Rabu, 02 Desember 2020 Registrasi NewsLetter
User ID:     Password:  
MENU
 
 
BUS DOUBLE DECKER TERBARU VOLVO DILUNCURKAN
 
27 Mei 2020


(Jakarta – haltebus.com) Volvo kembali memperbaharui varian bus mereka untuk bus jarak jauh reguler maupun kebutuhan rombongan wisata. Memadukan varian yang sudah ada sebelumnya, yakni Volvo 9700 dan 9900, Volvo Bus memperkenalkan bus double decker (tingkat) Volvo 9700 DD. Bus terbaru ini dihadirkan untuk memenuhi permintaan pelanggan yang tinggi untuk bus berkapasitas angkut penumpang yang lebih besar, fleksibel, nyaman dan memiliki standar keselamatan tinggi.

“Dengan Volvo 9700 DD kami sekarang bisa menawarkan kepada pelanggan berbagai bus wisata dan reguler yang komprehensif dengan fitur premium. Sektor bus rute reguler jarak jauh tumbuh cepat di kawasan Nordik. Bagi operator, Volvo 9700 DD adalah model lama yang memperluas kapasitas dan produktivitas,” kata Vice President Volvo Bus yang bertanggung jawab pada penjualan bus jarak jauh dalam rilis, Kamis (20/2/20).

Bus ini dikembangkan dengan basis efesien dan bisa dioperasikan secara optimal. Fitur teknologi yang disematkan membuat Volvo 9700 DD terhubung dengan pemantauan yang diperlukan. Bus memiliki konektivitas yang ditingkatkan dari versi sebelumnya. Operator bus bisa memanfaatkan dari pemantauan real time yang lebih baik dan mampu melihat bagaimana kendaraan bergerak, disamping perencanaan servis. Semuanya dihadirkan untuk efisiensi optimal.

Koneksi ini bisa dimungkinkan berkat Manajemen Zona yang didesain tim Volvo Bus, yang menggunakan perangkat komputer untuk mengatur kecepatan kendaraan di area sensitif. Dengan kondisi yang diciptakan itu, operator bus juga bisa mendapatkan keselamatan yang lebih baik, serta konsumsi bahan bakar yang lebih rendah.

Dari sisi desain kapasitas angkut, Volvo 9700 DD bisa mengangkut hingga 96 penumpang. Kapasitas daya angkut ini juga dikembangkan para desainer Volvo untuk memberikan kenyamanan terbaik bagi penumpang pada perjalanan pendek dan panjang. Artinya kapasitas penumpang bisa disesuaikan untuk kebutuhan karakter perjalanan pendek dengan kapasitas lebih besar, atau perjalanan jauh dengan kapasitas lebih sedikit. Bus ini dilengkapi dengan kursi ergonomis yang dirancang sendiri oleh Volvo. Kursi yang dirancang tim Volvo menjadi kunci pengaturan jumlah kapasitas penumpang. Jumlah kursi, banyak atau sedikit, yang tersedia tidak mengurangi kenyamanan berkat kursi ergonomis.

Ada lagi fitur yang menarik, sistem pengaturan suhu dalam ruangan bisa diatur antara ruang pengemudi dan penumpang. Pengaturan zona terpisah untuk penumpang dan pengemudi memungkinkan pengemudi bisa merasakan kenyamanan suhu ruangan sehingga dia bisa bertugas dengan baik selama perjalanan. Fitur tambahan lain adalah perangkat hiburan untuk pelanggan. Ada perangkat audio, sistem multimedia, dan sistem informasi penumpang yang bisa dipilih.

Desain kompartemen juga memperhatikan alur penumpang. Bukaan pintu, lorong tengah, tangga dan tinggi atap baik di lantai atas dan bawah semuanya dihitung secara cermat. Berdimensi yang tercipta dari pengaturan kabin itu, memperhatikan kenyamanan penumpang untuk naik dan keluar bus dengan cepat.

Faktor pengemudi, sangat diperhatikan oleh desainer Volvo Bus. Kompartemen pengemudi di double decker baru lebih luas dan ditinggikan untuk memberikan tampilan situasi lalu lintas yang lebih lapang. Untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas, Volvo 9700 DD juga dilengkapi dengan beberapa sistem keselamatan aktif seperti rem yang dikendalikan secara elektronik (Electronic Braking System-EBS), sistem stabilitas bus elektrik (Electronic Stability Program-ESP) dan sistem anti selip kendaraan (Anti-Skid Regulation-ASR).

Fitur lainnya ada sistem Peringatan Pengemudi (Driver Alert Support), Lane Keeping Assistance untuk menjaga bus tetap dalam jalurnya. Ada pula Collision Warning dengan Emergency Braking yang memungkinkan bus bisa mengerem dalam jarak pendek dengan aman jika pengemudi mengantuk atau ada kondisi yang mengharuskan pengereman mendadak.

“Selain itu, kami telah menyetel ulang perangkat terkait pengendalian oleh pengemudi, agar bus bisa dikemudikan secara stabil dan aman berkat kombinasi suspensi yang ditingkatkan gerakan yang diredam maksimal oleh bodi yang sangat ringan. Semuanya ini bekerja secara bersama membuat desain bus juga irit bahan bakar,” demikian Niklas Orre menjelaskan. (naskah : mai/foto : volvobuses.com)
 
 

Home   |   Tentang Kami   |   Halte Berita    |   Profil    |   Sudut Halte    |   Halte Advertorial    |   Halte Manca    |   Halte Wisata    |   Hubungi Kami   |   Registrasi Newsletter
haltebus.com © Copyright 2011 - 2013