dari Banda Aceh menuju Sigli ini 74 kilometer dan alhamdulillah pembebasan tanahnya berjalan dengan baik. Biasanya proses konstruksinya yang terhenti di pembebasannya, tapi di sini pembebasannya cepat. Saya kira proses konstruksinya juga harus mengejar,” ujar Jokowi di lokasi pembangunan jalan tol.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyambut baik tanggapan masyarakat terhadap pembangunan jalan tol Banda Aceh - Sigli. Menurut dia, pembebasan tanah yang berjalan dengan lancar membantu percepatan pembangunan jalan tol senilai Rp. 12 triliun itu.

Jalan tol pertama di Aceh ini dibangun sepanjang 74 Km. Ruas yang ditinjau Jokowi ini adalah jalan to di ujung Barat bagian utara Sumatera, sementara di beberapa ruas tol di sisi Timur bagian Selatan Sumatera sudah beroperasi hingga Bakauheni.









Pemerintah sendiri tengah mengejar pengerjaan jalan tol Trans Sumatera. November 2019 lalu, Jokowi telah meresmikan jalan tol Trans Sumatera ruas Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung penghubung Lampung dan Sumatera Selatan. Ruas ini menjadi ruas jalan tol terpanjang yang pernah diresmikan Presiden Jokowi, yakni sepanjang 189,2 kilometer. (naskah mai/foto-foto : biropers setpres)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013