Rabu, 27 Mei 2020 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
AVANTE H8, PELENGKAP YANG PUNYA NILAI LEBIH
 
10 Maret 2020


(Malang – haltebus.com) Karoseri Tentrem memperkenalkan varian baru bus high deck untuk chassis di kelas 16 ton. Varian yang diberi nama Avante H8 ini memiliki ruang bagasi terluas di kelasnya. Managing Director PT. Tentrem Sejahtera, Yohan Wahyudi, mengungkapkan, varian terbaru Avante ini adalah bagian dari inovasi dan pengembangan produk bersama pelanggan. “Kami siap berkolaborasi, bekerja sama dengan pihak manapun untuk mewujudkan bus yang terbaik yang sesuai kebutuhan di medan manapun di Indonesia,” kata Yohan dalam sambutan saat perkenalan produk terbarunya itu, di Malang, Sabtu (8/2/20).

Yohan mengungkapkan, Avante H8 yang memiliki bagasi luas itu melengkapi varian Avante single deck yang sudah ada. Sebelumnya pada Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019, Karoseri Tentrem menampilkan Avante H7 dan H9. Kini, muncul varian Avante H8 yang merupakan perpaduan kedua varian sebelumnya itu.

Kepala Unit Pengembangan Produk Karoseri Tentrem, Virsa Yanuar mengungkapkan, pihaknya mengawinkan karakter dua varian, yakni Avante H7 dan H9 dalam satu platform yang tergolong baru. Ide awalnya adalah bagaimana bus Avante bisa memiliki bagasi yang luas. Permintaan ini muncul dari PO. MTrans, Bali yang menginginkan bus Mercedes-Benz OH-1626 bisa mengangkut sepeda motor dengan ukuran yang beragam. “Tidak perlu khawatir untuk memasukkan beragam jenis barang, kami sudah memperbaiki desain, sehingga memungkinkan bagai terbuka lebih luas tanpa resiko kepala membentu pintu bagasi,” kata Virsa.









Virsa menyebut, desain dasar Avante H8 diambil dari bus Avante H9 yang dimodifikasi dan diaplikasikan untuk chassis bus kelas 16 ton. Tim desain membuat ruang di dalam bus dan bagasi menjadi lebih lapang. Kabin penumpang 1,7 meter dengan bagasi 1,1 meter dan tinggi total 3,8 meter. Kaca depan yang terdiri dari dua lembar kaca, juga mendukung pandangan yang lebih luas. Bumper yang lebih kecil dibandingkan versi H7 dan H9 adalah bagian dari desain ulang di bagian depan.

Begitu juga dibagian belakang, tampilan H9 yang tinggi besar, disesuaikan dengan ukuran chassis. Bumper belakang disesuaikan agar tampilan terihat maksimal. Di luar itu, Avante H8 memiliki tampilan standar yang sama dengan varian Avante yang ada.

Desain bus cikal bakal Avante H8 pernah dibuat Karoseri Tentrem untuk PO. Maju Lancar. Varian Avante yang diluncurkan pada 2017 lalu itu, berbasis Mercedes-Benz OH-1526 yang dimodifikasi dengan penggantian suspensi udara. Hasilnya, bus lebih stabil dan mudah dikendalikan. Selama dua tahun pemakaian, Avante PO. Maju Lancar tidak ada keluhan berarti.

Berbekal pengalaman itu, Karoseri Tentrem mendesain ulang Avante dengan varian baru yang diberi label sesuai nomenklatur baru, seperti yang perah diungkapkan Yohan pada GIIAS 2019 lalu. Kali ini, desain ulang itu mengadopsi keinginan pelanggan yang disesuaikan kemampuan dan karakter Mercedes-Benz OH-1626.

PT. Daimler Commercial Vehicles Indonesia menyambut baik inovasi yang dilakukan Karoseri Tentrem. Menurut Deputy Director Bus Sales Operation PT. DCVI, Adri Budiman, inovasi ini akan menguntungkan Karoseri Tentrem dan juga pelanggannya. Dia mengungkapkan, sinergi ini bisa mendorong bisnis pelanggan Mercedes-Benz juga bisa berkembang. “Kami senang dengan inovasi-inovasi karoseri, chassis yang bagus tanpa didukung bodi yang baik tidak aka nada artinya, demikian pula sebaliknya,” katanya








Lalu apa yang dirasakan dari Avante H8 ini? “Bus tidak terasa limbung, stabil dan mudah dikendalikan,” kata Andreas Dian Wijaya dari PO. Blue Star. “Saat saya puntir stir, kembali ke posisi semula tidak sulit. Busnya mantap. Agak sedikit limbung tapi sepertinya karena masih perlu di-aligment roda-rodanya,” ujar Sani usai mencoba mengemudikan empat bus Avante H8 yang disiapkan Karoseri Tentrem.

Rozi Yulianto dari PO. MTrans mengungkapkan, pihaknya memberi tantangan pada Karoseri Tentrem untuk membuat bus kelas 16 ton tetapi memiliki bagasi yang maksimal. Menurut dia, luas bagasi ini cukup berpengaruh signifikan bagi operasional busnya, sebab tidak jarang ada pelanggan mengangkut sepeda motornya. “Kami sudah punya pasar yang cukup loyal dengan salah satunya, kebutuhan untuk ruang sepeda motor,” ujarnya.









PO. MTrans sejatinya adalah perusahaan bus yang memiliki layanan jasa transportasi wisata. Namun selama kurun dua tahun terakhir, mulai merambah bus antar kota. Sejak awal beroperasi sebagai bus pariwisata, PO. MTrans memiliki karakter bagasi yang luas. Mereka bahkan tidak segan-segan motong chassis demi ruang bagasi yang bisa menampung tas-tas wisatawan asing yang mereka layani. Karakter yang sama juga dihadirkan untuk bus antar kota antar provinsi yang melayani jurusan Denpasar, Malang, Blitar, Kediri, Tulungagung, Ponorogo, Madiun, Jombang, Mojokerto dan Surabaya. Menurut Rozi, bagasi yang luas juga menjadi salah satu layanan andalannya. (naskah : mai/foto : mai)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013